span 1 span 2 span 3

Manfaat Big Data Indonesia untuk Bisnis E-commerce di Masa Pandemi

Tentu semua sudah tidak asing lagi dengan big data Indonesia. Big data ini tidak hanya populer di Indonesia saja namun juga di seluruh dunia. Di masa pandemi seperti saat ini big data banyak digunakan agar virus tidak semakin menyebar luas. Big data sendiri sudah di aplikasikan ke beberapa negara seperti Singapura dan Korea Selatan.  Bahkan keberhasilan China dalam membasmi wabah virus Corona ini tidak terlepas dari sistem canggih yang dimilikinya.

Korea Selatan sendiri telah menggunakan big data untuk mendeteksi lokasi dan juga akan mengirimkan peringatan jika berada di dekat pasien Covd-19.
Memang big data Indonesia ini belum digunakan untuk mengatasi wabah corona yang ada di sini, namun sangat bermanfaat khususnya bagi bisnis yang harus bisa bertahan di tengah pandemi. Di saat seperti ini pola belanja masyarakat berubah sehingga pebisnis harus memahami perubahan tren tersebut. Salah satu bisnis yang tepat untuk Anda jalankan di masa pandemi adalah e-commerce. 

Manfaat Big Data untuk E-commerce

Di dunia e-commerce, big data Indonesia ini memegang peran yang sangat penting mulai dari analisis konsumen sampai dengan inovasi produk. Analisis ini bermanfaat untuk memberikan  framework yang secara keseluruhan seperti profil konsumen dan potensi apa saja yang bisa digali dari konsumen tersebut. Implementasinya data konsumen dikumpulkan dan interaksi mereka yang dilakukan di website e-commerce kemudian di analisis agar penjualan semakin maksimal.  Ada beberapa manfaat implementasi big data untuk memaksimalkan strategi e-commerce seperti berikut ini:

1.    Meningkatkan pengalaman belanja

Big data akan bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan pengalaman belanja yang memuaskan. Sebagai contohnya adalah konsumen berkunjung ke sebuah website dimana mereka tidak berniat langsung berbelanja namun hanya mencari insight produk apa yang kira-kira mereka butuhkan. Dengan data, pelaku e-commerce juga bisa memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan minat konsumen dan disesuaikan dengan riwayat pencariannya.  Big data juga mampu mengevaluasi alur belanja konsumen mulai dari datang sampai keluar website.

Baca Juga: Fakta Big Data Indonesia yang Jarang Diketahui

2.    Personalisasi belanja

Big data juga bisa melakukan personalisasi belanja berdasarkan dengan minat si konsumen. Sejalan dengan peningkatan pengalaman belanja, data yang terkumpul di platform e-commerce akan mampu memberikan Anda strategi promosi yang berjalan lebih efektif dengan melakukan personalisasi belanja. Misalnya data riwayat belanja konsumen ini dilakukan analisis masuk ke dalam kategori produk apa, dari analisis tersebut ditemukan data jika konsumen menyukai barang dengan diskon yang besar maka Anda bisa memberikan diskon yang relevan kepada konsumen bagi produk yang terdaftar.

3.    Meningkatkan inovasi e-commerce

Manfaat big data Indonesia selanjutnya adalah meningkatkan inovasi e-commerce. Inovasi ini merupakan harga mati bagi setiap bisnis agar tetap fleksibel terhadap perubahan tren. Inovasi ini juga digunakan untuk membuat konsumen tetal loyal terhadap bisnis Anda. Dengan analisis big data ini Anda bisa melihat kecenderungan perilaku konsumen dalam waktu-waktu tertentu sehingga hal ini bisa Anda manfaatkan untuk berinovasi.

Contohnya selama ini diskon konvensional hanya berupa potongan harga, namun saat ini bisa diberikan ke bentuk-bentuk inovatif yang lebih menarik seperti cashback, flash sale, kuis sampai dengan games.  Dengan big data Anda bisa berinovasi lebih dalam bisnis Anda, tidak monoton yang membuat konsumen jenuh dan berpindah ke lainnya.

Di masa pandemi ini selain Anda harus terus menggerakkan roda bisnis, Anda juga di tuntut untuk bisa mengubah strategi bisnis yang Anda terapkan sebelumnya. Sedangkan Indonesia sendiri merupakan negara dengan pasar online terbesar di Asia Tenggara sehingga persaingan akan sangat ketat dan tuntutan bisnis semakin berat, sehingga membuat Anda harus mulai menggunakan big data. Big data Indonesia akan mampu membantu bisnis Anda melakukan inovasi dan melakukan analisis-analisis yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Apa itu Big Data Indonesia?

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan