span 1 span 2 span 3

4 Manfaat Penerapan Mobile Supply Chain bagi Sebuah Perusahaan

4 Manfaat Penerapan Mobile Supply Chain bagi Sebuah Perusahaan

Mobile Supply Chain kini mulai banyak digunakan oleh perusahaan agar dapat meningkatkan daya saingnya dalam dunia bisnis yang begitu ketat. Mekanisme ini menggunakan sistem perangkat nirkabel dan aplikasi yang beroperasi secara efektif dan efisien. Rantai pasokan semacam ini dapat dijalankan kapanpun dan dimanapun sehingga membuat para pelaku bisnis semakin leluasa dalam mengatur segala aktivitas yang berkaitan dengan penyediaan bahan baku hingga pendistribusiaan barang jadi. Hal ini pada akhirnya menimbulkan suatu kenyamanan akan adanya “mobile-centric” yang mampu memberikan visibilitas pengiriman. Rantai pasokan yang berbasis mobile-centric ini dapat mewujudkan manajemen rantai pasokan yang bersifat real-time. Berikut akan dijelaskan pengertian dan manfaatMobile Supply Chainbagi sebuah perusahaan:

Pengertian Mobile Supply Chain

Mobile Supply Chain dapat diartikan sebagai serangkaian aktivitas yang di dalamnya terdapat proses koordinasi, penjadwalan, pengendalian, dan juga pengelolaan pengadaan bahan mentah, produksi, persedian, serta pengiriman produk kepada para pelanggan dengan memanfaatkan penggunaan teknologi perangkat seluler dan piranti nirkabel lainnya. Mekanisme ini dapat dikelola secara real-time dimanapun dan kapanpun sehingga rantai pasokan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
Mekanisme ini juga dapat diartikan sebagai sistem pendekatan total agar dapat lebih efisien dalam pendistribusian produk atau jasa kepada para konsumen. Mekanisme ini dianggap dapat mengkoordinasikan semua elemen rantai pasokan dengan lebih baik dibandingkan dengan sistem logistik tradisional.

Manfaaat Penerapan Mobile Supply Chain bagi Sebuah Perusahaan

1. Mengelola Proses Rantai Pasokan secara Real-Time

Teknologi seluler yang berkembang dengan begitu pesat seperti sekarang ini dapat menunjang proses rantai pasokan secara real-time. Hal ini membuat semua pihak yang terkait dalam rantai pasokan tersebut dapat memperoleh visibilitas dimanapun dan kapanpun mereka inginkan.Dengan demikian pengelolaan Mobile Supply Chain dapat berjalan dengn lebih efektif dan efisien.

Perangkat seluler telah berkembang secara signifikan selama satu dekade terakhir. Dengan menggunakan telepon seluler, para pelaku bisnis dapat memantau jalannya proses rantai pasokan serta mendapatkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan proses rantai pasokan tersebut dimanapun dan kapanpun. 

Penggunaan perangkat mobile ini juga dapat membantu pemasok dalam memperluas perusahaan mereka. Fitur-fitur yang terdapat pada perangkat mobile tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan ketersediaan barang baku, produk, dan juga harga barang yang tersedia di pasaran secara lebih efisien. Karena itulah, hadirnya teknologi seluler ini perlahan-lahan dapat menggusur metode lama dalam pengelolaan proses rantai pasokan. 

2. Menurunkan Biaya yang Harus Dikeluarkan 

Dengan memanfaatan kemajuan teknologi seluler, para pelaku bisnis dapat menurunkan biaya yang harus dikeluarkan dalam proses rantai pasokan. Jika dulu perusahaan harus mengeluarkan biaya yang besar dalam proses pengadaan barang, produksi, dan juga pendistribusian barang atau jasa, kini semua terasa lebih mudah. Dengan menerapkan rantai pasokan yang berbasis teknologi, perusahaan dapat menurunkan biaya yang harus mereka keluarkan dalam proses rantai pasokan tersebut. 

3.Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Penggunaan perangkat mobile akan meningkatkan kemampuan komunikasi perusahaan, baik komunikasi internal maupun komunikasi eksternal sehingga hal ini dapat menunjang kinerja perusahaan tersebut. 

Dengan kinerja yang terus meningkat, mereka akan dapat memenuhi permintaan barang untuk para pelanggannya. Dengan demikian, lambat laun perusahaan tersebut akan mendapat kepercayaan dari para pelanggan karena dianggap selalu mampu memenuhi permintaan barang atau jasa sesuai dengan yang mereka inginkan. 

4. Meningkatkan Pelayanan bagi Konsumen

Rantai pasokan yang didukung dengan perangkat yang canggih dapat membuat pelayanan konsumen menjadi lebih baik. Segala informasi yang diperlukan oleh konsumen dapat diakses secara lebih efektif dan efisien. 

Dengan memanfaatkan teknologi pada perangkat seluler, perusahaan juga dapat mencari tahu produk yang diinginkan oleh para konsumen. Hal ini akan membuat mereka lebih mudah dalam menciptakan produk yang paling sesuai dengan permintaan konsumen. Konsumen pun akan merasa puas karena perusahaan tersebut mampu menciptakan produk yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Demikianlah pengertian dan manfaat penerapan Mobile Supply Chain bagi sebuah perusahaan. Mekanisme ini memberikan banyak manfaat yang dapat membuat perusahaan mampu mengelola segala aktivitas yang ada dalam rantai pasokan dengan efektif dan efisien.
 

Baca Artikel Lainnya

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan