span 1 span 2 span 3

Pengertian Data Warehouse, Manfaat, Komponen, dan Jenisnya

Data tentunya akan memberikan peran penting terhadap berbagai hal, termasuk dalam perkembangan bisnis seseorang. Maka dari itu kita pun bisa menghasilkan banyak informasi yang berharga untuk menunjang suatu hal. Contohnya seperti menunjang kepentingan profesional maupun kepentingan pribadi. Data pastinya harus kredibel agar informasinya bisa dipertanggungjawabkan. Jika Anda bekerja di bidang data, istilah data warehouse tentunya bukan hal yang asing lagi dalam sebuah bisnis. Pastikan Anda mengetahui pengertian data warehouse, manfaat, komponen, dan jenisnya. 

Sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar apabila perusahaan dapat mengelola data secara terstruktur. Dengan demikian data pun secara otomatis dapat tersimpan secara aman. Selain itu, data yang dikelola dengan baik juga akan membuat aksesnya lebih mudah dijangkau dibandingkan tidak dikelola. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap, sebaiknya Anda simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Data Warehouse

Untuk memahaminya dengan mudah Anda tentu saja harus mengetahui beberapa hal mulai dari pengertian data warehouse, manfaat, komponen dan jenisnya. Data warehouse sendiri merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengarsipkan hingga menganalisis riwayat data untuk bisa menunjang kepentingan informasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan ataupun bisnis tertentu sehingga keberadaannya pun sangat penting. 

Manfaat Data Warehouse

Manfaat yang diberikan oleh data warehouse untuk bisnis ataupun perusahaan di antaranya adalah:

  • Memberikan akses data secara cepat
  • Membantu perusahaan dalam mengoptimalkan ROI (Return of Investment)
  • Mempermudah perusahaan dalam proses pengambilan keputusan dengan tepat

 Komponen Data Warehouse

Terdapat beberapa komponen yang tersedia dalam data warehouse. Apa saja komponen-komponen tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

Metadata

Metadata merupakan keterangan singkat yang terdapat dalam data. Fungssinya untuk dapat memberikan informasi mengenai gambaran atau inti dari sebuah informasi agar bisa terlihat lebih jelas. 

Gudang

Sistem ini tentunya memerlukan tempat penyimpanan, yakni disebut dengan gudang. Gudang data warehouse tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis ataupun perusahaan Anda. 

Tools Akses

Untuk mendukung perkembangan bisnis Anda dengan menerapkan data warehouse, tentunya ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengoptimalkannya. Tools ini tentunya dapat digunakan oleh semua pengguna untuk memudahkan kelola data. 

Manajemen Gudang Data

Selanjutnya terdapat manajemen gudang data yang memiliki peran penting. Pasalnya, pengelolaan data harus dilakukan dengan baik untuk mendapatkan keamanan hingga perbaikan saat terjadi hal-hal mendesak. 

Tools ETL

Komponen terakhir adalah tools ETL. ETL adalah proses pengambilan data yang formatnya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. 

Jenis-Jenis Data Warehouse

Data warehouse sendiri terdiri atas tiga jenis, berikut adalah informasinya:

Enterprise Data Warehouse

Enterprise data warehouse atau gudang data perusahaan merupakan database yang dapat menggabungkan beberapa area fungsional secara terpadu. Jenis data warehouse ini sangat membantu dalam proses penyimpanan data sesuai ketentuan. 

Operational Data Store

Operational data store merupakan database yang dapat digunakan Online Transaction Processing ataupun saat data warehouse tidak bisa memenuhi setiap kebutuhan dari suatu bisnis ataupun perusahaan. 

Data Mart

Terakhir adalah data mart. Jenis data warehouse satu ini merupakan bagian dari gudang data yang dirancang untuk menangani beberapa bagian khusus, seperti penjualan atau keuntungan. 

Nah, itulah pengertian data warehouse, manfaat, komponen, dan jenisnya. Untuk menerapkan data warehouse pilihlah Soltius sebagai solusi yang tepat. Karena Soltius dapat memenuhi setiap kebutuhan IT untuk bisnis Anda. Cek informasinya hanya di https://www.soltius.co.id/id.

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
May 10, 2024
Peran Aplikasi atau Software HRIS Online dalam Pengoptimalan Produktivitas Karya...