span 1 span 2 span 3

Accounting Software Indonesia untuk Perguruan Tinggi dan Tips Memilih

Accounting software Indonesia tidak hanya untuk bisnis. Instansi pendidikan seperti perguruan tinggi dan juga organisasi startup atau waralaba ini membutuhkan manajemen keuangan yang baik dan benar. Dengan banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan membuat akuntansi di perguruan tinggi mengalami kesulitan dalam pemantauan dan kurang fokus dalam pencatatan keuangannya. Meski memiliki staf khusus dalam keuangan menggunakan software ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Pengerjaan secara manual hanya akan menimbulkan risiko seperti data redundan dan human error. Bahkan kesalahan laporan dan juga kecurangan sangat mungkin terjadi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perguruan tinggi membutuhkan accounting software Indonesia:

Bekerja Lebih Cepat

Alasan yang pertama adalah dengan menggunakan accounting software Indonesia ini pekerjaan akuntansi bisa menjadi lebih cepat. Di era yang semakin canggih dan modern seperti saat ini dibutuhkan software dan aplikasi yang canggih pula. Aplikasi akuntansi di dalamnya sudah terdapat sistem dan juga teknologi yang canggih dan terintegrasi sehingga Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk membuat format akuntansi di buku. Hanya dengan klik dan memasukkan data transaksi saja sistem akan menyimpan dan memproses data tersebut untuk Anda.

Lebih Rapi dan Otomatis

Accounting software Indonesia yang Anda gunakan ini akan membuat pembukuan lebih rapi dan proses akuntansi bisa berjalan lebih otomatis. Input transaksi dan pengeluaran menjadi lebih rutin dan juga lebih teliti. Karena dijalankan oleh software format laporan dan pembukuan akan seragam sehingga lebih mudah dipahami. Sistem akan membantu Anda mulai dari proses mencatat, identifikasi sampai dengan menyajikan data berhubungan dengan transaksi. Pembacaan informasi keuangan pun juga lebih mudah sehingga pengambilan keputusan tidak rumit.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Accounting Software Indonesia Terbaik

Hemat Waktu dan Biaya

Dengan menggunakan accounting software ini perguruan tinggi lebih bisa menghemat waktu dan juga biaya. Waktu adalah uang sehingga proses yang menghemat waktu ini akan sangat dianjurkan. Efisiensi akan bisa tercapai jika Anda menggunakan sedikit sumber daya untuk bisa menghasilkan output yang jauh lebih banyak. Banyaknya akuntan yang dipekerjakan untuk menangani akuntansi ini akan membuat biaya yang dikeluarkan membengkak terutama bagi perguruan tinggi yang budget terbatas. Selain itu dengan software ini proses-proses yang tidak perlu bisa dihilangkan sehingga akan jauh lebih hemat.

Data Lebih Aman

Data adalah asset bagi perusahan maupun instansi oleh sebab itu data harus dilindungi. Dengan menggunakan software ini data akan menjadi lebih aman, berbeda dengan cara manual yang mana memungkinkan data yang disimpan tersebut hilang bahkan bocor ke pihak lainnya.  Kemungkinan berkas rusak juga sangat mungkin terjadi sehingga penggunaan software ini akan sangat menguntungkan.

Laporan yang Lebih Jelas

Membuat laporan keuangan ini sangat banyak dan juga membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih lagi jika dilakukan dengan cara manual. Belum lagi adanya human error membuat laporan keuangan menjadi tidak akurat. Dengan menggunakan software akuntansi ini Anda bisa memasukkan data ke sistem lebih mudah dan Anda bisa membuat laporan secara cepat dan akurat. Anda pun bisa membuat model laporan seperti yang diinginkan sehingga laporan Anda tidak monoton. 

Tips Memilih

Memilih software akuntansi untuk perguruan tinggi ini sedikit berbeda dengan perusahaan sehingga Anda harus bisa memilih software yang benar-benar tepat.  Lakukan  beberapa tips agar software yang dipilih ini tepat. Tips yang pertama adalah sesuaikan dengan budget pilihlah yang sesuai dengan finansial instansi Anda. Tips selanjutnya adalah pilih yang sistem di dalamnya bisa disesuaikan dengan sistem pembayaran atau keuangan di perguruan tinggi Anda. Yang terakhir adalah pilih vendor yang berpengalaman dan juga kredibel agar mereka mampu memberikan full support kepada Anda.

Saat ini sudah tidak bisa mengandalkan cara manual namun harus bisa menggunakan teknologi. Bagi perguruan tinggi yang masih menggunakan cara manual mulailah mengimplementasikan accounting software Indonesia ini agar proses akuntansi bisa berjalan lebih cepat dan akurat.

 

Artikel Lainya: Keunggulan Accounting Software Indonesia VS Akuntansi Konvensional

Other News

Jul 28, 2020
5 Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit
Jul 28, 2020
Tips Memilih Payroll Software Indonesia di Era New Normal