span 1 span 2 span 3

Penerapan Digital Supply Chain untuk Perusahaan dan UMKM | SOLTIUS

Digital Supply Chain adalah istilah yang mendefinisikan rantai pasokan dengan pondasi di atas kemampuan web. Saat ini sudah banyak sistem yang sifatnya hybrid sehingga dapat digunakan untuk memproses data campuran berbasis dokumen dan IT.

Dalam definisinya, rantai pasokan digital ini memanfaatkan integrasi sistem, konektivitas, dan kemampuan untuk menghasilkan informasi dari komponen utama. Inti dari rantai pasokan digital untuk meminimalisir limbah dan meningkatkan keuntungan lebih besar dari sistem yang efisien.

1.1 Perkembangan Digital Supply Chain

Era digital 4.0 menuntut perusahaan untuk melakukan tranfsormasi digital dan merancang rantai pasokan yang memadai. Banyak teknologi yang bermunculan dan mengubah cara kerja tradisional menjadi modern.

Para pelaku usaha di Indonesia juga sudah banyak yang memanfaatkan teknologi ini untuk mendapat banyak manfaat secara digital. Terlebih saat ini sudah ada banyak inovasi teknologi seperti robot pintar, superkomputer, neuroteknologi, dan lain-lainnya.

Meski di Indonesia masih banyak teknologi yang belum diterapkan, namun menjadi inovasi awal yang akan memajukan perusahaan lewat teknologi yang terintegrasi. Selain itu, perkembangan rantai pasokan digital ini juga memberi pengaruh besar dalam inovasi digital yang berkelanjutan.

Tren online dalam beberapa waktu terakhir meningkatkan ekspektasi layanan menjadi lebih kuat dan mendorong pertumbuhan bisnis ke arah yang lebih baik.

2.1 Manajemen Supply Chain untuk Perusahaan dan UMKM

Manajemen Digital Supply Chain bisa dilakukan oleh perusahaan dan UMKM dengan beberapa tahapan berikut ini:

  • Memahami risiko, langkah ini perlu dilakukan untuk mengetahui posisi dan risiko untuk menilai kelayakan. Risiko ini juga diperlukan untuk mempertimbangkan solusi bagaimana setiap komplikasi bisa diimbangi.
  • Pendekatan jangka panjang, rantai pasokan digital perlu dilakukan dengan pendekatan jangka panjang. Anda perlu mengambil langkah proaktif untuk memastikan skalabilitas sistem dalam berbagai kondisi bisnis.
  • Strategi awal dan keterbukaan, Anda bisa mengetahui dampak perubahaan potensial dan berkomunikasi terhadap para pihak yang terlibat.
  • Analisis yang tepat, rantai pasokan digital sifatnya tangguh dan mampu memberi hasil sesuai ekspektasi. Maka dari itu Anda perlu menginvestasikan waktu untuk melakukan analisis pemasok yang tepat.

2.2 Keuntungan Digital Supply Chain

Manfaat dari rantai pasokan digital bagi perusahaan adalah saling terhubung, terukur, dan cepat. Dengan begitu perusahaan dapat meningkatkan pengambilan keputusan pada semua pihak yang ada dalam jaringan rantai pasokan tersebut.

Kehadiran rantai pasokan digital juga mampu menyesuaikan kebutuhan pasa di masa mendatang. Semakin tinggi tuntutan konsumen, maka perusahaan perlu memiliki sistem yang menunjang proses produksi menjadi lebih efisien, akurat, dan fleksibel.

Manajemen ini juga memungkinkan berbagai sektor dan elemen untuk mengakses data yang sebelumnya sudah disimpan secara langsung. Keuntungan rantai pasokan digital akan memberi manfaat dalam jangka pendek maupun jangka panjang bagi keberlangsungan perusahaan.

3.1 Soltius Penyedia Jasa Digital Supply Chain

Soltius dirancang khusus untuk memberi solusi tepat bagi semua bisnis. Salah satunya melalui rantai pasokan digital yang akan mengelola perusahaan Anda dengan lebih efisien. Mulai dari keuangan, hubungan pelanggan, penjualan, dan berbagai operasional lainnya.

Soltius juga menawarkan solusi yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan industri di era digital. Ada berbagai macam modul lewat digital supply chain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Inovasi digital ini akan memajukan bisnis Anda untuk menguasai industri 4.0 yang efisien dan cepat. Hubungi CS kami untuk info selengkapnya klik di sini.

Other News

Sep 21, 2021
How the finance function can support the evolving needs of small and midsize org...
Sep 14, 2021
SAP Support Indonesia Pengertian dan Peran SAP untuk Perusahaan | Soltius