Menu
Back to top
BREAKING NEWS
Social Media Shout
EVENT
EVENT
MARKETING & PROMOTION
MARKETING & PROMOTION
SOCIAL MEDIA SHOUT
SOCIAL MEDIA SHOUT
Choose category:

Social Media Shout

Lejitkan Karir Dari Kesan Pertama, Ini Dia 5 Caranya!

05 February 2016

Kamu sedang dalam proses seleksi penerimaan kerja? Atau kamu baru saja diterima kerja dan sedang menjalankan karir barumu. Hmm, ada kabar baik untukmu. Sebab, kamu bisa membuat karirmu yang baru seumur jagung itu dengan sebuah kesan permulaan yang baik. Dan nantinya kesan yang baik itu akan melejitkan karirmu!

Sukses karir adalah keinginan semua orang. Ternyata, kesan pertama berpengaruh pada karir. Memang, kesan pertama tidak dapat sepenuhnya mampu mewakili kinerja kita, khususnya dalam hal karir. Ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk menunjukkan tentang kemampuan dan kinerja saat kamu masih awal memulai sebuah pekerjaan.

Namun tak banyak yang tahu bahwa kesan pertama di dunia kerja juga akan mempengaruhi penilaian atasan padamu. Meskipun, belum ada secuil bakat dan kemampuan yang kamu tunjukkan. Lebih jauh, kesan pertama bahkan dapat membantumu melejitkan karir atau sebaliknya. Bisa jadi, kesan pertama akan membuatmu buruk bahkan di awal kerjamu atau seterusnya. Kesan pertama mu dalam dunia karir juga bisa menjadi permulaan yang baik dan menjadi akhir yang mengesankan bagi perjalanan karirmu.

Untuk itu, ada beberapa kiat untuk membuat karirmu melejit. Apa saja kiatnya? Simak 5 kiat ini untuk membuat kesan pertama yang menyenangkan dan dapat melejitkan karirmu!

Mengatur energi positif sebaik-baiknya

Kamu pasti bisa mengatur energi positifmu. (-media-cache-ak0.pinimg.com)

Sebelum menghadiri sebuah acara yang penting untuk karirmu, misalnya intreview kerja atau meeting dengan klien kamu harus siapkan semaksimal mungkin. Kamu harus berpikir tentang bagaimana dan orang seperti apa orang akan kamu temui. Kamu pun harus memiliki target, kira-kira bagaimana interaksi akan terjalin yang kamu harapkan. Setelah itu, kamu perlu fokus untuk mengatur energi agar kamu bisa menyesuaikan orang yang akan kamu temui itu.

Kesesuaian penampilan

Tunjukkan penampilan terbaikmu yang sesuai dengan kegiatan kerjamu. (floridatechonline.com)

Kamu harus terus mengecek apakah kira-kira busana yang kamu kenakkan sudah tepat untuk dikenakan saat momen pentingmu itu. Oya, kamu tak perlu berpenampilan mencolok. Kamu hanya perlu menjaga keserasian pakaian, perhiasan yang tengah dipakai, make up serta aksesori. Oya, ingat untuk kamu yang cewek biasanya memiliki penampilan yang lebih sering beresiko. Jangan berpenampilan berlebihan sebab itu bisa membuat banyak orang merasa terganggu penglihatannya. Nah, ujung-ujungnya tidak akan menghasilkan sebuah kesan pertama yang baik. Jadi, lebih baik berpakaian simpel namun tetap elegan.

Sadar dengan bahasa tubuh

Kamu harus ,menunjukkan bahasa tubuh yang baik. Jangan seperti ini. (blake-dair.com)

Ini adalah salah hal yang penting lain yang perlu kamu perhatikan. Itu adalah berkaitan dengan bahasa tubuh. Mulai dari cara kamu tersenyum dan berinteraksi harus kamu perhatikan. Tidak sedikit loh, seseorang menilai bahasa tubuhmu. Nah, salah satu cara agar kamu bisa melihat bahasa tubuhmu sendiri adalah dengan cara merekam/mendokumentasikan diri sendiri. Melalui video itu, kamu bisa mengamati cara berjalanmu, cara duduk hingga cara bersalaman. Jika memang merasa bahwa bahasa tubuh kamu ternyata tidak begitu baik, kamu perlu segera merubahnya. Sebab, itu tentunya akan berpengaruh pada kesanmu.

Atur suasana hati

Kendalikan emosimu jangan sampai menunjukkan suasana hati yang tidak baik. (mentalizer.com)

Tak jarang kita mengalami hari yang buruk. Entah apalah yang membuat harimu terasa begitu buruk dan menyebalkan. Saat keadaan seperti itu, maka akan mudah tampak dari ekspresi wajah, komentar serta bahasa tubuh yang kamu tunjukkan. Hal inilah yang seringkali dapat menjadikan kamu membuat sebuah kesan pertama yang buruk. Jika akan bertemu dengan orang lain atau berinteraksi di kantor, lebih baik kamu mengatur dahulu suasana hatimu. Misalnya dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau menonton video lucu sejenak.

Menjadi seseorang yang menarik dan tertarik

Kamu harus menjadi pribadi yang menarik dan tertarik dengan rekan dan semua di kantormu. (netdna-cdn.com)

Untuk membuat kesan pertama dalam dunia kerja yang dapat meningkatkan karirmu, kamu harus mencoba menjadi seseorang yang menyenangkan. Bukan sekadar menyenangkan namun juga memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga rekan kerja termasuk atasanmu di kantor juga tertarik denganmu. Nah yang tidak kalah penting kamu perlu menjadi tertarik saat berinteraksi dengan orang lain di kantor. Tunjukkanlah antusiasme dan ketertarikanmu akan mereka. Misalnya kamu perlu mendengarkan, bertanya ataupun sekadar menunjukkan ketertarikanmu.

Kalau kamu mau karirmu melejit karena kesan pertama. Itu dia 5 hal yang perlu kamu lakukan. Bagaimana? Tertarik mencobanya?
 

Sumber: http://www.isigood.com/karir-wirausaha/lejitkan-karir-dari-kesan-pertama-ini-dia-5-caranya/

Registration Form

Other Shout

No news available