span 1 span 2 span 3

Lebih Dekat dengan Sistem SAP

Saat berbicara mengenai sistem SAP, maka saatnya berbicara tentang salah satu aplikasi perkantoran yang paling banyak dipakai. SAP sebagai bagian dari salah satu aplikasi pendukung operasional kantor atau lebih sering disebut ERP (Enterprise Resource Planning) berhasil mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggunanya. Dengan mengusung misi mengoptimalkan setiap kegiatan operasional perusahaan sehari-hari, sistem SAP mampu mengintegrasikan masing-masing divisi di perusahaan hingga produktivitas dan efisiensi kinerja perusahaan meningkat. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan bagi perusahaan karena sanggup mendorong perusahaan untuk mencapai target yang diinginkan. Untuk lebih memahami apa itu sistem SAP, silakan simak penjelasannya di bawah ini. 

Mengenal Sistem SAP 

SAP yang merupakan akronim dari System Application and Processing adalah sekumpulan modul aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. SAP bekerja dengan cara memasukkan data dari setiap modul yang sudah diintegrasikan sebelumnya. Modul-modul tersebut tersebar di berbagai divisi di perusahaan, mulai dari stok bahan baku, proses distribusi, hingga menghitung jumlah laba penjualan. Semua data tersebut dikumpulkan dan siap di monitor kapan pun anda mau. 

Dari pengertian tersebut sudah jelas bahwa tujuan utama penggunaan SAP adalah untuk otomasi semua proses kegiatan yang terjadi di perusahaan. Mungkin saat ini anda masih memercayakan karyawan untuk masing-masing divisi yang ada di perusahaan anda. Kemudian divisi-divisi tersebut harus melaporkan kegiatannya setiap hari. Tentu cara tersebut sudah tidak efisien lagi. Apalagi jika perusahaan yang anda pimpin adalah sebuah perusahaan besar dengan banyak divisi di dalamnya. Selain anda harus mengeluarkan biaya perbulan untuk menggaji karyawan divisi-divisi anda, kesalahan saat membuat laporan juga tidak bisa dihindarkan. Maka penggunaan SAP adalah alternatif terbaik untuk mendapatkan efisiensi tenaga, waktu, dan biaya demi tercapainya target perusahaan anda. 

BACA JUGA : Seberapa Penting Sistem SAP untuk Perusahaan.

SAP di Indonesia 

Penggunaan sistem SAP di Indonesia sendiri saat ini sudah sangat jamak dilakukan, terutama oleh perusahaan-perusahaan skala besar. Perusahaan besar pertama yang tercatat menggunakan sistem SAP di Indonesia adalah Astra Internasional pada sekitaran tahun 1996 lalu. Hingga saat ini, perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bentoel Prima, United Tractor, Daihatsu Motor, Pertamina, Aqua, Telkomsel, hingga Auto 2000 juga sudah menerapkan sistem SAP untuk efisiensi. Beberapa perusahaan tidak menggunakan modul secara lengkap. Ada perusahaan yang menggunakan modul akuntansi SAP saja, ada yang menerapkan modul sales and distribution, dan modul-modul lainnya. Semuanya demi mendapatkan data yang terotomasi sehingga efisiensi dan produktivitas meningkat. 

Keuntungan Sistem SAP 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengimplementasikan sistem Sap dalam perusahaan anda. 

  • Real Time Processing 

Saat anda menginput data di satu divisi, maka SAP yang sudah terintegrasi secara otomatis akan memperbarui data di divisi lain. Sebagai contoh, jika anda memasukkan data di hasil penjualan, maka otomatis data di bagian stok produk akan berkurang. Tentu saja keuntungan seperti ini sangat menunjang kemajuan bisnis anda. 

  • Integrasi Penuh 

Data yang ada di dalam server bisa dengan mudah terhubung dengan berbagai divisi untuk membuat perhitungan selanjutnya. Semua data sudah saling terhubung dan kemungkinan terjadinya kesalahan juga semakin minim. 

  • Transparansi Data 

Sistem SAP akan menyediakan data yang dibutuhkan oleh masing-masing pengguna di setiap divisi. Semua data yang ditampilkan pun selalu diperbarui tergantung dari mana user divisi lain memasukkan datanya. 

Demikianlah informasi seputar sistem SAP yang bisa anda ketahui. Anda juga dapat mengetahui lebih jauh lagi mengenai sistam SAP dari SOLTIUS Indonesia dengan mengunjungi link berikut ini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/sistem-sap-business-one 

Artikel Menarik Lainnya : Mari Mengenal Sistem SAP & Manfaatnya.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan