Aplikasi kasir toko – Pemilik bisnis UKM atau Usaha Kecil dan Menengah memiliki banyak PR untuk dikerjakan diantaranya adalah mengurus persediaan, melakukan pemasaran, mengelola laporan penjualan, dan masih banyak lagi lainnya. Jika menggunakan metode manual untuk memproses semua kegiatan itu menjadi hal yang membuang waktu. Jika pemilik bisnis tidak efisien dalam proses manajemen persediaan dan juga laporan keuangan maka ia akan kehilangan peluang untuk bisa mengembangkan bisnisnya.
Sistem Point of Sales atau POS ini mampu mengintegrasikan proses bisnis di toko Anda. Aplikasi ini menjadi alat yang paling hebat untuk mengelola semua kebutuhan usaha kecil maupun menengah. Aplikasi kasir toko ini menjadi salah satu sistem software yang lengkap untuk bisnis yang mana mencakup penjualan, inventaris, penghitungan stok dan masih banyak lagi lainnya.
Menemukan aplikasi kasir untuk toko atau sistem POS untuk bisnis ini tidak mudah. Faktanya adalah sebanyak 56% persen pemilik toko kelontong maupun pebisnis UKM ini masih belum memiliki aplikasi atau sistem POS. Hal ini menjadi fakta bahwa UKM ini masih ragu dalam mengadopsi teknologi yang terbaru.
Untuk membantu manajemen bisnis, penting untuk memilih aplikasi yang dilengkapi dengan fitur yang dibutuhkan dimana dengan fitur tersebut pemilik bisnis UKM bisa menyingkirkan pekerjaan manual yang membosankan sehingga lebih fokus terhadap pertumbuhan bisnis mereka. Berikut ini adalah beberapa fitur yang harus dimiliki oleh aplikasi kasir toko yang digunakan oleh UKM:
Fitur aplikasi yang harus dimiliki pertama adalah laporan penjualan dan juga analisisnya. Degan fitur ini akan memungkinkan pebisnis untuk bisa mengetahui maupun melakukan analisis terhadap data penjualan toko Anda secara akurat. Fitur ini akan memberikan snapshot real time dari kinerja toko melalui laporan dan metrik.
Alasan Anda membutuhkan fitur ini adalah Anda tidak perlu menebak-nebak sehingga mampu membuat Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisa meningkatkan penjualan dan juga profitabilitas. Fitur laporan dan analisis penjualan ini akan memberikan visibilitas yang akurat dari seluruh operasi bisnis Anda.
Fitur aplikasi kasir toko ini memiliki manajemen pelanggan untuk mengumpulkan data riwayat pembelian pelanggan Anda. Keuntungannya adalah Anda bisa melakukan identifikasi pembeli mana yang paling rajin dalam berbelanja dan mengetahui jumlah reseller dari keseluruhan pelanggan dengan mudah.
Baca Juga: 7 Kegunaan Program Kasir dalam Sebuah Bisnis
Alasan Anda membutuhkan fitur ini adalah fitur ini akan membantu Anda dalam melacak aktivitas pelanggan bisnis Anda. Dari data tersebut bisa digunakan sebagai strategi untuk bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terutama bagi pelanggan yang sering melakukan repeat order.
Untuk cara kerja dari fitur ini adalah manajemen pelanggan berisi data pembeli yang sangat bermanfaat bagi Anda yang mana memungkinkan Anda untuk bisa menyimpan serta mengelola sejarah pembelian, informasi kontak, bahkan poin loyalitas dengan mudah.
Aplikasi kasir untuk UKM ini juga harus memiliki fitur manajemen inventori yang mana bisa membantu Anda melacak informasi lengkap persediaan stok baik yang dipajang maupun yang ada di gudang. Alasan UKM membutuhkan fitur ini adalah berkontribusi langsung dengan keberhasilan toko Anda. Fitur manajemen ini memiliki akses langsung dan cepat ke persediaan stok.
Fitur ini merupakan sistem yang digunakan pelanggan untuk melakukan pembayaran untuk barang atau jasa yang dibeli. Sistem akan merampingkan proses penjualan dan memungkinkan pemilik bisnis dalam mengumpulkan data yang lebih akurat.
Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS untuk mendapatkan solusi aplikasi kasir terbaik untuk bisnis Anda. Kami menjadi perusahaan penyedia IT dengan solusi yang lengkap baik itu untuk perusahaan startup atau pebisnis besar yang sukses di bidangnya. Jangan ragu menghubungi kami untuk mendapatkan informasi aplikasi kasir toko lebih lanjut.
Artikel Lainnya: Pengertian Program Kasir dan 5 Manfaat yang Dimilikinya