span 1 span 2 span 3

5 Cara Agar Sistem SAP Bekerja Maksimal

5 Cara Agar Sistem SAP Bekerja Maksimal

Sistem SAP – Setiap perusahaan memiliki cara yang berlainan untuk bisa mengatur dan mengelola operasional perusahaannya. Cara yang paling banyak dicari adalah bagaimana agar laporan keuangan yang ada di dalam perusahaan bisa dikelola semudah mungkin. Semua sistem yang digunakan di dalam perusahaan bertujuan agar bisa menampilkan laporan keuangan perusahaan dengan detail dan lebih akurat. Hampir sebagian besar perusahaan saat ini menggunakan komputerisasi yang artinya operasional dilakukan dengan menggunakan bantuan electronic seperti komputer.  Yang wajib diketahui adalah di era digitalisasi seperti saat ini komputerisasi saja tidak cukup namun harus menggunakan bantuan teknologi canggih agar operasional perusahaan bisa berjalan efektif dan juga efisien.

Kekurangan komputerisasi saat ini adalah input data yang harus berulang-ulang terutama jika sistemnya tidak saling terintegrasi satu sama lain sehingga menyebabkan data yang disajikan tidak real time. Teknologi yang bisa digunakan dan dimanfaatkan perusahaan adalah SAP yang mana menjadi program terdepan ERP. ERP adalah sistem yang mengintegrasikan kegiatan operasional agar berjalan efektif dan efisien. Di dalamnya terdapat sistem supaya SAP tersebut SAP bisa berjalan dan berfungsi maksimal. Selain itu bagi perusahaan yang ingin menggunakan SAP akan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sistem SAP berfungsi maksimal seperti yang diharapkan seperti berikut ini:

 

Perencanaan yang Matang

Cara yang pertama adalah membuat perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan yang matang sebagus apapun teknologi dan metode yang dilakukan akan tidak maksimal. Untuk membuat perencanaan yang matang perusahaan bisa menentukan bagaimana melakukan evolusi dengan mengoptimalkan struktur model bisnis yang ada. Dalam proses perencanaan ini perusahaan juga harus menentukan tujuan-tujuan apa saja yang ingin dicapai menggunakan software tersebut.

 

Ketahui Fitur Utama yang Ditawarkan

Kesalahan utama yang sering dilakukan adalah perusahaan tidak mengetahui fitur utama pada software SAP yang ditawarkan, padahal agar sistem bisa berjalan seperti dengan harapan penting untuk mengetahui fitur-fitur utama yang ditawarkan apakah sudah berjalan sesuai dengan metode atau konsep bisnis atau belum. Sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem dan software tersebut akan lebih baik jika perusahaan mencoba apakah software tersebut cocok digunakan untuk bisnisnya atau tidak.

 

Memilih Vendor dengan Konsultan Berpengalaman

Tips agar sistem SAP bisa berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan adalah dengan memilih vendor dengan konsultan yang sudah berpengalaman. Vendor yang kredibel ini tidak cukup namun juga harus diimbangi dengan konsultan yang berpengalaman. Konsultan akan bisa menyampaikan bagaimana caranya menggunakan software dengan maksimal, semua penjelasannya juga akan bisa diterima dan mudah dicerna oleh peserta training.

 

Bentuk Tim yang Paham Teknologi

Di era digital seperti saat ini mengangkat karyawan haruslah yang paham dengan teknologi minimal tahu bagaimana mengoperasikan internet dengan benar. Jika harus mengajarinya dari nol tentu hal tersebut akan menghambat jalannya implementasi SAP. Jika karyawan yang diangkat atau dipekerjakan adalah generasi millennial tentu mereka akan paham dengan teknologi berbeda jika karyawan yang dipekerjakan generasi 70 an, tentu tidak semuanya paham akan teknologi tersebut. Setelah dibentuk tim khusus barulah training dan pelatihan ini bisa dilakukan, konsultan pun akan mudah memberikan pengarahan dan latihan jika Sumber Daya Manusianya paham akan teknologi ini.

 

Skala Prioritas

Yang terakhir adalah penting bagi perusahaan untuk membuat skala prioritas. Skala ini diurutkan dari yang terpenting terlebih dahulu baru beberapa aspek yang dianggap penting namun tidak terlalu vital. Skala prioritas ini digunakan untuk membuat tim tetap fokus terhadap apa yang akan di pecahkan dan dilakukan dengan menggunakan software tersebut.

Demikianlah beberapa cara yang bisa perusahaan lakukan agar sistem SAP bisa bekerja secara maksimal, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan