span 1 span 2 span 3

Cara WMS Dapat Menguntungkan supply chain industri Fashion

Bagaimana cara WMS dapat menguntungkan supply chain industri fashion? Anda bisa mendapatkan jawabannya di artikel ini. Industri fashion menjadi industri yang tidak pernah mati. Hal itu karena selalu ada tren terbaru yang selalu diburu banyak orang. Meski demikian, terjun ke dalam industri fashion ini tidak mudah, ada banyak tantangan dan hambatan besar yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan. Terlebih jika skalanya sudah industri, dibutuhkan transformasi digital agar proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. 

Salah satu tantangan besar yang bisa dihadapi adalah pergudangan atau warehouse. Tanpa pengelolaan gudang yang baik, perusahaan akan sulit melakukan inventaris secara akurat. Untuk mengatasi hambatan atau tantangan dalam warehouse dan meningkatkan keuntungan industri fashion Anda bisa menggunakan WMS atau Warehouse Management System. Beginilah cara WMS dapat menguntungkan supply chain industri fashion yang menarik diketahui:

 

Cara Kerja WMS

Sebelum Anda tahu bagaimana cara kerja WMS ada baiknya jika Anda tahu apa itu WMS lebih dahulu. Nah, WMS merupakan manajemen gudang termasuk perangkat lunak di dalamnya, serta berbagai proses yang memungkinkan perusahaan untuk mengontrol dan mengelola operasi gudang mulai dari barang masuk hingga keluar gudang.

Lalu bagaimana cara WMS dapat menguntungkan supply chain industri fashion? WMS akan menguntungkan supply chain karena semua operasi di dalam gudang ini akan terkontrol dan dikelola dengan baik. Berkat WMS Anda juga bisa tahu data inventaris gudang yang akurat.  Tanpa adanya WMS yang baik supply chain tidak akan berjalan dengan baik. Hal itu karena supply chain terdiri dari beberapa proses salah satunya inventory atau pengelolaan gudang.

Cara WMS dapat menguntungkan supply chain industri fashion selanjutnya dengan meningkatkan layanan pelanggan. Pengelolaan gudang industri sangat melelahkan karena didalamnya ada banyak barang dan jumlahnya harus dipantau setiap hari. Tidak mengherankan untuk mendapatkan data barang akan sulit terutama jika masih dilakukan dengan cara manual. 

WMS dapat meningkatkan layanan pelanggan karena mudah mencari barang di gudang dengan cepat dan tepat. Industri juga mudah mengetahui stok dengan cepat karena barang yang keluar masuk akan selalu tercatat dan memudahkan restock jika ada stok yang kosong sehingga industri tidak kehilangan penjualan.

Cara terakhir WMS akan meningkatkan kepuasan konsumen. Saat layanan serba cepat dan tepat membuat banyak konsumen yang puas. Konsumen akan loyal kepada bisnis atau industri Anda. Selain itu, konsumen akan merekomendasikan produk bisnis Anda ke teman, saudara atau kerabat sehingga mereka ikut melakukan pembelian. Saat itulah, penjualan dan pendapatan bisnis Anda akan naik berkali-kali lipat dibandingkan sebelumnya.

WMS Membuat Operasional Gudang Lebih Terintegrasi

WMS akan membuat operasional gudang bisa lebih terintegrasi sehingga tidak ada kesalahan data dan miss komunikasi. WMS bisa menangani penerimaan, pengiriman dan pengambilan material atau barang. Semua operasional tersebut menggunakan sumber data yang sama. WMS juga akan membantu pengawasan arus produk menjadi lebih efektif. WMS juga akan menggunakan perangkat teknologi pendukung agar bisa berfungsi maksimal seperti barcode scanner, RFID dan lainnya. 

 

Supply chain memiliki beberapa komponen yang mendukung mulai dari gudang, pemrosesan order, manajemen logistik hingga pengiriman semua saling terhubung. Manajemen gudang merupakan bagian dari SCM yang menangani berbagai pengelolaan penyimpanan barang agar kapasitas gudang menjadi maksimal.  SCM berjalan dengan lancar, efektif dan efisien jika operasional pergudangan juga berjalan maksimal.

Agar cara WMS dapat menguntungkan supply chain industri fashion lebih maksimal Anda harus menggunakan vendor yang tepat, Anda bisa mempercayakan WMS industri fashion Anda pada SOLTIUS, perusahaan penyedia solusi IT yang satu ini kredibel, terpercaya dan berpengalaman, SOLTIUS bisa membantu implementasi software dan transformasi digital perusahaan Anda lebih cepat dan mudah, untuk informasi produk WMS lebih detail Anda bisa klik link ini!

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia