span 1 span 2 span 3

Peran Advanced Supply Chain Planning dan Kegunaannya untuk Bisnis

Advanced supply chain planning – SCM atau yang biasa disebut dengan supply chain management menjadi serangkaian kegiatan yang meliputi koordinasi, penjadwalan, dan juga pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan, maupun pengiriman  produk kepada pelanggan atau jasa. Dalam SCM ini diperlukan perhatian khusus yang mana pihak pemasok dan juga distributor produk ini bisa mengantarkan barang sampai ke konsumen tanpa halangan suatu apapun. Jika tidak di manajemen dengan baik, tentu proses pengiriman barang ke konsumen ini menjadi tidak tepat waktu. Tidak hanya itu saja barang yang dikirimkan bisa dalam kondisi tidak bagus karena visibilitas proses rantai pasokan yang kurang.

Peran dalam Bisnis

Saat barang sudah sampai ke tangan konsumen banyak yang kemudian menganggap jika rantai pasokan tersebut telah selesai. Padahal hal tersebut tidak benar, bisnis membutuhkan advanced supply chain planning yang mana berguna dalam menindaklanjuti rantai pasokan yang telah bisnis Anda lakukan. Dengan perencanaan rantai pasokan lanjutan tersebut bisnis Anda jadi tahu apa yang harus bisnis Anda perbaiki untuk melakukan proses rantai pasokan selanjutnya. 

Peran lainnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan advanced supply chain planning ini adalah memastikan jika setiap proses rantai pasokan berjala dengan baik, melakukan integrasi bisnis secara menyeluruh, dan memperbaiki hambatan dalam proses rantai pasokan dengan cepat dan tepat. 

Kegunaan

Ada beberapa kegunaan dari perencanaan rantai pasokan lanjutan yang menarik untuk Anda simak berikut ini:

1.    Feedback

Kegunaan yang pertama adalah menghasilkan feedback. Feedback ini sangat penting karena dengan mengetahui tanggapan dan kesan pelanggan atau konsumen bisnis Anda jadi tahu apa yang harus diperbaiki dalam melayani konsumen tersebut. Tidak hanya itu saja, dengan adanya perencanaan rantai pasokan yang baik Anda jadi tahu kelemahan dan kekuatan yang dimiliki saat menjalankan proses rantai pasokan tersebut.

Baca Juga: Kemudahan dan Tips Memilih Advanced Supply Chain Planning Software

2.    Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya perencanaan rantai pasokan lanjutan bisnis bisa meningkatkan produktivitas. Produktivitas ini akan meningkat jika feedback tersebut berhasil di analisis kemudian menghasilkan informasi yang penting untuk rantai pasokan.  Jika setelah banyak yang memberikan feedback diketahui ada kendala koordinasi maka bisa dilakukan perbaikan sesegera mungkin sehingga kesalahan atau kendala tersebut tidak akan di ulangi lagi. Tidak hanya itu saja perencanaan rantai pasokan lanjutan ini juga akan membuat komunikasi dan juga meningkatkan kerja sama yang baik antar team sehingga produktivitas meningkat.

Dengan menindaklanjuti feedback yang diberikan bisnis Anda akan jadi tahu seperti apa strategi distribusi barang yang lebih baik. Jika strategi sebelumnya dirasa masih bagus bisnis Anda bisa menggunakan strategi tersebut namun jika kurang efektif bagi bisnis, Anda bisa merencanakan strategi  yang baru sehingga produktivitas lebih meningkat.

3.    Meminimalisir delay

Advanced supply chain planning ini berguna untuk bisa meminimalisir delay time. Delay time ini akan bisa terjadi jika komunikasi di antara divisi tidak mampu berjalan dengan baik. Penyebabnya adalah data yang tidak sinkron dan komunikasi yang buruk. Dengan perencanaan ini bisnis Anda akan bisa mengantisipasi keterlambatan dalam pengiriman barang, proses produksi yang tertunda, dan kesalahan perekaman logistik.  Dengan Anda bisa meminimalisir delay time kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda akan menjadi meningkat.

Dengan implementasi perencanaan rantai pasokan lanjutan ini banyak pebisnis yang mudah menjalankan proses rantai pasokan yang dilakukan pada tahap selanjutnya, mudah membuat dan melakukan jadwal rantai pasokan bisnis dengan baik. Selain itu advanced supply chain planning ini juga akan membuat kerja sama antar divisi menjadi lebih lancar karena komunikasi terjaga dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya: Pentingnya Advanced Supply Chain Planning Untuk Sebuah Perusahaan

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia