span 1 span 2 span 3

PT Jaya Metal Teknika

Teddy Suryaatmaja
Vice GM Administration Department

PT Jaya Metal Teknika

PT Jaya Metal Teknika juga berencana membuka kantor cabang di Jawa Tengah dalam waktu dekat untuk memenuhi tujuan yang sama. “Hal ini bertujuan untuk mengantisipasii meningkatnya permintaan dan pemeliharaan di kawasan Jawa Tengah,” ungkap Teddy. “Jika mereka memiliki masalah dalam mengoperasikan mesin, cukup hubungi kontak layanan kami dan petugas Jaya Metal Teknika akan memberikan panduan via telepon atau datang ke lokasi pelanggan bila perlu,” tutur Teddy.

Jaya Metal Teknika sadar betul bahwa masalah yang dihadapi dalam operasional mampu menciptakan dampak krusial yang memicu hilangnya pelanggan. “Jika diperlukan komponen pengganti, Jaya Metal Spare Part Warehouse selalu siap dengan produk orisinil,” ujar Teddy.

Dukungan Sistem yang Baik
Untuk performa yang begitu tinggi, Jaya Metal Teknika perlu didukung oleh software sistem yang handal. “Harus ada sistem yang menunjang kebutuhan ini,” kata Teddy. Sebelumnya, hal ini menjadi masalah yang cukup besar. Teddy menceritakan di awal 2013 Jaya Metal Teknika masih mengandalkan software yang kurang mumpuni. “Bayangkan, selama dua tahun berturut-turut laporan tahunan kami selalu terlambat. Pembukuan kami tidak seimbang dan manajer akunting pun stres,” papar Teddy yang juga menyebutkan software terdahulu sudah terintegrasi dengan sistem di perusahaan. “Anehnya, sistem ini tidak berfungsi dengan baik, laporan data dari gudang berbeda dengan yang diterima pihak akunting,” sambungnya.

Masalah kedua yang Teddy temukan ialah human error.

SAP Business One, Sistem Unggulan untuk Layanan Purnajual Terbaik
“Rupanya pimpinan perusahaan juga berencana untuk mencari software baru karena masalah ini,” ungkap Teddy. Langkah selanjutnya yakni memutuskann software apa yang paling cocok dengan Jaya Metal Teknika.
Pada awalnya, pimpinan perusahaan telah menyarankan untuk memakai SAP setelah mendapat saran dari rekan sesama pebisnis yang telah menggunakan SAP. “Baginya, SAP mampu mengumpulkan data yang kita perlukan secara cepat,” kata Teddy.

“Divisi IT mempelajari sistemnya dan mengirimkan proposal berisi rekomendasi pemakaian SAP Business One dengan SOLTIUS sebagai rekanan.”
Teddy menambahkan, keandalan SAP Business One dalam menghadapi permasalahan telah terbukti. Modul dan sistemnya yang terintegrasi sesuai dengan permintaan Jaya Metal Teknika. Jaya Metal Teknika memutuskan untuk menggunakan seluruh modul bagi 11 pengguna.
“Karena kami membutuhkan data yang presisi untuk persediaan stok di gudang dan status layanan untuk pelanggan. Ini sangat penting karena layanan purnajual merupakan proritas kami,” tegas Teddy.
PT SOLTIUS Indonesia dipilih sebagai rekanan implementasi Jaya Metal Teknika dengan proses implementasi yang dimulai pada Maret 2013 dan siap digunakan empat bulan kemudian.

Lebih Cepat dari Jadwal Semula
“Semuanya sudah dijadwalkan. Kennyataannya, kami berhasil menyelesaikannya semiggu lebih cepat dari jadwal, sehingga kami punya lebih banyak waktu untuk mempelajari sistemnya,” ujar Teddy. Teddy mengaku beruntung telah memilih SOLTIUS. Tim SOLTIUS sangat profesional dan sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Berbagai permasalahan segera dicari solusinya.

Kini setelah menggunakan SAP Business One, Jaya Metal Teknika terbebas dari berbagai persoalan yang sebelumnya dihadapi. Setelah sistem ini diluncurkan, laporan keuangan kini rampung setiap tanggal 10. “Laporan keuangan, persediaan stok, status layanan, semuanya selesai hanya dengan sekali klik,” tutur Teddy. “Semuanya senang. Pekerjaan kami jadi lebih mudah.”

Trading & Distribution

MASALAH YANG DIHADAPI

  • Sistem tidak terintegrasi.
  • Laporan keuangan terlambat.
  • Data pelanggan tidak tersedia, pengawasan manual terhadap kelangsungan layanan.
  • Data stok tidak teratur, mesin dikanibalisasi dan rekam jejaknya tidak tercatat dalam sistem.
  • Data tidak akurat.
  • Human error.

SOLUSI

  • SAP Business One menghubungkan seluruh sistem manajemen informasi untuk memenuhi kepuasaan pelanggan yang menjadi prioritas perusahaan.

KEUNTUNGAN

  • Business One.
  • Pembuatan laporan yang lebih cepat dan real-time.
  • Analisis, kontrol, dan pembuatan keputusan lebih cepat berdasarkan data yang akurat, cepat, dan terintegrasi.
  • Kemudahan dalam memgawasi persediaan stok dan status layanan konsumen dalam satu sistem.
  • Memangkas rantai proses bisnis yang berbelit-belit.
     

CUSTOMER TALK

Reliable System for an Excellent after Sales Service