span 1 span 2 span 3

Payroll Outsourcing vs HRIS Software, Mana yang Lebih Baik?

Di Indonesia, software payroll outsourcing mungkin masih jarang terdengar dan digunakan oleh berbagai perusahaan. Namun, software ini dapat memberikan pengaruh besar terhadap perusahaan dan bisnis. Tak hanya payroll outsourcing, saat ini Anda juga bisa menggunakan HRIS software sebagai alternatif. Tentunya terdapat beberapa perbedaan yang dapat menentukan software mana yang terbaik. Payroll outsourcing vs HRIS software pun menjadi bahan perbincangan banyak orang. Jadi, manakah yang terbaik? Simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Payroll Outsourcing vs HRIS Software

Payroll outsourcing adalah salah satu kegiatan dalam melakukan payroll karyawan yang dilakukan oleh jasa profesional. Nantinya, penyedia jasa payroll tersebut akan mengurus berbagai kebutuhan administrasi perusahaan yang berhubungan dengan gaji dari setiap karyawan perusahaan tersebut. Sistem ini memang banyak digunakan oleh oleh banyak perusahaan karena dapat menghemat waktu penghitungan payroll yang bisa memakan banyak waktu jika dilakukan secara mandiri. 

Sementara itu pengertian HRIS atau Human Resource Information System adalah salah satu software berbasis server cloud yang bisa menyimpan data karyawan dengan aman. Software ini membutuhkan tim HR untuk melakukan tugasnya secara optimal. Nantinya HRIS akan membantu perusahaan untuk menyimpan, memproses, dan mengelola setiap data karyawan termasuk dalam pembuatan payroll. 

Perbedaan Antara Payroll Outsourcing dan HRIS 

Umumnya, perusahaan ingin melakukan payroll karyawan dengan tepat waktu. Tapi mengerjakannya secara manual bukanlah suatu hal pilihan terbaik. Kenapa? Karena pengerjaan payroll secara manual bisa memakan lebih banyak waktu dan rentan terjadi kesalahan. Jadi, payroll outsourcing vs HRIS software sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Simak informasi selengkapnya. 

Payroll Outsourcing

Kenapa banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa payroll outsourcing? Karena tidak semua perusahaan memiliki SDM yang memadai untuk bisa mengerjakan dan memproses payroll. Maka dari itu mereka pun harus menyewa pihak ketiga untuk mengerjakan pekerjaan tersebut agar karyawan dapat dibayar tepat waktu. 

Biasanya pihak payroll outsourcing akan ditangani oleh tim profesional sehingga pengerjaannya dapat dilakukan dengan lebih cepat. Kesalahan dalam penghitungan payroll tentunya dapat menjadi permasalahan untuk perusahaan. Karena dapat menghabiskan biaya lagi untuk memperbaikinya. Dengan memilih payroll outsourcing profesional gaji karyawan tentunya bisa dibayarkan tepat waktu dengan perhitungan yang akurat. 

HRIS Software

Terdapat beberapa jenis keuntungan yang menerapkan HRIS di perusahaan mereka untuk mengelola payroll. Dalam hal ini perusahaan bisa menjaga privasi dan transparansi data karyawan sehingga tim HR punya kontrol penuh terhadap proses pembayaran gaji karyawannya. Maka dari itu perusahaan pun harus melatih tim HR agar terbiasa menggunakan HRIS software untuk melakukan payroll internal. 

Meskipun demikian, proses payroll internal ini juga sering kali memunculkan berbagai masalah. Pasalnya, keberhasilan payroll sangat bergantung pada siapa yang mengerjakannya. Jika tim HR masih belum terbiasa menggunakan software ini, tentunya pengerjaan payroll internal menjadi kurang efektif. Pelatihan harus diberikan sebelum perusahaan menerapkan software ini. 

Nah, itulah beberapa hal yang wajib anda ketahui tentang payroll outsourcing vs HRIS software. Kedua hal ini tentunya bisa dipilih oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Pastikan untuk memilih Soltius sebagai penyedia layanan IT perusahaan Anda agar proses payroll dapat dilakukan secara tepat waktu. Karena penggajian yang cepat akan meningkatkan rasa puas karyawan. Dengan demikian Soltius merupakan solusi tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Dapatkan informasi lengkap lainnya hanya di http://soltius.co.id/.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan