span 1 span 2 span 3

PT Biggy Cemerlang

Aswin Wahyudi and Gouw Ok San
President Director and Management Representative IT Manager

PT Biggy Cemerlang

Sistem terintegrasi yang mengontrol seluruh proses bisnis secara lebih efektif dan efisien merupakan kunci kesuksesan PT Biggy Cemerlang.

Kesuksesan terjadi saat pelanggan merasa puas dengan produk yang Anda jual. Hal ini menjadi value yang diusung perusahaan-perusahaan manufaktur di era persaingan bisnis yang begitu seperti saat ini. Mereka yang mampu memanjakan para pelanggan dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas, merekalah yang akan menjadi pemimpin di bisnis ini.

Value ini pulalah yang menuntun Aswin Wahyudi, Presiden Direktur PT Biggy Cemerlang, dalam memimpin perusahaannya. Sebagai salah satu pemain terbesar dalam industri plastic, PT Biggy Cemerlang menempatkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan sebagai faktor paling utama dalam menjalani bisnis.

Didirikan sejak 1992, PT Biggy Cemerlang menangani permintaan domestik untuk produk berbahan baku plastik yang ditujukan bagi keperluan promosi. Pusat manufakturnya yang berlokasi di Jakarta Utara memproduksi peralatan bagi anak-anak, botol minum, tempat penyimpanan, peralatan makan, kontainer, serta alat-alat dapur yang digunakan oleh sejumlah perusahaan makanan dan minuman terkemuka di Indonesia. “Kami juga membuat produk rumah tangga, tapi tidak terlalu banyak,” ujar Aswin.

Saat ini, PT Biggy Cemerlang telah menghasilkan jutaan produk dengan model-model terbaru setiap bulannya yang didesain oleh tim kreatif internal berdasarkan preferensi dari para pelanggan. “Desain kami sangat banyak sampai sulit untuk dikumpulkan di dalam katalog. Masing-masing dibuat berdasarkan tren terbaru dan preferensi dari konsumen,” ungkap Aswin.

SAP Business One untuk Sistem yang Cepat dan Dapat Diandalkan

Untuk menjamin kepuasan konsumen, Aswin menangkap pentingnya dukungan sistem terintegrasi yang dapat menjamin kelancaran bisnis.

Aswin menuturkan, sistem ini harus efisien dan dapat diandalkan. Seperti saat menunjang proses marketing, sistem ini harus mampu menyediakan data marketing yang diminta oleh unit marketing, seperti purchase order, invetori, jenis-jenis produk yang dipesan, dan jadwal pengiriman, cukup dengan satu klik di komputer.

Inilah alasan di balik keputusan PT Biggy Cemerlang untuk memperbarui sistemnya menjadi komputerisasi penuh pada 2006. “Kontrol harus bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem ini,” ungkap Aswin.
Setelah melalui penelitian singkat, perusahaan ini menemukan sistem terbaik untuk diimplementasikan, yakni SAP Business One. Dengan rekam jejak yang telah teruji, sistem ini sangat cocok dengan karakter bisnis PT Biggy Cemerlang.

PT Biggy Cemerlang menggunakan nyaris semua jenis modul dari SAP, mulai dari modul administrasi, finansial, penjualan, produksi, sampai inventaris. “Kami punya semuanya, kecuali modul sumber daya manusia di SAP Business One,” ungkap Ok San, Management Representative IT Manager PT Biggy Cemerlang.

Bagi PT Biggy Cemerlang, menggunakan SAP Business One merupakan keputusan yang tepat. Berbagai keuntungan dirasakan segera setelah SAP Business One diterapkan sebagai sistem penunjang utama di perusahaan ini.

Aswin menambahkan, mengendalikan proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien dengan SAP Business One. Ia tidak perlu lagi mencari kesalahan secara manual, karena sistem akan langsung menampilkannya. Tidak hanya itu, kontrol performa di setiap divisi juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Berhubung semuanya telah dikomputerisasi, SAP Business One juga mengurangi penggunaan kertas di perusahaan ini.

“Setelah memakai SAP, saya selalu suka hari pertama di setiap bulan. Jika tanggal 1 jatuhnya di hari Senin, saya bisa langsung memperoleh laporan penjualan. Di situ saya bisa melihat berapa banyak pendapatan yang dihasilkan perusahaan ini. Walau begitu, saya juga tetap bisa melihat hasil laporannya secara harian atau mingguan,” papar Aswin.

