span 1 span 2 span 3

Apa Perbedaan Antara Traditional VS Cloud Storage? Ini Dia Jawabannya

Seiring berjalannya waktu, teknologi telah berhasil berkembang dengan pesat hingga mampu membantu banyak orang melakukan banyak hal. Saat ini masyarakat sudah bisa menemukan banyak media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai foto, video, bahkan dokumen rahasia sekalipun. Secara umum, terdapat dua jenis media penyimpanan yang bisa digunakan, yakni penyimpanan tradisional dan cloud storage. Anda tentu harus mempelajari apa perbedaan antara tradisional vs cloud storage terlebih dahulu. 

Sebab kedua media penyimpanan ini mempunyai perbedaan yang sangat signifikan untuk dipelajari lebih dalam lagi. Terkait dengan  tradisional vs cloud storage, Anda tentunya perlu mengetahui secara pasti perbedaannya agar bisa memilih media penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Cloud storage sendiri lebih mengacu pada media penyimpanan yang memanfaatkan jaringan internet, sedangkan penyimpanan tradisional masih menerapkan istilah offline seperti flashdisk, hardisk, dan perangkat lainnya. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa perbedaan antara tradisional vs cloud storage, simak ulasannya di bawah ini. 

Kapasitas Penyimpanan

Terkait dengan perbedaan antara tradisional vs cloud storage yang pertama adalah kedua media penyimpanan ini mempunyai kapasitas yang berbeda. Dalam hal ini, media penyimpanan tradisional memiliki batasan penyimpanan untuk beberapa gigabyte atau terabyte saja. Sedangkan cloud storage cenderung akan menawarkan kapasitas yang sangat besar kepada penggunanya atau unlimited storage yang berbayar. 

Tingkat Keamanan

Perbedaan satu ini erat kaitannya dengan risiko yang ditanggung oleh kedua media penyimpanan ini. Sebab tingkat keamanan dari masing-masing media penyimpanan ini sangat berbeda. Dapat dikatakan bahwa cloud storage ini mempunyai keamanan yang sangat tinggi karena sebelum mengaksesnya Anda harus memasukkan username dan password terlebih dahulu. 

Hal tersebut pastinya sangat berbeda dengan media penyimpanan offline tradisional yang tidak memiliki proteksi apapun sehingga cloud storage jauh lebih aman untuk menyimpan berbagai data atau dokumen yang sifatnya rahasia. 

Risiko yang Ditanggung

Risiko yang ditanggung oleh kedua media penyimpanan ini juga sangat berbeda. Tradisional storage tentunya lebih sering hilang karena kecerobohan dari masing-masing penggunanya. Lain halnya dengan cloud storage yang tak akan hilang selama para pengguna masih ingat dengan akun mereka masing-masing untuk mengakses data dan semua file yang dibutuhkannya. 

Kemudahan Akses

Bicara soal apa perbedaan antara traditional vs cloud storage selanjutnya, Anda tentu bisa melihatnya dari kemudahan dalam mengaksesnya. Untuk media penyimpanan tradisional, para pengguna tentunya harus membawa perangkat penyimpanan terlebih dahulu untuk membuka semua file yang dibutuhkannya. 

Berbeda dengan cloud sistem yang tak membutuhkan perangkat apapun. Sebab sistem online yang digunakannya benar-benar memudahkan para penggunanya dalam membuka semua file kapan dan dimana saja asalkan tersambung pada jaringan internet. 

Fitur 

Perbedaan terakhir dapat dilihat dari fitur yang ditawarkan oleh kedua media penyimpanan ini. Jika Anda menggunakan tradisional storage Anda tentu membutuhkan PC untuk melakukan pengeditan yang akan membuatnya lebih repot. Namun, dengan beralih menggunakan cloud storage Anda bisa melakukan berbagai hal seperti sharing hingga editing secara mudah dan cepat. 

Nah, itu dia informasi tentang apa perbedaan antara tradisional vs cloud storage yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Baiknya kini Anda mulai beralih ke cloud storage untuk menjamin data-data rahasia milik perusahaan tersimpan dengan aman. Sebagai penyedia layanan solusi IT berbasis bisnis di Indonesia, Soltius hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi media penyimpanan yang aman untuk perusahaan Anda. 

Informasi lengkap mengenai produk klik link berikut : https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/cloud


 

Other News

Sep 30, 2022
Kelebihan SAP S4HANA yang Menarik dan Perlu Diketahui
Sep 30, 2022
5 Cara Software Akuntansi Meningkatkan Omset Pada Perusahaan, Apa Saja? Simak Ti...