span 1 span 2 span 3

Digital Supply Chain, Jawaban atas Tantangan Supply Chain yang Kompleks

Digital supply chain – Rantai pasokan berbasis digital merupakan istilah yang mana mendefinisikan rantai pasokan yang pondasinya dibangun di atas kemampuan yang mendukung web. Saat ini banyak sistem yang sifatnya adalah hybrid. Rantai pasokan biasanya menggunakan proses campuran berbasis dokumen dan juga IT. Dalam definisinya manajemen rantai pasokan digital ini memanfaatkan konektivitas, integrasi sistem, dan juga kemampuan dalam menghasilkan informasi dari komponen yang utama.

Inti dari digital supply chain ini adalah meminimalkan limbah dan juga membawa keuntungan yang lebih besar sehingga menjadi sistem yang benar-benar efisien.  Mengerjakan rantai pasokan dengan cara manual ini hanya akan membuang waktu dan tenaga. 

Tren dalam Rantai Pasokan

Industri 4.0 ini mengharuskan perusahaan untuk memikirkan kembali cara merancang dan mengatur rantai pasokan. Beberapa teknologi telah muncul dan mengubah cara kerja tradisional. Selain itu tren besar dan ekspektasi pelanggan mengubah permainan. Selain perusahaan wajib dalam beradaptasi, rantai pasokan ini juga memiliki peluang untuk bisa mencapai cakrawala efektivitas operasional berikutnya. 

Untuk memanfaatkan model bisnis rantai pasokan yang muncul mengubah perusahaan menjadi rantai pasokan digital. Beberapa tren besar tersebut memiliki pengaruh besar terhadap manajemen rantai pasokan. Ada pertumbuhan berkelanjutan di daerah pedesaan di seluruh dunia dengan kekayaan bergeser ke wilayah yang belum pernah terlayani sebelumnya. 

Pada saat yang sama ekspektasi pelanggan ini tumbuh, tren online pada tahun-tahun terakhir telah menyebabkan peningkatan ekspektasi layanan yang dikombinasikan dengan granularity pesanan menjadi lebih kuat.  Ada juga tren yang sangat pasti menuju ke individualisasi dengan penyesuaian lebih lanjut mendorong pertumbuhan yang lebih kuat dan juga perubahan konstan dalam portfolio SKU. 

Baca Juga: Digital Supply Chain: Solusi Terbaik Menghadapi Rantai Pasokan yang Kompleks

Langkah Untuk Manajemen Rantai Pasokan Digital

Ada beberapa langkah yang bisa perusahaan Anda lakukan untuk bisa melakukan manajemen rantai pasokan digital seperti berikut ini:

  • Tau posisi awal dan risiko

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui posisi dan juga risiko. Penting bagi Anda untuk tahu situasi rantai pasokan saat ini risiko yang dibawa oleh setiap pemasok apa saja dan menilai kelayakannya. Signifikansi masing-masing risiko potensial ini juga dipertimbangkan Anda bisa merumuskan solusi tentang bagaimana komplikasi tersebut bisa di imbangi. Setelah Anda benar-benar memahami risiko tersebut akan jauh mudah untuk mengambil langkah proaktif dan menyiapkan kerangka pencegahan di waktu yang tepat.

  • Pendekatan jangka panjang

Tips rantai pasokan berbasis digital bisa dilakukan dengan langkah pendekatan jangka panjang.  Anda bisa mengambil langkah proaktif yang mana digunakan untuk memastikan skalabilitas sistem dari waktu ke waktu dalam berbagai kondisi bisnis dan keuangan.

Penting disadari perusahaan bisnis Anda bahwa menghemat uang ini bisa mendorong individu dan juga organisasi untuk bisa mengenalkan tindakan yang berisiko signifikan terhadap fokus di manfaat jangka pendek.

  • Riset dan analisis yang tepat

Rantai pasokan yang baik akan bersifat tangguh dan juga memberikan hasil yang diinginkan dan juga diharapkan. Oleh sebab itu sangat penting untuk menginvestasikan waktu dalam analisis pemasok. Buatlah kontrak dengan pengetahuan yang tepat seberapa besar kesadaran pemasok berpotensi terlibat.

  • Strategi awal dan keterbukaan

Langkah ini akan membantu Anda mengetahui dampak perubahan yang potensial dan berkomunikasi terhadap pihak yang terlibat. Sistem digital juga akan memastikan bahwa sistem tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan pemasok dan juga mitra bisnis lainnya.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Rantai pasokan melibatkan proses yang sangat kompleks, sehingga bisnis membutuhkan transformasi rantai pasokan berbasis digital terbaik. Untuk bisa bertransformasi tersebut Anda membutuhkan sistem dan juga software yang benar-benar tepat sesuai kebutuhan rantai pasokan Anda. SOLTIUS kini hadir membantu bisnis merencanakan dan mengoperasionalkan rantai pasokan mereka. Bahkan kami juga mampu memberikan solusi terbaik untuk operasional rantai pasokan lanjutan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan solusi digital supply chain terbaik untuk bisnis Anda. Atau kunjungi halaman layanan berikut ini: mobile supply chain service

Other News

Nov 16, 2021
Tujuan dari Penggunaan Jasa SAP Support di dalam Perusahaan
Nov 16, 2021
3 Alasan Mengapa Perusahaan Wajib Menggunakan SAP Data Migration