SAP Business One memang tidak meningkatkan angka penjualan secara langsung, namun sistem ini mempermudah perusahaan agar lebih responsif, dimana hal ini mampu meningkatkan layanan pelanggan menjadi lebih baik.

SOLTIUS Sebagai Rekanan Implementasi Terbaik

PT SOLTIUS Indonesia, sebagai bagian dari Metrodata Group, merupakan rekanan implementasi PT Biggy Cemerlang saat mengadopsi SAP Business One. Keputusan ini diambil karena SOLTIUS berada di bawah naungan Metrodata Group yang memberikan jaminan kepuasan pelanggan. “Brand mereka sudah populer, itulah sebabnya mengapa kami tidak pernah mempertimbangkan untuk memilih yang lain, apalagi yang baru berdiri,” tutur Aswin.

Bagi Aswin, riwayat pengalaman dan keahlian Metrodata Group yang membuat yakin bahwa implementasi SAP Business One di perusahaannya dapat terlaksana dengan baik. Dukungan para ahli merupakan faktor yang signifikan dalam memilih rekanan implementasi, sehingga setiap masalah yang dihadapi selama proses berlangsung dapat segera ditangani.

Proses implementasi SAP Business One di PT Biggy Cemerlang dituntaskan dalam waktu singkat, yakni hanya enam bulan, dimulai dari Juni 2006 dan resmi meluncur pada Desember. Walauu telah rampung, prosesnya tetap penuh tantangan. “Tantangan ini dikarenakan tim IT kami belum begitu familiar dengan SAP Business One. Kami juga harus melakukan banyak persiapan untuk proses implementasinya,” ungkap Ok San.

Setelah prosesnya tuntas, tantangan berikutnya ialah hijrah dari sistem lama ke SAP Business One. Ok San memaparkan, mereka perlu menyediakan pelatihan bagi pengguna yang belum terbiasa menggunakan komputer. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Selama tiga bulan pertama, para pengguna kami masih menggunakan sistem manual dan SAP Business One. Namun setelah itu, kami melakukan transisi penuh ke SAP Business One dan kami pantau apa kekurangannya, serta apakah sistem baru ini bekerja dengan baik atau tidak,” papar Ok San. 

Bagi Aswin, semua ini bergantung pada kebiasaan. Inilah mengapa PT Biggy Cemerlang tidak pernah berhenti mendorong para pegawainya untuk berpartisipasi dalam proses perubahan. “Perubahan ialah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Tanpa perubahan, perusahaan ini akan jauh tertinggal. Kami tidak akan maju. Tantangan selalu akan mengikuti ketika kita berjuang untuk memperbaiki angka penjualan dan meraih kesuksesan,” tegas Aswin.

Tantangan terbesar dalam menghadapi kebiasaan, seperti dipaparkan Aswin dan Ok San, banyak ditemukan pada level pengguna. Sedangkan pada level manajer, tantangan ini tidak terlalu sulit untuk dihadapi. Usaha yang dikerahkan oleh seluruh tim pun mulai terlihat hasilnya. Setahun setelah diluncurkan, SAP Business One menjadi salah satu faktor kesuksesan yang mendukung seluruh proses bisnis PT Biggy Cemerlang.

Baik Aswin maupun Ok San mengaku puas dengan SOLTIUS. Mereka merasakan tim SOLTIUS sangat membantu selama proses implementasi. “Kami tidak punya keluhan apapun, SOLTIUS memang sudah pakarnya di bidang ini,” ujar Aswin.

Aswin mengharapkan PT Biggy Cemerlang dapat melanjutkan hubungan baik dengan SOLTIUS dalam proyek lainnya di masa mendatang. Bagi SOLTIUS, PT Biggy Cemerlang merupakan salah satu pelanggan setia sampai saat ini.

Trading & Distribution

MASALAH YANG DIHADAPI

  • Tidak ada sistem IT yang menunjang operasional perusahaan.
  • Proses pelaporan yang memakan waktu.

SOLUSI

  • Perusahaan beralih dari sistem manual ke sistem IT yang mempermudah integrasi seluruh proses informasi.

KEUNTUNGAN

  • Data terintegrasi. 
  • Pelaporan data secara on-time.
  • Kemampuan Analisa dan kontrol secara real-time.


 

CUSTOMER TALK

Improved Performance with Integrated System