Menu
Back to top
BREAKING NEWS
Social Media Shout
EVENT
EVENT
MARKETING & PROMOTION
MARKETING & PROMOTION
SOCIAL MEDIA SHOUT
SOCIAL MEDIA SHOUT
Choose category:

Social Media Shout

Manfaat Apa yang Dapat ERP Berikan untuk Bisnis?

25 January 2016

Software ERP membantu perusahaan mengintegrasikan informasi dari seluruh fungsi bisnis yang berbeda. Menyediakan pengaturan sumber daya yang terpusat demi menyederhanakan penyajian data-data, sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan. Namun mengimplementasikan software ERP semata tidak otomatis menjadikan kinerja perusahaan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu dipahami agar fungsi ERP menjadi lebih optimal.

Belakangan ini ERP seolah sedang menjadi ‘barang dagangan’ yang menjanjikan bagi perusahaan IT. Para pengembang berlomba-lomba untuk menciptakan software ERP terbaik dengan versi mereka masing-masing. Dan perusahaan-perusahaan yang sedang berbenah memperbaiki bisnis menaruh harapan tinggi terhadap keberadaan software ERP. Mereka menginginkan software ERP terpilih yang kelak digunakan mampu menjadikan proses bisnis menjadi lebih efisien dan fleksibel terhadap berbagai perubahan dalam dunia bisnis. Namun, apa sesungguhnya ERP itu? Bagaimana ERP mampu memajukan sebuah bisnis ? apakah layak sebuah perusahaan berinvestasi cukup besar pada sistem ini ?

Apa itu ERP ?

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Software ERP membantu perusahaan memetakan dan merencanakan pengelolaan berbagai macam sumber daya serta proses bisnis. Perusahaan modern umumnya memiliki berbagai macam unit bisnis dan fungsi seperti penjualan, akunting, keuangan, customer relationship management, sumber daya manusia, inventory management, supply chain, dll. Software ERP mengintegrasikan keseluruhan informasi terkait fungsi-fungsi tersebut, mengumpulkan data-datanya ke dalam satu pusat, dan menyajikannya kepada user dalam tampilan yang sederhana.

Dalam pergerakan bisnis yang serba cepat saat ini terdapat banyak ketidakpastian yang diakibatkan oleh faktor-faktor seperti kondisi perekonomian global, kompetisi bisnis yang ketat, dan permintaan serta harapan pelanggan yang semakin tinggi. Sebuah bisnis apabila tidak mampu melakukan perubahan dan adaptasi secara terus menerus kemungkinan besar akan runtuh dalam waktu cepat, maka di sinilah pentingnya peranan sistem ERP. Dengan ERP perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola proses bisnis dan melakukan pengembanganya. Manfaat yang terdapat dalam sistem ERP akan memudahkan sebuah bisnis dalam mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis.

Manfaat implementasi ERP

Konsep ERP pada awalnya masih menggunakan istilah Material Requirement Planning, kemudian berkembang menjadi Manufacturing Resource Planning, dan terakhir berkembang lagi menjadi Computer Integrated Manufacturing. Setelah itu sistem ini terus berkembang dengan adanya tambahan fungsi-fungsi baru seperti akunting, sumber daya manusia, dan sebagainya. Pada era ERP modern, sistem ini sangat membantu perusahaan mengatasi kompleksitas dalam dunia bisnis global.

Bagaimana ERP dapat membantu sebuah bisnis :

1. Mempermudah pengendalian proses bisnis Sistem ERP akan menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan dan pengendalian atas proses bisnis mereka. Disamping itu, sistem ERP juga akan memberikan wawasan yang luas kepada seorang decision-maker sehingga dapat melakukan berbagai prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.

2. Menyederhanakan proses bisnis ERP membantu sebuah perusahaan merampingkan proses bisnis mereka. Hal ini akan memastikan alur kerja dapat berjalan secara halus dan komunikasi antar departemen menjadi lebih baik. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif. Best-practise yang terorganisir dalam sistem ini dapat memberikan dukungan operasional yang lebih baik dan kustomisasi yang lebih mudah.

3. Meningkatkan efisiensi karyawan Sistem ERP akan menyalurkan kepada karyawan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan langsung kepada mereka. Sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari informasi sendiri. Mereka dapat fokus pada tugas utama sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Meningkatnya kemampuan dalam pengambilan keputusan dan kemudahan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan akan meningkatkan kreatifitas karyawan dan memperbaiki pola kerja mereka.

4. Ekosistem perusahaan yang terintegrasi Sebuah perusahaan dapat berjalan dengan padu apabila kinerja seluruh stakeholder dapat diselaraskan antara satu dengan yang lain sesuai kebutuhan masing-masing demi mencapai tujuan yang sama. Sistem ERP dapat menyatukan semua unit dalam ekosistem perusahaan : mitra bisnis, fungsi-fungsi pendukung, vendor dan pelanggan. Dan kemampuan yang baik dalam menselaraskan beragam unit-unit dalam ekosistem tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

5. Siap menghadapi masa depan Sistem ERP menjadikan perusahaan yang sedang berkembang memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Integrasi, kinerja, dan alur informasi yang berjalan dengan lebih baik dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengendalian sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Cloud ERP

Teknologi software ERP kini telah berkembang. Solusi bisnis ini semakin terjangkau dan semakin mudah dalam proses implementasinya seiring dengan kehadiran teknologi ‘cloud computing’. Perusahaan dari berbagai industri kini berbondong-bondong mengalihkan sistem ERP lama mereka kepada penggunaan teknologi ERP cloud.

Namun hal yang perlu diperhatikan, sekedar melakukan instalasi software ERP saja tidak secara otomatis akan membuat bisnis menjadi lebih baik. Implementasi ERP juga memiliki resiko di dalamnya dan membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Sistem ERP dapat meningkatkan potensi dan membantu kinerja perusahaan menjadi lebih baik hanya ketika ada restrukturisasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Ini berarti perusahaan perlu meninggalkan sistem yang lama, mengubah struktur operasional, dan mengelola perubahan. Manajemen proyek yang baik adalah kunci sukses dalam mengimplementasi ERP. Begitu hal ini telah dilaksanakan, ERP benar-benar akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan

Sumber: http://www.kompasiana.com/erpindonesia/manfaat-apa-yang-dapat-erp-berikan-untuk-bisnis_54f9054ca3331

Registration Form

Other Shout

No news available