span 1 span 2 span 3

Kemampuan Advanced Supply Chain Planning Software dan Keuntungannya

Advanced Supply Chain Planning diperlukan untuk melakukan perencanaan rantai pasokan lanjutan. Rantai pasokan lanjutan ini perlu sebagai upaya tindak lanjut rantai pasokan yang telah dilakukan oleh perusahaan selama ini. Perencanaan rantai pasokan lanjutan ini juga digunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi saat rantai pasokan tersebut berlangsung. Rantai pasokan lanjutan ini merupakan tindak lanjut dari tingkat kepuasan konsumen. Saat konsumen kurang puas dengan pengiriman yang dilakukan ini sudah seharusnya perusahaan melakukan evaluasi dan juga melalukan perbaikan pada proses rantai pasokan selanjutnya agar kepuasan konsumen semakin meningkat.

Untuk melakukan perencanaan rantai pasokan lanjutan yang secara efektif dan efisien Anda membutuhkan software yang dilengkapi sistem canggih. Software tersebut juga memiliki berbagai macam komponen yang bisa Anda manfaatkan untuk menindaklanjuti dan merencanakan rantai pasokan lanjutan Anda. 

Keuntungan

Akan ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengimplementasikan advanced supply chain planning software ini. Keuntungan yang pertama adalah Anda akan bisa membangun dan menjalankan rantai pasokan secara cepat. Software perencanaan rantai pasokan lanjutan ini juga akan mampu merencanakan sumber daya secara efektif. Anda akan mampu mengoptimalkan dan mengefisiensikan sumber daya dengan membuat rencana pasokan sesuai dengan tuntutan prioritas, alokasi, dan juga kendala rantai pasokan.

Kemampuan Utama Advanced Supply Chain Planning

Meningkatkan efisiensi rantai pasokan menjadi strategi bisnis atau perusahaan Anda sehingga diperlukan upaya lanjutan untuk bisa menjalankan rantai pasokan lanjutan lebih optimal. Anda bisa menggunakan bantuan software yang canggih yang memiliki berbagai macam kemampuan utama seperti berikut ini:

1.    Merencanakan permintaan

Kemampuan utama yang pertama adalah merencanakan permintaan. Perusahaan bisnis Anda bisa membuat perkiraan permintaan pasar untuk produk perusahaan. Rencana permintaan ini dibuat dengan melihat riwayat permintaan dan sejumlah faktor-faktor penyebab. Anda akan meliat transparansi permintaan penuh baik jangka pendek maupun jangka panjang. Permintaan secara statistik dan teknik makro canggih akan membuat Anda semakin mudah dalam memprediksikan permintaan. 

2.    Optimalisasi inventaris

Kemampuan selanjutnya adalah optimalisasi inventaris. Anda bisa menetapkan inventaris optimal yang memungkinkan Anda untuk bisa memaksimalkan laba sambil meninggalkan stock yang bisa membantu Anda dalam memenuhi permintaan yang tidak terduga.

Baca Juga: Peran Advanced Supply Chain Planning dan Kegunaannya untuk Bisnis

3.    Rencana jaringan pasokan

Kemampuan utama software advanced supply chain planning selanjutnya adalah merencanakan rantai jaringan pasokan. Dengan kemampuan yang dimilikinya ini Anda akan bisa mengintegrasikan pembelian, produksi, distribusi, dan juga transportasi dengan perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk disimulasikan atau di implementasikan. Perencanaan jaringan pasokan ini menggunakan teknik optimalisasi yang canggih sesuai dengan kendala dan juga penalti. Dengan begini akan menghasilkan keputusan pembelian, produksi, dan juga distribusi yang optimal. Selain itu akan mengurangi waktu pemenuhan pesanan dan juga tingkat persediaan.

4.    Perencanaan penjualan dan operasi

Advanced supply chain planning software ini juga dibekali kemampuan utama untuk bisa menyelaraskan rencana penjualan dan operasi dengan strategi yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan kemampuan ini perusahaan mampu menumbuhkan pendapatan, meningkatkan pangsa pasar, dan juga bisa mencapai target keuangan.  

5.    Respons dan perencanaan pasokan

Perencanaan rantai pasokan lanjutan ini juga bisa beradaptasi secara cepat dengan perubahan permintaan dan mempertimbangkan dampaknya di seluruh rantai pasokan termasuk produksi, distribusi, dan pengadaan. Anda akan bisa mendukung perencanaan pasokan strategis, taktis, dan juga operasional hanya dengan satu solusi. Selain itu juga mampu merencanakan secara efektif dengan menggunakan simulasi, skenario, dan juga analisis sesuai dengan faktor pengelompokannya. Dengan kemampuan tersebut perusahaan Anda akan mampu melakukan alokasi sumber daya untuk melayani pelanggan yang lebih optimal.

Demikianlah beberapa keuntungan dan juga kemampuan utama dari advanced supply chain planning yang menarik untuk diketahui semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

Other News

Jul 28, 2020
5 Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit
Jul 28, 2020
Tips Memilih Payroll Software Indonesia di Era New Normal