span 1 span 2 span 3

Pengertian Software ERP Indonesia dan Keuntungan Penggunaannya

Software ERP Indonesia - ERP yang merupakan akronim dari Enterprise Resourceful Planing hadir sebagai alat otomasi yang memonitor seluruh kegiatan perusahaan supaya semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana perusahaan dan terstruktur. Saat sebuah perusahaan bertumbuh menjadi perusahaan besar, manajemen akan menyentuh hal-hal terkecil seperti pengadaan bahan baku, logistik, perawatan, hingga manajemen karyawan. Tentu saja semuanya butuh untuk diseragamkan dan di integrasi menjadi satu kesatuan supaya perusahaan bisa berjalan sesuai dengan tujuan dan prospek bisnis yang direncanakan. Nah, di poin inilah ERP dibutuhkan. ERP sendiri saat ini sudah banyak dikembangkan. Bahkan beberapa perusahaan secara profesional menyediakan software ERP Indonesia yang bisa disesuaikan dengan karakteristik perusahaan anda. Jika anda belum mengerti dengan jelas tentang ERP serta kegunaannya bagi perusahaan anda, maka anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini. 

Apa itu ERP? 

Jika dilihat dari asal katanya, maka ERP bisa merujuk pada sebuah konsep perencanaan serta pengelolaan semua sumber daya yang ada di sebuah perusahaan. ERP dalam hal ini diwujudkan dalam bentuk paket aplikasi program atau software yang terintegrasi serta dirancang untuk mendukung dan melayani berbagai fungsi dalam perusahaan. ERP digunakan sebagai langkah otomasi supaya kegiatan manajemen setiap divisi atau bagian dalam perusahaan menjadi lebih efisien dari sebelumnya. Efisiensi inilah yang nantinya akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang menerapkan ERP. 

Software ERP masuk dalam kategori Back Office System di mana aplikasi ini tidak akan melaksanakan perintah yang berkenaan langsung dengan konsumen seperti aplikasi e-Commerce, Costumer Relationship Management, dan lain lain, melainkan hanya menjalankan sistem perusahaan dari belakang layar saja. ERP biasanya menangani masalah General Logistic, Sales and Distribution, Materials Management, Logistics Execution, Quality Management, Plant Maintenance, Customer Service, Production Planning and Control, hingga Environtment Management. 

Lalu apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan software ERP? 

Keuntungan Penggunaan Software ERP 

Integrasi Bisnis dan Data yang Lebih Baik 

Anda bisa mengatakan ERP adalah sebuah struktur yang mengatur semua kebutuhan manajemen kantor anda secara otomatis. ERP terdiri dari bermacam-macam modul dan sub-modul yang saling terintegrasi. Jadi sebagai contoh, jika anda memasukkan data pada modul jumlah barang baku, maka modul lain seperti produksi dan biayanya juga akan terbarui secara otomatis. Anda tidak perlu melakukan input data secara manual untuk masing-masing modul lagi. 

BACA JUGA : Ini Dia Software Indonesia SOLTIUS.

Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi 

Selain mengatur otomasi data pada bermacam-macam modul di perusahaan anda, software ERP juga menyediakan fitur-fitur yang mendukung pengambilan keputusan yang baik bagi perusahaan. Fitur-fitur tersebut hadir dalam bentuk alat perencanaan dan alat simulasi yang menyajikan laporan terbaru seputar rencana perusahaan yang bisa di akses kapan pun anda membutuhkannya. 

Masih banyak lagi manfaat ERP yang bisa anda dapatkan seperti pembentukan standarisasi pabrik, hingga peningkatan produktivitas dan efisiensi. 

Lalu bagaimana memilih software ERP Indonesia yang tepat? 

Software ERP Indonesia 

Pilihan ERP yang kurang tepat tidak akan mendatangkan keuntungan pada perusahaan anda. Memilih ERP yang tepat bagi perusahaan anda bisa diibaratkan layaknya merekrut karyawan baru yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan yang anda butuhkan. Menggunakan ERP adalah masalah kesesuaian dengan profil perusahaan yang anda miliki. Maka sebaiknya rencanakan tentang penggunaan ERP untuk menghindari risiko di masa mendatang.

Mengingat pentingnya software ERP bagi perusahaan Anda, maka seharusnya Anda tidak salah pilih. Oleh karena itu SOLTIUS Indonesia hadir untuk membantu Anda memberikan wawasan software ERP yang tepat untuk perusahaan Anda. Sederhanakan pekerjaan dengan satu sistem SAP untuk mengelola keseluruhan bisnis Anda, informasi lebih lanjut, klik link berikut ini : https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/software-erp-sap-business-one

Artikel Menarik Lainnya : https://www.soltius.co.id/id/

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia