span 1 span 2 span 3

Human Capital Management (HCM) | Cloud HR Software – SOLTIUS

Human Capital Management (HCM) menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi. Terlebih lagi di telinga HR professional. Sayangnya di telinga orang awam, masih banyak yang belum tahu apa itu HCM dan fungsinya bagi perusahaan. HCM sendiri merupakan bentuk manajemen sumber daya yang ruang lingkupnya dalam hal pekerjaan, akuisisi dan pengembangan karyawan yang jauh lebih efektif.

Pada prinsipnya, HCM maupun HR digunakan sebagai salah satu divisi atau bagian satuan kerja yang mengurus SDM di perusahaan mulai dari rekrutmen, pengembangan, pengelolaan hingga pemecatan. Meski demikian, ada perbedaan mendasar pada HR dan HCM. Agar Anda mengetahui Human Capital Management (HCM) lebih detail simak beberapa informasi di bawah ini ya!

 

Fungsi Human Capital

Fungsi Human Capital Management (HCM) adalah merancang strategi yang bertujuan membangun engagement. Human Capital juga punya fungsi meningkatkan loyalitas karyawan dan menurunkan turnover. Human capital secara jelas menjalankan beberapa fungsi tersebut sebab ada kerugian besar jika aset atau investasi yang ditanam di perusahaan tidak bisa berkembang dan justru meninggalkan perusahaan.

Dengan menggunakan human capital, karyawan bisa dinilai seperti apa pertumbuhannya dan kontribusi yang diberikan kepada perusahaan seperti apa. Dengan human capital, peningkatan keahlian secara langsung bisa dilakukan sehingga membuat perubahan dan perkembangan organisasi atau perusahaan. Secara garis besar human capital mampu mengelola dan mengembangkan talenta yang dimiliki demi kebaikan perusahaan.

Baca Juga : Apa yang harus anda ketahui tentang Manfaat Aplikasi HRD Berbasis Cloud

Manfaat Human Capital Management

Jika perusahaan Anda belum mengimplementasikan human capital management sangat disayangkan sekali. Hal itu karena HCM membawa banyak manfaat untuk perusahaan Anda seperti berikut ini:

  1. Tingkatkan Retensi Karyawan

Manfaat HCM yang pertama adalah meningkatkan retensi dan engagement karyawan. Umumnya karyawan merasa dirinya tidak dihargai jika tidak punya kesempatan untuk tumbuh dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Padahal potensi karyawan juga sangat dibutuhkan perusahaan untuk membuat berkembang menjadi lebih baik lagi.  Tidak heran jika banyak karyawan yang meninggalkan posisi mereka karena tidak ada kesempatan berkembang.

  1. Tingkatkan ROI

Tanpa disadari, setiap perusahaan berinvestasi dalam sumber daya manusia melalui gaji dan tunjangan karyawan. HCM memiliki strategi investasi pada SDM sangat berdampak positif pada perkembangan organisasi bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi tersebut disebut dengan ROI. Investasi sendiri mampu memberikan keterampilan dan keahlian baru bagi karyawan sehingga produktivitas, inovasi, daya saing dan profit karyawan bisa meningkat.

  1. Budaya Organisasi Lebih Kuat

Kepuasan dan keterlibatan karyawan bisa membuat budaya perusahaan bisa lebih positif. Dengan HCM karyawan bisa belajar dan memiliki kesempatan dalam mengembangkan karir sehingga bisa menikmati pekerjaan di perusahaan. Dengan adanya budaya positif tersebut karyawan bisa lebih terlibat, merasa bahagia dan produktivitas kerja meningkat. 

  1. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Manfaat utama dari HCM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Menurut survey yang dilakukan, sebanyak 42% dari 600 karyawan mengatakan komitmen perusahaan terhadap pengembangan profesional sangat penting bagi kepuasan kerja. Oleh sebab itu, kebutuhan program pelatihan dan pengembangan karir sama pentingnya dengan kompensasi karyawan. Saat karyawan merasa tempat kerja peduli dengan pengembangan karir, karyawan bisa lebih puas dengan pekerjaan mereka.

 

Setelah membaca artikel diatas, kini Anda tahu betapa pentingnya human capital management di perusahaan bisnis Anda. Untuk mendapatkan manfaat seperti yang diharapkan, Anda bisa menggunakan Human Capital Management (HCM) berkualitas dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Anda bisa mempercayakan HCM Anda pada SOLTIUS. Perusahaan penyedia solusi IT yang satu ini mampu memberikan solusi IT terbaik bagi perusahaan Anda.  SOLTIUS terbukti banyak membantu perusahaan lebih berkembang bahkan lebih terintegrasi. Gunakan jasa SOLTIUS untuk human capital management yang lebih efektif dan efisien, klik link ini untuk informasi produk lebih detail.

 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia