span 1 span 2 span 3

5 Manfaat Penting Software Akuntansi bagi Perusahaan Anda

5 Manfaat Penting Software Akuntansi bagi Perusahaan Anda

Saat kebutuhan akuntansi perusahaan sudah mencapai tahap yang semakin kompleks, maka penggunaan software akuntansi menjadi lebih diperlukan. Jika dulu akuntansi masih bersifat konvensional di mana semua input, pemrosesan, dan penyusunan jurnal laporan keuangan masih diproses secara manual, maka dengan hadirnya software akuntansi, semua proses tersebut menjadi lebih mudah dan efisien. Tidak jauh halnya dengan kemampuan akuntan ahli, aplikasi akuntansi tersebut mampu menyediakan transparansi dan ketersediaan informasi keuangan perusahaan yang berkualitas. Bahkan dengan beberapa peningkatan fitur lainnya. Bagi anda yang masih ragu untuk memercayakan urusan akuntansi perusahaan kepada software akuntansi, mungkin daftar manfaat di bawah ini bisa menjadi pertimbangan anda. 

Efisiensi 

Seperti penggunaan teknologi dalam berbagai bidang, software akuntansi juga memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan efisiensi dalam urusan akuntansi di kantor. Bagi beberapa perusahaan, masalah akuntansi adalah masalah yang paling krusial karena bagaimanapun, setiap perusahaan pasti tersangkut erat dengan masalah keuangan. Maka jika masalah keuangan yang menyita banyak perhatian tersebut dapat diatasi dengan mudah, produktivitas perusahaan bisa semakin meningkat. Inilah maksud dari efisiensi penggunaan aplikasi akuntansi. 

Minim Kesalahan 

Seperti yang anda ketahui bahwa proses akuntansi adalah proses yang panjang dan melelahkan. Dibutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk menghindari salah perhitungan dalam menentukan neraca ataupun balance. Anda pasti sadar jika seorang akuntan memiliki risiko lebih tinggi melakukan kesalahan perhitungan dalam proses akuntansi perusahaan anda. Pada beberapa kasus, kesalahan bisa berakibat sangat fatal karena akuntansi perusahaan sangat erat hubungannya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan software akuntansi, anda bisa meminimalisir kesalahan tersebut. Algoritmanya sudah disesuaikan dengan model dan pembaruan sehingga risiko bisa terhindarkan. 

BACA JUGA : Pentingnya Software Akuntansi dalam Bisnis.

Proses Otomatis 

Dengan banyaknya inovasi yang ditemukan dalam software akuntansi, saat ini semua proses pengolahan data sudah dilakukan secara otomatis. Akuntan anda tidak perlu bingung lagi masalah penjumlahan dan pengurangan karena hanya dibutuhkan input transaksi dan software akan memprosesnya secara otomatis. Kembali lagi, langkah tersebut mampu menghemat banyak waktu dan tenaga anda dan bisa dialokasikan untuk aspek yang lebih penting lainnya.  

Data Real-time 

Akuntansi tidak hanya sekedar proses pencatatan keuangan perusahaan semata, namun lebih dari itu, akuntansi dapat memberikan gambaran apakah bisnis anda sedang mengalami kemunduran, kemajuan, atau berada pada titik stagnan. Bahkan salah satu perusahaan besar dari Amerika pernah di klaim bangkrut satu tahun sebelumnya saat laporan keuangan tahunan diterbitkan. Itulah pentingnya data akuntansi sehingga prediksi ke depan pun bisa terlihat. Dengan software akuntansi, anda bisa secara langsung (real-time) mengetahui posisi keuangan perusahaan anda. Jika memang sedang dalam posisi terpuruk, maka anda bisa segera menerapkan langkah alternatif berbekal data-data tersebut. 

Akses Mudah 

Saat ini, rata-rata penyedia software akuntansi sudah menggunakan layanan berbasis cloud server. Ini berarti, anda bisa mengakses data keuangan perusahaan anda dari manapun anda berada. Apalagi sudah dilengkapi dengan dukungan multi-platform di mana anda bisa menggunakan berbagai jenis perangkat yang kompatibel sebagai media mengakses software akuntansi anda. 

Akhirnya, memilih software akuntansi adalah kebutuhan yang sangat mendesak jika perusahaan anda sudah memiliki tata kelola keuangan yang semakin kompleks. Anda harus memahami betul bahwa dengan menggunakan software akuntansi, berarti banyak aspek yang bisa anda hemat. Mulai dari waktu, biaya akuntan, hingga penyajian data yang real-time. Untuk itu SOLTIUS Indonesia hadir dengan memberikan solusi software akuntansi dengan berbagai keunggulan dan fitur yang dapat membantu perusahaan Anda. Jelajahi fiturnya disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Artikel Menarik Lainnya : Keunggulan Accounting Software Indonesia VS Akuntansi Konvensional.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan