span 1 span 2 span 3

Contoh Penerapan Big Data dalam Berbagai Sektor

Contoh penerapan Big Data – Berbicara tentang teknologi saat ini memang tidak akan ada habisnya.  Anda yang sering mengikuti update tentang teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Big Data. Big Data ini merupakan terobosan baru dalam teknologi pengolahan, penyimpanan maupun analisis yang berasal dari berbagai sumber dengan jumlah maupun ukuran yang besar. 

Saat ini implementasi Big Data sudah ada di berbagai lini bisnis. Big Data ini tidak hanya berkutat pada besarnya data namun data tersebut juga dianalisis untuk bisa membantu dalam mengambil keputusan dan juga strategi di dalam bisnis supaya tidak menjadi keliru. 

Penerapan Big Data

Jika sebelumnya dibahas tentang penerapan Big Data dalam bisnis startup pada kesempatan kali ini akan dibahas penerapan Big Data pada bidang lainnya. Big Data ini tidak hanya bermanfaat atau digunakan dalam bisnis saja namun di bidang lainnya juga banyak digunakan. Simak beberapa contoh penerapan Big Data yang menarik untuk Anda simak berikut ini:

Pajak

Contoh penerapan Big Data yang pertama adalah dalam bidang pajak. Big Data ini bisa meningkatkan pendapatan pajak negara. Kesadaran masyarakat terhadap wajib pajak masih kurang. Hal tersebut membuat ditjen pajak tidak mampu memenuhi target seperti yang diharapkan. Dengan mengimplementasikan dan menerapkan Big Data ini ditjen pajak mampu mengambil data dari silsilah keluarga kemudian bisa mengetahui barang apa saja yang dimiliki. 

Baca Juga: 4 Contoh Penerapan Big Data dalam Bisnis

Data lainnya yang bisa diambil oleh Big Data adalah jumlah kekayaan yang dimiliki, akun rekening bank dan juga jenis pajak yang belum maupun sudah dibayar semuanya akan bisa ditampilkan satu. Ditjen akan mudah dalam mengecek apakah sudah membayar pajak atau belum.

Sektor Kesehatan

Penerapan Big Data selanjutnya dalam sektor kesehatan. Setiap klinik, puskesmas maupun rumah sakit menggunakan software yang berbeda dalam pencatatan pasien. Hal tersebut membuat data yang dikirimkan ke Dinas Kesehatan juga berbeda tergantung jenis software yang digunakan. Dengan penerapan Big Data ini semua informasi kesehatan bisa terpusat sehingga mudah diolah dan juga dianalisa untuk bisa mengetahui seperti apa kesehatan penduduk yang ada di Indonesia ini.

Agrikultur

Indonesia menjadi negara agraris, hal tersebut ditunjukkan dengan lahan pertanian yang luas. Big Data ini juga bermanfaat dalam bidang pertanian sehingga dengan adanya Big Data diharapkan taraf hidup petani menjadi lebih meningkat. 

Dalam bidang agrikultur ini akan melakukan riset di lahan pertanian dengan mengambil foto yang berhubungan dengan kualitas tanah, cuaca, pertumbuhan tinggi tanaman dan sebagainya. Nantinya data tersebut akan di entry ke dalam Big Data dan dilakukan analisis. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk membantu petani dalam meningkatkan produktivitasnya.

Artikel Lainnya: Apa itu Big Data Indonesia?

Transportasi

Big Data juga diterapkan dalam bidang transportasi. Kemacetan sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan di kota besar Indonesia. Dengan data di GPS yang dimiliki oleh kendaraan warga kota bisa dilakukan konversi menjadi kecepatan, percepatan dan juga durasi berhenti. Selain itu juga dilakukan konversi yang lainnya. Data konversi tersebut bisa gunakan untuk memberikan rekomendasi kapan waktu terbaik untuk berkendaraan dan waktu buruk di perjalanan kepada masyarakat.

Big Data menjadi teknologi canggih yang saat ini dimanfaatkan dalam berbagai aspek.  Kebanyakan Big Data diaplikasikan ke dalam bisnis untuk membantu bisnis bergerak lebih cepat dibandingkan dengan kompetitor. Big Data yang diterapkan dalam  bisnis bisa membantu bisnis Anda mengambil keputusan lebih cepat dan juga akurat. Teknologi ini bisa memberikan real time analytic yang tepat sehingga bisnis Anda akan semakin tampil lebih percaya diri.

Untuk memberikan solusi Big Data terbaik di bisnis, Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS. Kami merupakan perusahaan penyedia IT terbaik yang mampu memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda.  Semoga beberapa contoh penerapan Big Data diatas bermanfaat untuk Anda, hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/data-management

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
May 10, 2024
Peran Aplikasi atau Software HRIS Online dalam Pengoptimalan Produktivitas Karya...