span 1 span 2 span 3

Big Data dan Manfaatnya

Perkembangan big data Indonesia akhir-akhir ini terus meningkat. Penggunaannya hampir menyeluruh dan menyentuh segala aspek industri yang berjalan. Mulai dari industri kesehatan, layanan kesehatan, marketing, retail, hingga telekomunikasi dan asuransi. Peningkatan tersebut bukannya tanpa alasan. Fungsi utama yang ditawarkan big data dengan mengolah informasi dari pelanggan dan menyajikannya langsung kepada pengusaha jelas membuat pengusaha lebih mengetahui kondisi pasar dan mengenal lebih baik konsumennya. Sebenarnya big data sendiri bukan tentang seberapa besar data yang dimiliki, namun lebih kepada pengumpulan data secara tepat dan signifikan sehingga hasil pengolahannya bisa dijadikan referensi atau acuan terhadap keputusan bisnis yang dijalankan. Bagi anda yang sedang mencari tahu apa sebenarnya big data Indonesia serta manfaat-manfaatnya, anda bisa menyimak artikel ini selanjutnya.

Mengenal Big Data Indonesia

Jika berbicara big data dalam bisnis, maka bisa dipahami sebagai istilah yang menggambarkan sekumpulan data yang besar dan terstruktur. Meskipun volume yang dimiliki big data juga besar, namun penekanan istilah ini terdapat pada kecepatan dan ketepatan proses pengolahan datanya sehingga data bisa disajikan secara terorganisir untuk keperluan analisis.

Dalam dunia bisnis, big data digunakan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari setiap transaksi yang terjadi. Informasi-informasi ini nantinya bisa anda gunakan sebagai senjata untuk mengenal kebutuhan konsumen dan menjadi lebih dekat. Tentu saja pengetahuan akan informasi ini juga akan membantu anda dalam menentukan strategi apa yang akan anda terapkan dalam bisnis.

Big data sendiri terdiri dari tiga komponen penting yang menyusunnya yaitu volume, kecepatan, dan variasi. Berikut adalah detailnya masing-masing.

  • Volume

Komponen ini memfungsikan big data sebagai pengumpul data dari berbagai sumber. Data tersebut bisa saja berupa transaksi bisnis, media sosial, hingga data yang didapatkan secara otomatis dari sensor mesin.

  • Kecepatan

Dengan banyaknya data yang masuk, maka dibutuhkan kecepatan tinggi untuk mengatasi arusnya. Data-data tersebut nantinya akan didistribusikan secara tepat baik melalui pemrosesan hardware maupun software supaya bisa langsung disajikan secara real-time.

  • Variasi

Komponen ini menunjukkan bahwa data yang didapatkan bisa berupa variasi-variasi. Baik yang terstruktur maupun tidak. Bentuknya bermacam-macam seperti data numerik dalam database, data dokumen, email, video, audio, transaksi keuangan, dan lain-lain.

Lalu apa manfaat menggunakan big data bagi bisnis anda?

Manfaat Big Data bagi Bisnis

  • Mengenal Pelanggan dengan Lebih Baik

Dengan mengaplikasikan big data, artinya anda mengumpulkan seluruh informasi terkait pelanggan yang membeli produk anda. Mengerti pelanggan anda adalah cara bagaimana anda menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Mungkin analisis pasar yang anda miliki saat ini bisa mengatakan bahwa bisnis anda sudah menyasar pangsa pasar yang tepat. Namun dengan big data, fakta di lapangan yang berbicara.

  • Membangun Strategi Marketing yang Efektif

Dengan data yang dimiliki, tentu anda bisa dengan mudah membangun strategi marketing yang efektif dan menjangkau setiap konsumen sesuai dengan segmen pasar anda. Anda juga terhindar dari risiko menyusutnya pangsa pasar karena hubungan dengan konsumen sudah terbangun sebelumnya. Risiko-risiko lain juga akan berkurang seiring dengan penerapan strategi yang tepat tersebut. Sedangkan untuk big data Indonesia sendiri saat ini juga sudah berkembang dengan fitur-fitur lain yang tentunya sangat berguna bagi bisnis anda.

Untuk itu, Soltius Indonesia hadir untuk memberikan solusi dalam membantu penerapan dan pengembangan Big Data Indonesia. Pelajari Lebih lanjut dengan mengklik link berikut : https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/data-management

 

Baca juga artikel Big Data Indonesia:

Apa itu Big Data Indonesia?

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan