span 1 span 2 span 3

5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Mobile Supply Chain dirasa dapat meningkatkan daya saing perusahaan di tengah persaingan bisnis global seperti saat ini. Salah satu cara meningkatkan nilai kompetitif perusahaan adalah dengan melakukan efisiensi dalam rantai pasokan dengan menerapkan penggunaan teknologi informasi melalui smartphone maupun  perangkat lainnya. Selain itu, manajemen rantai pasokan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk semua pihak yang terkait dalam rantai pasokan melalui kerjasama dan sharing informasi. Sharing informasi antar pihak yang terlibat di dalam rantai pasokan dengan menggunakan teknologi dapat mengurangi ketidakpastian serta mampu meningkatkan kinerja perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Ada berbagai alasan yang mendasari penerapan rantai pasokan semacam ini. Berikut akan dijelaskan beberapa alasan penerapan Mobile Supply Chain dalam bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan.

1. Alasan Pemasaran

Penerapan Mobile Supply Chain menjadikan sebuah perusahan mampu bersaing di pasaran. Dengan memanfaaatkan teknologi melalui smartphone dan juga berbagai perangkat lainnya, sebuah perusahaan dapat mengatur ulang sumber daya yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah. Karena itulah, kini perusahaan dituntut untuk terus dapat merancang dan mengembangkan platform TI sebagai senjata untuk berkompetisi di tengah arus ekonomi global.

2. Alasan Hubungan dengan Pelanggan

Hubungan dengan para pelanggan menjadi alasan bagi sebuah perusahaan dalam menerapkan rantai pasokan yang didukung oleh teknologi informasi. Dengan rantai pasokan yang ditunjang dengan teknologi informasi yang mumpuni tersebut, sebuah perusahaan dapat menciptakan, mengembangkan, serta meningkatkan hubungan dengan para pelanggan.

Kemajuan teknologi informasi yang ada dalam Mobile Supply Chain dapat mengotomatiskan hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan melalui penyediaan informasi produk dan harga. Sistem tersebut dianggap efektif karena informasi bisa didapatkan oleh para pelanggan secara realtime.

3. Alasan Pelayanan Pelanggan

Penerapan rantai pasokan yang ditunjang oleh perkembangan teknologi informasi melalui smartphone dan juga perangkat lainnya dapat memberikan alternatif cara pemberian layanan kepada para pelanggan. Melalui kemajuan teknologi tersebut, perusahaan dapat menjalankan aplikasi e-commerce yang merupakan salah satu bentuk layanan konsumen. Melalui aplikasi e-commerce inilah, mereka dapat memberikan pelayanan terbuka 24 jam setiap hari dan secara real time kepada para pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan mendapatkan informasi tentang produk yang mereka inginkan dengan cepat dimanapun dan kapanpun.

4. Alasan Manajemen Permintaan

Manajemen permintaan bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan pelanggan dengan kemampuan perusahaan untuk menyediakan pasokan. Dengan menerapkan rantai pasokan yang berbasis teknologi informasi, perusahaan dapat mengurangi ketidakpastian permintaan dan memudahkan perusahaan dalam melakukan sinkronisasi perencanaan permintaan.

5. Alasan Hubungan dengan Supplier

Perusahaan harus selalu dapat menjaga hubungan yang baik dengan para supplier yang menjadi mitra usahanya. Hubungan itu penting untuk dijaga agar ketersediaan bahan baku tetap aman. Penyediaan bahan baku memang menjadi satu hal yang krusial bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Jika persediaan bahan baku terbilang banyak, perusahaan aman dari resiko kekurangan stok bahan baku. Namun, hal semacam ini dirasa tidak efisien karena biaya gudang penyimpanan, perawatan, serta pengaman stok barang baku akan melonjak. Sebaliknya, ketika persediaan bahan baku sedikit, maka biaya gudang akan menjadi rendah. Namun, hal ini dapat menyebabkan perusahaan kekurangn bahan baku dan akhirnya akan membuat mereka kehilangan kesempatan memenuhi permintaan konsumen. Hal ini akan membuat konsumen beralih ke perusahaan lain yang mampu menyediakan barang yang mereka inginkan.

Penggunaan rantai pasokan yang berbasis teknologi informasi yang baik dapat membantu perusahaan untuk  meminimalkan persediaan bahan baku sehingga dapat menurunkan biaya. Melalui rantai pasokan tersebut, perusahaan dapat melakukan kesepakatan dengan pihak supplier. Hal ini memungkinkan supplier untuk mengatur sendiri kapan harus mengirimkan pasokan supaya perusahaan tidak mengalami kehabisan bahan baku. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk gudang penyimpanan serta biaya perawatan bahan baku.

Itulah beberapa alasan penerapan Mobile Supply Chain dalam bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Dengan menerapkan rantai pasokan semacam ini, perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk informasi lebih detail mengenai produk mobile supply chain, Anda bisa mengunjungi link ini : https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/dsi-mobile-supply-chain

Other News

Jul 28, 2020
5 Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit
Jul 28, 2020
Tips Memilih Payroll Software Indonesia di Era New Normal