span 1 span 2 span 3

Sedang Tren, Ini Dia 3 Contoh Kasus Big Data dalam Kesehatan yang Menarik!

Sedang Tren, Ini Dia 3 Contoh Kasus Big Data dalam Kesehatan yang Menarik!

Contoh kasus Big Data - Big Data merupakan teknologi yang sedang tren. Diperkirakan kedepannya Big Data akan semakin populer. Big Data sendiri merupakan teknologi baru yang mana berisi informasi yang memungkinkan proses pengolahan, penyimpanan dan juga analisis data yang beragam. Data yang beragam tersebut berbeda mulai dari bentuk formatnya, berjumlah besar dan juga pertambahan data yang begitu pesat.

Analisis maupun olah data dalam jumlah besar memerlukan waktu lama. Dengan menggunakan Big Data prosesnya jauh lebih singkat dibandingkan dengan teknologi data sebelumnya seperti MySQL dan sebagainya.

Studi Kasus Big Data dalam Dunia Kesehatan

Tidak hanya pengertian dari Big Data saja yang perlu diketahui namun contoh kasus Big Data dalam bidang kesehatan ini harus Anda ketahui, seperti berikut ini:

Meningkatkan Layanan

Contoh kasus Big Data dalam kesehatan pertama adalah meningkatkan layanan. Rumah sakit menggunakan Hadoop untuk membangun data lake yang digunakan sebagai penyimpanan data utama. Big Data mampu memproses 3000 data feed dengan 45 jenis data setiap harinya. 

Data yang disimpan meliputi tes laborat, data rekam medis, resep dokter, imunisasi, obat, klaim dan juga pembayaran. Big Data juga digunakan untuk menyimpan data berhubungan dengan klaim dari dokter maupun rumah sakit. 

Data digunakan untuk mengambil keputusan dalam meningkatkan pendapatan maupun reimbursement. Pertumbuhan jumlah klien disertai dengan volume data yang sangat pesat membuat infrastruktur tersebut terbebani sehingga Big Data menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga: Contoh Penerapan Big Data dalam Berbagai Sektor

Memantau Kondisi Vital Pasien

Rumah sakit yang ada di seluruh dunia mulai menggunakan Hadoop. Tujuannya agar membantu staf bekerja secara efisien. Tanpa Hadoop, Big Data tidak akan bisa menganalisa data yang tidak terstruktur. 

Sebagai contohnya adalah Children’s Healthcare of Atlanta yang mana merawat lebih dari 6,2 ribu anak di ICU, rata-rata durasi tinggal di ICU ini bervariasi. Ada yang 1 bulan sampai dengan 1 tahun. Rumah sakit menggunakan sensor di samping tempat tidur dimana hal itu berfungsi sebagai pelacak kondisi vital pasien. Misalnya saja adalah  tekanan darah, detak jantung sampai dengan pernafasan.

Sensor ini akan menghasilkan data yang besar. Sistem biasa tidak akan mampu menyimpan data itu lebih dari 3 hari karena terkendala biaya storage.  Padahal rumah sakit membutuhkan data tersebut untuk dianalisis. Jika nantinya ada perubahan pola tim dokter dan asisten akan mendapatkan alert.

Artikel Lainnya: Apa itu Big Data Indonesia?

Big Data untuk Penyalahgunaan dan Penipuan

Penipuan saat ini banyak sekali motif dan modelnya. Setidaknya ada 10% pembayaran asuransi yang terkait klaim palsu. Di seluruh dunia kasus satu ini bisa mencapai nilai miliaran dolar. Sebenarnya klaim palsu ini bukan hal baru. Kompleksitas dari kecurangan asuransi ini semakin meningkat. Hal ini membuat perusahaan asuransi menjadi kewalahan dalam menghadapinya.

Perusahaan asuransi menggunakan Big Data untuk memastikan integritas pembayaran mereka dibayar dengan benar dan tepat waktu. Perusahaan tersebut juga memiliki fokus pada alokasi tabungan sekaligus menerapkan inovasi yang terus memanfaatkan teknologi terbaru.

Dalam pengelolaan tabungan, akan membuat analisis prediktif yang mana digunakan sebagai identifikasi klaim yang tidak akurat secara sistematis. Hadoop yang digunakan bisa menganalisa informasi secara cepat dan akurat dai klaim, plan peserta dan resep. Selain itu juga bisa menganalisa penyedia layanan kesehatan yang dikontrak dan hasil review tim terkait.

Big Data merupakan teknologi canggih yang bisa menampung data dalam jumlah yang besar.  Seperti contoh kasus Big Data yang dijelaskan diatas, dalam implementasinya semua data dalam Big Data volumenya besar dan tidak terstruktur, Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS untuk menerapkan teknologi Big Data secara maksimal di bisnis Anda, dengan implementasi Big Data yang tepat Anda bisa menganalisis semua data berukuran besar, kemudian mengambil keputusan secara cepat dan tepat, hubungi kontak kami untuk berkonsultasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/data-management

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan