span 1 span 2 span 3

5 Kesalahan Menggunakan Sistem SAP yang Harus Dihindari

5 Kesalahan Menggunakan Sistem SAP yang Harus Dihindari

Sistem SAP – Bagi perusahaan besar yang sudah berskala nasional maupun multinasional mungkin sudah tidak asing lagi dengan SAP ini karena pada dasarnya menjadi program wajib yang dimiliki karena bermanfaat dalam pengelolaan dan juga integrasi data pada berbagai    bidang mulai dari pendataan sumber daya, penjualan hasil produksi sampai dengan pembuatan laporan. Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh SAP ini maka tidak ada salahnya jika Anda sebagai pebisnis menggunakan software SAP ini untuk menjalankan bisnis Anda dan menerapkannya di perusahaan.

Untuk bisa menjalankan software tersebut SAP di susun atas sistem utama dan juga sub sistem. Tentunya agar bisa menjalankan aplikasi ini dengan baik Anda harus memahami SAP seperti apa yang dibutuhkan perusahaan dan pilihlah sistem SAP yang terbaik. Agar sistem tersebut bisa berjalan dengan baik dan benar, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari seperti berikut ini:

 

Nilai Investasi yang Tidak Sepadan

Hal pertama yang harus dihindari adalah nilai investasi yang tidak sepadan. Seperti yang sudah diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan dan menggunakan software ini harus mengeluarkan nilai investasi yang mana disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Yang harus Anda ketahui adalah setiap vendor menawarkan nilai investasi yang berbeda-beda. Untuk bisa mendapatkan nilai investasi yang sesuai penting bagi Anda melihat berapa nilai normalnya jangan menawar di bawah normal karena dikhawatirkan pelayanan yang diberikan juga tidak maksimal.

 

Melibatkan Orang yang Tidak Tepat

Sama halnya dengan implementasi sistem ERP lainnya dimana untuk mendapatkan performa yang maksimal penting untuk melibatkan orang yang tepat. Banyak organisasi atau perusahaan yang membuat kesalahan berupa melibatkan orang atau karyawan yang belum paham dengan IT ini. Padahal karyawan yang paham akan IT akan mudah paham dengan sistem SAP tersebut, tidak hanya itu saja karyawan juga bisa memberikan masukan tentang apa yang kurang dengan sistem tersebut, fitur apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan lain sebagainya. Masukan ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk bisa mengembangkan performa bisnis ke arah yang lebih baik lagi. Untuk mendapatkan performa terbaik perusahaan harus melibatkan masing-masing divisi seperti departemen manufaktur, keuangan, pembelian, pemasaran, dan lain sebagainya.

 

Screening dan Penelitian Tidak Mendalam

Jangan sampai salah dalam memilih vendor atau perusahaan yang menawarkan software SAP ini. Alasannya adalah vendor terbaik akan memberikan produk dan pelayanan terbaik pula. Oleh sebab itu agar bisa bekerja dengan maksimal penting bagi perusahaan bertanya fitur apa yang vendor tersebut tawarkan dan kelebihan apa yang mereka miliki. Perusahaan juga bisa melakukan evaluasi bagaimana vendor SAP tersebut menangani tantangan pada perusahaan menggunakan sistem yang mereka miliki. Selain itu semakin banyak klien yang berhasil mereka tangani hal ini akan semakin bagus karena menunjukkan vendor tersebut memiliki banyak pengalaman dengan latar belakang klien yang berbeda-beda.

 

Salah Membuat Prioritas

Supaya bisa bekerja dan berfungsi secara maksimal penting bagi perusahaan untuk membuat skema prioritas yang ingin dicapainya. Salah membuat skema prioritas akan membuat perusahaan tidak bisa mendapatkan manfaat dari sistem tersebut secara maksimal. Oleh sebab itu jika ingin menggunakan sap ini ada baiknya jika perusahaan membuat skala prioritas masalah apa saja yang ingin diatasi dengan software tersebut sehingga perusahaan akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Tidak Upgrade

Kesalahan yang terakhir adalah tidak upgrade. Saat tidak melakukan upgrade sistem pada SAP tersebut tidak bisa berkembang padahal kemampuan software akan terus berkembang dan disesuaikan dengan tuntutan bisnis dan juga teknologi. Jika tidak di upgrade kemampuan sistem menjadi menurun dan tidak berfungsi dengan maksimal kembali.

Demikianlah beberapa kesalahan dalam menggunakan sistem SAP yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan