Menu
Back to top
BREAKING NEWS
Social Media Shout
EVENT
EVENT
MARKETING & PROMOTION
MARKETING & PROMOTION
SOCIAL MEDIA SHOUT
SOCIAL MEDIA SHOUT
Choose category:

Social Media Shout

Ingin Waktumu Usai Bekerja Bermanfaat? Gunakan 10 Langkah Ini!

05 February 2016

Bagi seseorang yang ingin menjadi sukses, banyak hal yang bisa dia gunakan untuk menuju jalan itu. Kuncinya adalah bagaimana menggunakan dan memanfaatkan waktu dengan tepat. Dia pastinya akan terus mengedukasi diri untuk menjadi seseorang yang benar-benar sukses.

Bagi seorang pekerja sepertimu, dalam dunia yang serba sibuk memang sangat diperlukan bagaimana cara mengatur waktu yang baik. Jika tidak maka kita akan kehabisan waktu sebelum dapat memulai hidup yang baik.

Maka dari itu, kamupun harus menggunakan waktumu yang sudah sangat limit setelah bekerja untuk memanfaatkan waktumu sebaik mungkin. Lalu, apa saja sih langkahnya agar kamu dapat memanfaatkan waktumu yang terbatas itu? Simak 10 langkah ini!

Selesaikan pekerjaanmu di waktu yang tepat

Selesaikan pekerjaanmu tepat waktu. (wesjet.com)

Jangan sampai menyisakan pekerjaan atau menunda pekerjaan hingga esok hari. Hal itu akan membebanimu sendiri. Kamu akan bisa mengorganisasi waktu. Kamu juga dapat beristirahat di waktu yang tepat dan tidak akan lagi menumpuk pekerjaan.

Ambil waktu istirahat khusus untuk dirimu sendiri sekurangnya 30 menit

Bersantailah sejenak. (assets.com)

Setiap orang membutuhkan waktu untuk mengevaluasi diri. Kamu perlu dan membutuhkan waktu untuk menjadi seseorang yang lebih baik jika memang kamu perlu. Oya, kamu pernah kan sesekali melihat sekeliling sambil terdiam? Memang kamu perlu melakukan hal itu.

Kamu perlu merenungi hidupmu sejenak. Ambil kopi atau teh untuk menemanimu, sambil pikirkan baik-baik dan renungi apa yang terjadi hari ini. Oya jika perlu kamu harus menyingkirkan apapun yang bisa menganggumu. Lupakan hal buruk dan memulai semuanya dengan lebih baik. Ini juga dapat kamu gunakan untuk belajar.

Belajarlah untuk berkata “tidak”

Memang kamu perlu mengatakan “tidak”! (amazonaws.com)

Kalau kamu mengatakan ya pada orang lain, maka pastikan bahwa kamu tidak akan mengatakan tidak untuk dirimu sendiri. Kamu pun harus belajar untuk perlahan menolak ajakan orang lain dengan sopan jika kamu memang tidak bisa melakukannya.

Misalnya teman mengajak bepergian namun kamu harus mengerjakan suatu hal. Sebab, hari dan waktu begitu pendek. Ingat untuk ini, maka kamu harus membuat sebuah planning dan schedule yang pas. Jangan sampai melalaikan apa yang telah kamu rencanakan.

Menulis blog atau catatan pribadi

Menulis adalah suatu bentuk kegiatan demi diri kamu sendiri. (whstatic.com)

Menulis adalah kegiatan yang bermanfaat untuk dirmu sendiri. Darisana kamu akan bisa mengekspresikan kreativitasmu, kecerdasan bahkan kemampuanmu dalam menanggapi kehidupan. Dengan menulis kamu juga akan mampu meningkatkan kemampuan analisis dan pemecahan masalah. Tulisan juga bisa menjadi luapan emosi dan keluhanmu.

Kamu harus mengetahui prioritas hidupmu

Utamakan prioritasmu. (sosleadership.com)

Dalam kehidupan ini, kamu memang harus mengetahui apa yang menjadi prioritas dalam hidupmu. Prioritas adalah berbicara mengenai apa sih yang menjadi penting dalam hidupmu dan apa saja yang harus kamu lakukan. Oya, prioritasmu harus merupakan hal yang mungkin kamu kerjakan. Jangan sampai terus-terusan meleset dengan prioritasmu.

Masukan juga kegiatan di luar kerja dalam planningmu

Kamu juga perlu memasukkan jadwalmu di luar kegiatan utama sehari-hari. (ebayimg.com)

Siapa bilang bahwa bersenang-senang atau merefresh diri bukanlah hal yang penting? Hal ini bahkan sangat penting dilakukan. Bahkan hal ini diperlukan untuk meningkatkan kinerjamu loh. Kamu perlu merecharge diri dan pikiranmu dengan menghabiskannya bersama keluarga atau teman-temanmu. Kamu juga bisa melakukan sesuatu yang merupakan hobimu.

Melatih fisik sebelum bekerja

Laksanakan aktivitas fisik ringan setiap hari. (trainbodyandmind.com)

Jika kamu sudah melatih fisikmu dengan olahrga kecil sebelum bekerja maka sama saja hal itu dapat meningkatkan produkstivitasmu. Dengan melakukan hal itu maka kamu akan selalu sehat, tidak melulu mengalami hal yang stres dan berat.

Tolaklah media sosial (medsos) dan matikanlah laptopmu

Awas loh kalau terus-terusan medsos terus kecanduan dan banyak yang terbengkalai. (thenextweb.com)

Jangan sampai waktumu habis hanya untuk ngerumpiin hal-hal yang nggak penting dii medsosbersama temanmu. Ini adalah kebiasaan buruk. Apalagi jika dilanjutkan hingga menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk online saja tanpa melakukan pekerjaan apapun.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu sedikit saja untuk mempromosikan dirimu. Sedikit saja, sebentar saja tanpa berlebih-lebihan. Jika perlu, kamu perlu melakukan log out atas semua medsos kamu agar kamu juga tidak tergoda untuk membukanya.

Jangan terlalu banyak mencantumkan banyak hal dalam planningmu

Tapi jangan sampai kamu masukkan banyak hal ke dalam planningmu. (tweakyourbiz.com)

Mencantumkan banyak hal dalam planningmu biasanya justru akan semakin banyak membuat kegiatanmu terbengkalai. Sudah terlanjur tertuliskan dalam planning malah ternyata kamu sendiri tidak bisa melakukannya.

Padahal, planning harus dikerjakan sebagai bentuk tanggungjawab pada diri sendiri. Untuk itu, kamu hanya perlu bagaimana kamu bisa mengukur kemampuan diri sejauh mana kamu bisa mengerjakan planning setiap harinya.

Itu dia guys langkah yang perlu kamu lakukan agar kamu bisa memanfaatkan sisa waktumu usai kerja.

Sumber: http://www.isigood.com/karir-wirausaha/ingin-waktumu-usai-bekerja-bermanfaat-gunakan-10-langkah-ini/

Registration Form

Other Shout

No news available