span 1 span 2 span 3

PT Eigerindo Multi Produk Industri

Christian Hartanto Sarsono
Managing Director PT Eigerindo MPI

PT Eigerindo Multi Produk Industri

Saat kompetisi di industri ritel memanas dan permintaan pelanggan berubah, PT Eigerindo Multi Produk Industri memilih SAP All-in-One IS-Retail (Industry Solution for Retail) untuk tulang punggung sistem IT agar tetap berada di performa teratas.

Bodypack, Eiger, dan Exsport ialah merek ternama di Indonesia dan populer dengan tas berkualitas dan produk fashion, Eiger juga terkenal sebagai merek perlengkapan outdoor. Namun, tak semua orang tahu bahwa ketiga merek tersebut berasal dari satu perusahaan yang sama.

Berbasis di Kopo, Bandung, PT Eigerindo MPI didirikan selama dua dekade lalu sebagai produsen produk mode dan gaya hidup berkualitas terbaik dengan standar internasional.

Perusahaan ini sukses menjadikan ketiga mereknya menjadi top of mind untuk tas dan produk gaya hidup berkat kerja keras, niat yang tangguh, dan komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas dan rpeutasi yang baik. Setiap merek dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Exsport, contohnya, memenuhi kebutuhan sekolah, hang out, dan travel; Eiger merupakan merek untuk mereka yang menyukai kegiatan outdoor, dan Bodypack untuk gaya hidup urban.

Produk berkualitas membuat PT Eigerindo MPI memperoleh pengakuan bergensi, seperti Upakarti dari pemerintah Indonesia, The Sahwali Award untuk komitmen terhadap lingkungan, Arch of Europe Gold Star Award for Quality untuk komitmen akan standar tinggi, serta terdaftar dalam 250 Merek Asli Indonesia oleh majalah SWA.

Semua penghargaan dan pengakuan ini memperkuat eksistensi PT Eigerindo MPI di industri ritel domestik. Siapa yang dapat membayangkan perusahaan yang bermula dari industri rumahan dengan dua mesin jahit ini menjadi perusahaan besar dengan jaringan distribusi seluas Nusantara.

 

Peluang dalam Tas

Cerita sukses dari PT EIgerindo MPI dimulai saat pendirinya, Ronny Lukito, kehilangan mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke universitas. Lahir dari keluarga tidak mampu, anak ketiga dari enam bersaudara dan satu-satunya anak laki-laki ini memutuskan untuk membantu bisnis orang tua yang membuat tas.

Sejak SMA, Ronny membantu orang tuanya membuat dan menjual tas, dari membeli bahan baku, mengolah kemasan dan display, bekerja sebagai kasir, sampai pengiriman kepada pelanggan. Pengalaman ini ternyata sangat membantunya saat ia ingin membuat bisnis sendiri.

Bermula dengan beberapa mesin jahit dan kain, Ronny membuat Exsport sebagai merek pertama dan menjual produknya ke Matahari. Namun hal ini tidak mudah, setelah beberapa kali penolakan, Ronny masuk ke toko ritel di percobaan ke-13. Setelah itu, ia membuka jaringan penjualan baru dengan rekanan lain di luar kota. Kekuatan Ronny ialah pemahaman mengenai peluang pasar dan tantangan yang harus dihadapi.

Sejalan dengan perkembangan bisnis, produksi pun ditingkatkan. Pabrik dikembangkan menjadi seluas 6.000 meter persegi saat tas produksinya mulai mengisi toko-toko besar, seperti Matahari, Ramayana, Gunung Agung, dan Gramedia. Ronny mungkin kehilangan salah satu mimpinya, namun ia berhasil mencapai mimpinya menjadi pemain besar di industri tas. Sekarang, ia mempunyai jaringan toko sendiri.

Di periode waktu tersebut, bisnis Ronny berkembang menjadi empat bisnis besar. Selain PT EIgerindo MPI, Ronny mengontrol PT Eksonindo MPI, PT EMPI Senajaya, dan CV Persada Abadi. Semua dijalankan di bawah B&B Inc yang juga dimiliki oleh Ronny.

 

Omni Customer

Kerja keras, niat kuat, dan dedikasi dari waktu ke waktu menjadi komitmen PT Eigerindo MPI. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni Menjadi Pemimpin Dunia dalam Inovasi dan Pembuat Tren di Bisnis Gaya Hidup. PT Eigerindo MPI pun dikenal sebagai perusahaan yang terus memberikan inspirasi dan inovasi pada produk berkualitas.

Dengan berbagai kesuksesan yang diraih, perusahaan ini tetap mempertahankan komitmen dan reputasinya. Salah satunya dengan meluncurkan Bless Project

Bless Project adalah proyek proses bisnis untuk semua karyawan PT Eigerindo MPI yang bertujuan untuk membuat tempat kerja menjadi lebih baik. Proyek ini diharapkan dapat memotivasi karyawan untuk mengembangkan proses bisnis dan menciptakan inovasi yang lebih baik untuk perusahaan dan lainnya.

Proyek ini dimulai pada tahun 2011 ketika PT Eigerindo MPI mulai menggunakan sistem ERP in-house yang disebut Smart Desire System (SDS).

Dahulu, SDS telah memenuhi kebutuhan perusahaan dan dipercaya mampu mengatur proses bisnis perusahaan untuk tahun-tahun mendatang. Namun seiring berubahnya teknologi, manusia dan perilaku konsumen pun ikut berubah.

“Pelanggan tidak lagi datang ke toko untuk membeli produk. Sebaliknya mereka belanja online. Tapi mereka sebenarnya menginginkan lebih dari sekedar membeli produk secara online,” kata Christian Hartanto Sarsono, Managing Director PT Eigerindo MPI.

Christian mengatakan bahwa pelanggan sekarang tidak melihat produk, informasi online atau membeli produk secara online. Mereka pun memerlukan saluran untuk memenuhi kebutuhannya, memberikan saran dan kebebasan dalam opsi berbelanja dan pengiriman produk.

Melihat berubahnya perilaku konsumen menjadi omni-customer, PT EIgerindo MPI menyiapkan tahap antisipasi. Pertama, mengubah sistem ERP perusahaan yang sangat penting karena SDS tidak lagi mengakomodasi proses bisnis untuk melayani para pelanggan.

Tahun 2010, sebelum menggunakan SDS, manajemen telah mempelajari beberapa sistem ERP yang tersedia. Salah satu yang menarik perhatian ialah SAP All in One, namun tidak diambil karena dinilai tidak penting. Pada tahun 2014, perusahaan mulai melirik SAP lagi.

“Kami mengubah pola kami, memisahkan distribusi dan manufaktur kami. SAP All in One juga bisa memperkuat proposisi kami kepada omni-customer”, kata Christian.

 

Produktivitas dan Akurasi

Tahun 2016, implementasi dari SAP All in One (S-Retail at PT Eigerindo MPI) berbasis HANA dimulai. Vendor yang dipilih ialah PT SOLTIUS Indonesia yang memiliki pengalaman mendalaam di bisnis serupa, juga memiliki template dan dokumentasi komplit dan sistematis.

“Kami juga melihat dukungan yang diberikan dan tingkat kompetensi mereka, untuk melihat manfaat apa yang akan kami dapat,” Christian menjelaskan.

Rupanya ini keputusan yang tepat. Implementasinya sesuai jadwal. Pelatihan dan bantuan teknis, yang biasanya memakan waktu tiga bulan, dilakukan lebih cepat berkat dukungan intensif yang diberikan oleh tim SOLTIUS. Operator di PT Eigerindo MPI hanya membutuhkan waktu satu bulan untuk menguasai semua modul SAP All in One yang diimplementasikan. Modul tersebut terdiri dari SD (Sales & Distribution), MM (Materials Management), WM (Warehouse Management), FI (Financial Accounting), dan CO (Controlling).

 

Banyak manfaat yang dirasakan oleh perusahaan setelah implementasi SAP IS-Retail dan fungsi pendukung lain seperti POS Data Management (POSDM) dan SAP Analytics (Gudang dan Dasbor Data) pada tanggal 1 Januari 2017. Semua fungsi SAP ERP terintegrasi dengan seluruh sistem lain, seperti POS dan Handheld yang digunakan oleh operasional gudang, menciptakan proses bisnis yang mulus. Beberapa fitur yang awalnya tidak tersedia, seperti untuk mengukur performa setiap toko ritel dan kinerja gudang, menjadi tersedia berkat laporan yang dibuat oleh SAP ERP dan SAP Analytics. Fitur ini tidak mungkin awalnya karena ketidaktepatan dalam laporan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data. Setelah menggunakan SAP, masalah tidak lagi ada karena data yang akurat tersedia dan catatan transaksi dilakukan dengan lebih baik dan terintegrasi untuk memastikan akurasi.

Banyak manfaat lain yang dihadirkan oleh SAP, namun salah satu yang paling mendapat perhatian ialah kecepatan dan ketepatan dalam proses bisnis. Selanjutnya, dengan peningkatan akurasi di setiap lini bisnis, keluhan tentang ketidaktepatan perlahan berkurang sejak bulan pertama setelah menerapkan SAP dan produktivitas juga meningkat. Kinerja tim di perusahaan menjadi lebih baik, di gudang dimana masalah kecepatan dan akurasi paling banyak terasa, pengiriman ke toko dan pelanggan meningkat secara signifikan.

Dengan tim yang mudah beradaptasi dengan perubahan, PT Eigerindo MPI hanya mengalami kesulitan dengan sistem yang baru. Ini jelas memenuhi manajemen perusahaan mengingat besarnya investasi untuk mengadopsi sistem SAP ERP.

“Sejauh ini SAP ERP sangat membantu dan dapat menyesuaikan dengan visi dan misi perusahaan,” kata Christian.

Trading & Distribution

MASALAH YANG DIHADAPI

  • Berubahnya perilaku konsumen menjadi omni-customer.
  • Butuhnya penyediaan omni-channel untuk melayani omni-customer.
  • Sistem ERP yang ada sekarang tidak dapat mengakomodasi omni-customer.

SOLUSI

  • Adaptasi SAP All in One IS-Retail sebagai ERP yang lengkap dan terintegrasi penuh yang dapat memenuhi kebutuhan dari omni-customer.

KEUNTNGAN

  • Sistem mengatur agar searah dengan visi dan misi perusahaan.
  • Input data transaksi yang bebas kekeliruan.
  • Data harus benar sejak awal.
  • Pelaporan akurat dan cepat.
  • Pengambilan keputusan yang cepat dan akurat.

 
 

CUSTOMER TALK

Improving Productivity and Accuracy