Menu
Back to top
BREAKING NEWS
Social Media Shout
EVENT
EVENT
MARKETING & PROMOTION
MARKETING & PROMOTION
SOCIAL MEDIA SHOUT
SOCIAL MEDIA SHOUT
Choose category:

Social Media Shout

7 Cara Jitu Berbisnis Lewat Facebook dan Twitter

15 February 2016

Saat ini Anda tentu tak asing lagi dengan situs sosial media seperti Facebook atau Twitter yang marak diminati para pengguna internet. Belum lagi, media sosial saat ini menjadi sarang media para pebisnis. Tak hanya mengiklankan produk, bahkan proses kesepakatan jual beli pun dilakukan lewat media sosial.

Seperti dikutip dari laman Forbes, Minggu (18/8/2013), masih banyak pengusaha baru atau bahkan pengusaha besar yang masih kebingungan memanfaatkan media sosial untuk menjalankan bisnisnya. Meski sebagian telah menggunakan media sosial, tapi platform bisnis yang dijalankan masih konvensional.

Para pengusaha harus menyadari terlebih dahulu bahwa cara dan proses pemasaran produk lewat media sosial sangat berbeda dengan sistem pemasaran biasa. Lebih jelasnya, berikut tujuh langkah pemasaran lewat media sosial yang bisa tingkatkan produktivitas bisnis Anda:

1. Fokus pada hasil yang dinginkan

Tujuan penggunaan media media yang valid untuk berbisnis harus melibatkan beberapa kriteria termasuk meningkatnya kesadaran akan pentingnya merek, layanan dan dukungan konsumen, atau manajemen reputasi. Jelasnya, platform tersebut dan cara Anda menggunakan media akan berbeda antara layanan terhadap konsumen dan meningkatkan reputasi bisnis.

2. Buat iklan yang menarik

Masyarakat di zaman sekarang lebih mengharapkan merek yang lebih humanis. Penyampaian dalam media sosial pun harus dilakukan secara hati-hati baik dari tekanan suara, visi, atau keahlian berbicara.

Pikirkan bagaimana Anda ingin produk Anda diiklankan terhadap masyarakat, dan pastikan semua tim Anda menggunakan platform yang serupa.

3. Identifikasi segmen paling kecil dalam bisnis Anda

Mengingat banyaknya informasi yang diterima konsumen saat ini, pihak pemasaran yang fokus pada segmen-segmen umum mulai tak menunjukkan hasil yang optimal. Media sosial memungkinkan para pelaku usaha untuk mengkaji lebih dalam segmen-segmen kecil yang bisa mendorong bisnis yang tengah dijalankan. Dengan begitu, media sosial dapat membantu pendekatan produk Anda terhadap para konsumen.

4. Identifikasi komunitas konsumen

Biasanya, komunitas terbentuk dari beberapa kelompok fisik. Namun sekarang, komunitas cenderung terbentuk dari apa yang digemarinya.Dibanding mencarinya, sebagai pebisnis, lebih baik Anda membuat komunitas sendiri.

Lewat pendekatan blog atau media sosial lainnya, Anda bisa membuat komunitas tertentu sesuai dengan produk yang digemarinya. Komunitas terbesar bisa menjadi target penjualan Anda.

5. Identifikasi siapa yang paling mempengaruhi kelompok konsumen tertentu

Media sosial menyediakan banyak aspek yang bisa diikuti dari para idola seperti pejabat, orang dengan banyak kemampuan bahkan selebritis. Mengingat media sosial bisa menyebarkan berbagai informasi dalam waktu singkat, Anda tinggal mempengaruhi para idola dan membuat para fans mengikuti idolanya. Dengan demikian, produk Anda akan lebih cepat dikenal masyarakat luas.

6. Buat rencana kegiatan bisnis dengan metrik

Rencana bisnis yang baik selalu dilengkapi dengan data observasi konsumen, rencana bidang pemasaran dan rencana kreasi bisnis. Semua kegiatan tersebut diuraikan dalam bentuk metrik.

Kegiatan di media sosial sendiri bisa membangun hubungan dengan konsumen atau kelompok tertentu. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat blog, melakukan layanan konsumen lewat media sosial dan berhubungan secara online dengan konsumen.

7. Mengukur keberhasilan lewat media komputerisasi

Mengukur seluruh laba usaha bisa dilakukan juga dengan menggunakan sistem komputerisasi. Biaya akuisisi konsumen, pertumbuhan pendapatan, laba atau indikator kesuksesan bisnis apapun bisa dilakukan lewat media sosial.

Faktanya, memasarkan produk lewat media sosial sangat berbeda dengan pemasaran konvensional. Anda bisa memperdalam hubungan Anda dengan para konsumen dengan jauh lebih baik. Namun bukan berarti Anda tak mengalami kegagalan saat mencobanya.

Setidaknya, media sosial memberi lebih banyak jalan untuk mencapai kesuksesan bisnis. Saat ini merupakan waktu yang tepat agar perusahaan Anda menggunakan media sosial untuk mengiklankan produk Anda

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/668112/7-cara-jitu-berbisnis-lewat-facebook-dan-twitter

Registration Form

Other Shout

No news available