span 1 span 2 span 3

7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan

Supply Chain Management memegang peran penting dalam sebuah bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Sebelum adanya manajemen rantai pasokan, perusahaan banyak mengalami kerugian akibat perkiraan pengiriman produk yang terkadang tidak sesuai dengan permintaan pasar. Kini, dengan menerapkan manajemen rantai pasok ini, perusahaan dapat menekan kerugian dan justru dapat mendapatkan laba di atas rata-rata. Selain itu, perusahaan juga dapat menghubungkan semua pihak yang terlibat di dalam proses perubahan bahan baku menjadi barang jadi. Karena itulah, proses produksi maupun pendistribusian barang/jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Berikut adalah manfaat penerapan Supply Chain Management bagi sebuah perusahaan:

1.    Memuaskan Pelanggan

Dengan menerapkan Supply Chain Management, sebuah perusahaan dapat memuaskan para pelanggannya. Perusahaan dapat menjamin kepuasan para pelanggan dengan menghasilkan barang/jasa yang sesuai dengan permintaan para pelanggan sebagai mitra usahanya. 

Pelanggan memang menjadi sasaran utama bagi sebuah perusahaan dalam aktivitas produksi karena mereka adalah pihak yang membeli atau memakai barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Para pelanggan harus terus dijaga tingkat kepuasannya agar mereka dapat menjadi konsumen yang setia dalam jangka waktu yang panjang.

Manajemen rantai pasokan atau supply chain management berperan penting dalam membantu perusahaan untuk menjamin kepuasan para konsumen. Melalui mekanisme ini, perusahaan dapat mengetahui barang apa yang mereka inginkan serta kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan barang tersebut. 

2.    Meningkatkan Pendapatan

Semakin banyak konsumen yang setia untuk menggunakan barang/jasa sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama, semakin besar pula peluang perusahaan tersebut untuk meningkatkan pendapatannya. 
Barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut juga tidak akan terbuang sia-sia setelah di produksi karena barang itu diminati dan juga dipakai oleh para konsumen. Dengan demikian, pendapatan perusahaan akan meningkat.

3.    Menurunkan Biaya

Jika dulu perusahaan harus mengeluarkan biaya banyak untuk proses pengadaan barang, produksi, dan juga pendistribusian barang/jasa, kini semua terasa berbeda. Dengan adanya Supply Chain Management, sebuah perusahaan dapat menekan biaya yang harus mereka keluarkan untuk semua proses tersebut. Adanya pengintegrasiaan aliran produk dari perusahaan kepada para konsumen dapat mengurangi biaya pada jalur produksi dan juga distribusi. 

4.    Pemanfaatan Aset Perusahaan dengan Maksimal

Dalam menerapkan manajemen rantai pasokan, teknologi memiliki peran yang cukup penting. Dengan adanya teknologi yang terdapat pada manajemen rantai pasokan tersebut, perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja para karyawanya. Untuk itulah, biasanya perusahaan akan bekerjasama dengan penyedia software yng akan mendukung para karyawan menjalankan mekanisme rantai pasokan. 
Karyawan sebagai salah satu aset terbesar dalam perusahaan tentu saja akan berusaha meningkatkan keterampilan dan juga pengetahuannya agar dapat menerapkan manajemen rantai pasokan dengan maksimal. Mereka akan berlatih bagaimana caranya memanfaatkan teknologi tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan manajemen rantai pasokan. Dengan demikian, pemanfaatan aset perusahanaan juga akan lebih maksimal. 

5.    Meningkatkan Keuntungan

Perusahaan dapat menjual barang/jasanya dengan optimal, menjaga tingkat kepuasan para pelanggan, dan juga dapat mengefisienkan proses produksi dan juga distribusi akan dapat meningkatkan pendapatannya. Jika hal ini dapat terus dipertahankan, maka perusahaan akan mampu memperoleh keuntungan di atas rata-rata. 

6.    Menjadi Mediasi Pasar

Manajemen rantai pasokan dapat berfungsi sebagai mediasi pasar. Karena itulah, mekanisme rantai pasokan yang diterapkan dengan baik dapat memastikan semua barang yang dipasok telah sesuai  dengan aspirasi pelanggan atau konsumen akhir. 

Melalui pelaksanaan manajemen rantai pasokan, perusahaan dapat menjalankan fungsi pemasarannya. Mereka dapat mengidentifikasi produk apa saja yang diminati oleh para konsumen. Dengan demikian, mereka dapat mengidentifikasi seluruh atribut produk yang diharapkan oleh konsumen untuk kemudian mengkomunikasikan kepada para operator produksi/perancangan produk. 

7.    Perusahaan Menjadi  Semakin Besar

Di sisi lain, perusahaan dapat mencapai tujuan utama yang telah ditargetkan. Dengan menerapkannya akan mendapatkan keuntungan yang besar sehingga lambat laun perusahaan tersebut akan menjadi lebih kuat dan besar. 
Itulah beberapa manfaat penerapan Supply Chain Management bagi sebuah perusahaan. Dengan menerapkan mekanisme ini, suatu perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditargetkan. 
 

Other News

Nov 14, 2019
Proses Advanced Supply Chain Planning Pada Sebuah Perusahaan
Nov 14, 2019
Pentingnya Penerapan Talent Management System Pada Sebuah Perusahaan