Menu
Back to top
BREAKING NEWS
Social Media Shout
EVENT
EVENT
MARKETING & PROMOTION
MARKETING & PROMOTION
SOCIAL MEDIA SHOUT
SOCIAL MEDIA SHOUT
Choose category:

Social Media Shout

Punya Kartu Kredit? Hindari 6 Hal Ini

19 January 2016

Kartu kredit adalah sesuatu yang tak asing dan sulit lagi untuk dimiliki saat ini. Banyak bank yang telah menerbitkannya dan mereka juga membenamkan berbagai macam fitur menarik dan menggoda bagi para nasabahnya.

Hal itu masuk akal, mengingat saat ini hampir seluruh bank di Indonesia menerbitkan kartu kredit dan tentu saja hal ini membuat sebuah lingkup persaingan yang cukup ketat.

Kartu kredit akan memungkinkan Anda untuk menikmati segala kemudahan dalam berbelanja dan melakukan transaksi keuangan lainnya dengan sangat mudah dan menyenangkan.

Berbagai macam promo dan diskon yang ditawarkan kartu kredit akan membuat Anda selalu tertarik untuk berbelanja.

Namun Anda perlu mencermati dan selalu mengingat setiap pembelanjaan atau transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Anda adalah hutang yang harus dibayarkan juga di saat tiba tanggal tagihan.

Ada banyak kemudahan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan kartu kredit, namun beberapa poin di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu anda cermati dan hindari dalam penggunaan kartu kredit seperti dilansir dari cermati.com, Senin (18/1/2016):

1. Jangan Sampai Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Akan sangat penting bagi anda untuk memiliki sebuah perencanaan keuangan yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan, hal ini untuk menghindari berbagai macam masalah dalam penggunaan kartu kredit, seperti: pemakaian kartu kredit yang tidak terkontrol dan keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit.

Biasakan untuk mencatat dan menghitung segala keperluan wajib yang akan dibeli dengan menggunakan kartu kredit, sisihkan penghasilan Anda untuk melunasi pembelanjaan tersebut dan pastikan dana tersebut cukup untuk melakukan pelunasan tagihan.

Anda juga dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, beli barang yang mendapatkan penawaran atau diskon khusus agar anda dapat melakukan penghematan saat berbelanja.

2. Jangan Pakai Kartu Kredit Sampai Melebihi Limit

Jangan sampai anda menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang tidak mampu Anda beli karena hal tersebut akan membuat anda memiliki hutang dan seperti diketahui tagihan kartu kredit yang tidak dilunasi pada saat jatuh tempo akan dikenakan sejumlah bunga di bulan berikutnya.

Karena itu, akan sangat bijak bila dapat menghindari tunggakan kartu kredit dengan cara melakukan pelunasan tagihan setiap bulannya.

Belilah hanya barang dan kebutuhan pokok saja dan jangan mudah tergiur dengan promo atau diskon barang-barang yang belum tentu penting untuk Anda.

Jangan pernah menggunakan kartu kredit hingga melebihi limit kredit yang diberikan oleh bank karena hal tersebut akan membuat anda dikenakan sejumlah biaya.

3. Hindari Memiliki Banyak Kartu Kredit

Tidak ada gunanya memiliki kartu kredit dalam jumlah banyak, hal tersebut hanya akan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya dan menambah besar resiko anda untuk memiliki banyak hutang di hari yang akan datang.

Bijaklah dalam memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda dan pastikan jumlah pendapatan anda sesuai dengan limit kartu kredit yang anda miliki. Jangan tergiur dengan berbagai macam fitur menarik yang ditawarkan dalam kartu kredit karena sepatutnya andalah yang mengerti apa kebutuhan anda dan bagaimana anda akan mengatur penggunaan kartu kredit anda.

4. Jangan Telat Bayar Tagihan

Selalu lakukan pembayaran tagihan tepat pada waktunya dan tidak melampaui tanggal jatuh tempo, hal ini akan menghindarkan Anda dari sejumlah denda dan bunga di tagihan bulan berikutnya. Sayang bukan, bila Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk melunasi hal-hal yang bisa dihindarkan.

Manfaatkan segala kemudahan yang ditawarkan oleh bank, seperti: fasilitas auto debet, internet banking, transfer ATM dan yang lainnya. Ini akan menghemat waktu dalam melakukan pembayaran dan memastikan seluruh transaksi kartu kredit anda tidak akan terganggu di bulan berikutnya.

5. Jangan Tergantung pada Kartu Kredit

Selalu biasakan untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai ketergantungan dalam menggunakan kartu kredit karena hal itu akan membuat Anda berpeluang besar untuk memiliki hutang di masa yang akan datang.

6. Jangan Gunakan untuk Tarik Tunai

Melakukan transaksi tarik tunai dengan kartu kredit akan membuat Anda dikenai sejumlah biaya dan bunga, karena itu selalu hindari untuk melakukan tarik tunai bila tidak benar-benar dalam keadaan mendesak sekali.

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2414487/punya-kartu-kredit-hindari-6-hal-ini

Registration Form

Other Shout

No news available