span 1 span 2 span 3

Jenis-Jenis Modul SAP ERP dan Perbedaannya

Sistem ERP merupakan salah satu software yang sangat berguna untuk bisnis dan perusahaan. Tak heran rasanya bila software ini banyak dipilih untuk mengoptimalkan kegiatan operasional dari suatu bisnis. akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa setiap sistem dilengkapi dengan jenis-jenis modul yang berbeda. Jenis-jenis modul SAP ERP dan perbedaannya ini tentu saja dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. 

Modul SAP ERP merupakan kumpulan sistem yang sesuai dengan kebutuhan dari bisnis ataupun perusahaan. Masing-masing bisnis pasti punya permasalahan dan solusi berbeda. Hal ini tentunya membuat sistem yang digunakan berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Hal inilah yang membuat modul SAP ERP dapat dijadikan sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun beberapa jenis modul SAP ERP yang biasanya banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan sebagai berikut:

Inventory Management

Setiap jenis perusahaan pasti memiliki banyak stok barang, mulai dari produk jualan mereka hingga aset.  Maka dari itu perusahaan akan memerlukan modul inventory management atau manajemen inventaris di dalam sistem ERP yang digunakannya. 

Jenis modul satu ini dirancang untuk melakukan berbagai tugas seperti pelacakan stok, pemesanan ke pemasok, pengendalian pengadaan, dan meliputi berbagai kebutuhan manajemen inventaris lainnya. Dengan hadirnya modul ini perusahaan dapat mengelola stok dan aset dengan lebih terstruktur.

Human Resource Management

Jenis-jenis modul SAP ERP dan perbedaannya yang sangat penting untuk setiap perusahaan adalah Human Resource Management. Modul ini akan membantu perusahaan dalam mengelola SDM agar lebih efisien. 

Fungsi dari modul HRM ini adalah untuk mengelola informasi terkait data karyawan, pelacakan jam kerja, hingga absensi dari masing-masing karyawan. Selain itu, modul ini berperan untuk melakukan penggajian, pembuatan survey, rekrutmen karyawan baru, penilaian kinerja, hingga pengelolaan pajak karyawan. 

Accounting Management 

Kunci sukses menjalankan sebuah bisnis adalah mengelola keuangan dengan baik. Hal ini tentunya membuat setiap perusahaan membutuhkan modul accounting manajemen pada sistem SAP ERP mereka.   

Fitur yang terdapat di dalam manajemen akuntansi tentunya akan membantu perusahaan dalam mengelola arus kas dengan baik. Bahkan modul ini dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang biasa terjadi dalam pengelolaan keuangan. 

Supply Chain Management

Modul supply chain management merupakan salah satu modul penting bagi setiap perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Sebab modul ini dapat memberikan visibilitas terhadap semua rantai pasokan, dari awal hingga akhir. 

Beberapa fitur andalan dari modul SCM di antaranya adalah manajemen inventaris, manajemen pengadaan, manajemen pengiriman barang, manajemen pesanan, perencanaan, manajemen pengembalian barang, dan manajemen pemasok. 

Customer Relationship Management

Modul customer relationship management merupakan salah satu jenis modul yang dirancang untuk fokus pada pengelolaan pelanggan. Fungsinya sendiri mencakup pada pengelolaan pipeline penjualan, email marketing campaign, mencatat riwayat interaksi pelanggan, dan masih banyak lagi. Modul ini tentunya sangat penting terhadap perkembangan suatu bisnis. 

Nah, itulah beberapa jenis-jenis modul SAP ERP dan perbedaannya. Anda kini harus menerapkan sistem ERP pada perusahaan agar tidak ketinggalan zaman. Saat ini bisnis harus bersaing dengan ketat dan harus beradaptasi dengan teknologi yang ada. Maka dari itu para pelaku bisnis tidak boleh gagap teknologi agar perusahaan mereka bisa berkembang dengan cepat. Untuk menerapkan sistem SAP ERP, Anda bisa mempercayakannya pada Soltius. Karena penyedia layanan IT berbasis bisnis ini bisa membantu semua kebutuhan IT perusahaan Anda. 

Dapatkan juga informasi lengkapnya di https://www.soltius.co.id/id

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan