span 1 span 2 span 3

5 Manfaat Software ERP Indonesia untuk Perusahaan atau Departemen IT

5 Manfaat Software ERP Indonesia untuk Perusahaan atau Departemen IT

Software ERP Indonesia – IT memainkan peran yang sangat vital di dalam bisnis. Tidak hanya bertanggung jawab dalam memelihara teknologi yang digunakan oleh perusahaan namun juga menyediakan layanan dan juga dukungan pelanggan. Tanggung jawab yang cukup berat, bagian IT masih harus menghadapi berbagai macam kendala seperti ketidakefisienan dalam bidang komunikasi, biaya IT yang membengkak dari anggaran seharusnya, produktivitas tim yang menurun, dan masih banyak lagi lainnya. Solusi efektif yang bisa diterapkan oleh perusahaan agar meningkatkan efisiensi dan produktivitas adalah menggunakan software yang terintegrasi seperti ERP.

Semakin banyak proses yang dilakukan maka ERP ini akan semakin membantu karena prosesnya akan dijadikan menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu masih ada manfaat lainnya yang mana bisa didapatkan dengan menggunakan software ERP Indonesia seperti berikut ini:

 

Keamanan Data Meningkat

Data adalah salah satu elemen yang paling penting bagi IT, kebocoran data menjadi hal yang sangat fatal terlebih lagi jika data tersebut sampai bocor ke tangan kompetitor. Masalahnya banyak perusahaan IT yang sudah kebal dan seakan tidak menyadari jika ancaman kebocoran data bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, terlebih banyak hacker yang bisa membobol data kapan saja. Belum lagi masalah backup data yang sering disepelekan.

Dengan adanya ERP akan menjadi solusi yang tepat untuk masalah-masalah tersebut. Bahkan ERP juga sudah dilengkapi dengan firewall protection yang kuat dan juga mengizinkan bagi para pengguna agar bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses data perusahaan tersebut. ERP juga ada yang basisnya adalah cloud sehingga otomatis akan menyimpan berbagai macam perubahan yang bisa terjadi pada data Anda.

 

Menciptakan Akurasi yang Maksimal

ERP bisa meningkatkan akurasi dalam hal pembagian tugas, pengerjaan tugas, dan juga pengambilan keputusan. Dengan berkurangnya human error yang signifikan maka tim support tidak perlu mengulang pekerjaannya sehingga bisa fokus kepada tugas penting yang lainnya. Bisa dibayangkan jika pekerjaan harus diulang agar menciptakan akurasi yang maksimal, berapa banyak waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk melakukan itu semua.

 

Tim Bisa Saling Berkolaborasi

Karena informasinya terpusat maka ERP terbukti ampuh untuk bisa meningkatkan kolaborasi antar karyawan, tim, dan juga departemen. Dalam IT, kolaborasi tim ini sangat penting karena untuk menghasilkan kinerja yang maksimal dibutuhkan kerja sama yang baik dan benar. Bisa dikatakan bahwa karyawan IT ini saling bergantung satu dengan yang lainnya. Jika kerja sama buruk maka kinerja IT tersebut juga akan buruk. Salah satu dampak akibat kolaborasi yang buruk adalah informasi penting menjadi tidak tersampaikan sehingga kesalahpahaman menjadi muncul.  Dengan bantuan ERP hal seperti itu bisa dihindari dengan baik.

 

Alur Kerja yang Lebih Sederhana

ERP ini akan menyederhanakan alur kerja departemen maupun perusahaan IT. Melalui software tersebut, semua proses bisa dilakukan secara lebih sederhana. Setiap tugas bisa didistribusikan secara cepat dan tepat. Setiap karyawan bisa mengerti dengan jelas apa yang harus mereka lakukan. Setiap progress akan bisa dipantau di dalam satu layar sehingga bisa dilakukan follow up dengan mudah.

 

Layanan dan Dukungan Pelanggan Meningkat

Manfaat software ERP Indonesia yang terakhir adalah meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Dengan adanya sistem ERP ini akan memungkinkan tim support bisa mengakses informasi yang lengkap berhubungan dengan pelanggan dan memberi respons yang cepat terhadap isu pelanggan yang muncul.

Beberapa manfaat yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil saja, sedangkan masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh departemen IT dengan mengimplementasikan ERP tersebut. Untuk bisa membantu bisnis Anda menjadi lebih baik lagi, pilihlah software ERP Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan