span 1 span 2 span 3

5 Penyebab Kegagalan Implementasi Sistem SAP

5 Penyebab Kegagalan Implementasi Sistem SAP

Sistem SAP – SAP menjadi program terdepan di bidang ERP. Program ERP sendiri adalah sistem yang mampu mengintegrasikan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Program ini bisa melakukan integrasi pada tiap bagian perusahaan supaya bisa saling bekerja sama sekaligus bekerja secara optimal.  Meski saat ini banyak sekali berbagai macam sistem ERP namun beberapa perusahaan besar lebih memilih menggunakan SAP di sistem utama pada program mereka. Dalam 5 tahun terakhir hampir semua perusahaan yang ada di ASIA, beralih menggunakan SAP dan kemudian berlomba-lomba memaksimalkan peran SAP di perusahaan. Dengan menggunakan software SAP yang maksimal, operasional perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Yang penting diketahui adalah ada beberapa penyebab kegagalan implementasi SAP di perusahaan. Kegagalan ini bisa menjadikan sistem tersebut tidak berfungsi dengan maksimal. Simak beberapa penyebab kegagalan implementasi sistem SAP yang wajib diketahui berikut ini:

 

Vendor Tidak Memahami Bisnis Perusahaan

Mengingat saat ini banyak sekali bisnis maupun perusahaan yang membutuhkan SAP, banyak vendor atau perusahaan yang kemudian menawarkan sistem atau software SAP tersebut.  Meski begitu agar bisa bekerja secara maksimal penting bagi perusahaan atau pebisnis untuk mengetahui sepak terjang dari vendor tersebut apakah mereka memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak.

Tidak hanya layanannya saja yang perlu diperhatikan namun klien yang sudah mereka tangani pun harus diperhatikan. Jika ada konsep maupun model bisnis yang sama dengan perusahaan Anda maka bisa dipertimbangkan alasannya adalah Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang konsep bisnis Anda. Jika Anda tidak memperhatikan aspek ini dikhawatirkan vendor tersebut tidak memahami bisnis perusahaan Anda dengan baik sehingga implementasi SAP di perusahaan menjadi gagal dan tidak berjalan sesuai rencana.

 

Konsultan yang Tidak Berpengalaman

Setiap vendor memiliki konsultan masing-masing. Penyebab kegagalan implementasi SAP adalah konsultan yang tidak berpengalaman. Saat perusahaan akan menggunakan sistem SAP untuk operasionalnya vendor tersebut akan mengirimkan konsultan yang akan membantu menjelaskan atau menerangkan bagaimana cara menggunakan  software tersebut dengan baik. Jika konsultannya tidak berpengalaman maka mereka tidak bisa menerangkan penggunaan software tersebut dengan baik dan benar, bahkan saat menerangkan akan banyak karyawan atau SDM yang tidak paham dengan penjelasannya sehingga software tidak difungsikan maksimal.

 

Tim yang Tidak Solid

Penyebab kegagalan implementasi SAP selanjutnya adalah tim yang tidak solid. Sebelum menggunakan software SAP tersebut perusahaan akan dituntut untuk membentuk tim yang paham dengan IT dan dunia digital. Tim yang solid akan mudah mengimplementasikan SAP tersebut ke dunia kerja sehingga tujuan perusahaan bisa menjadi tercapai.

 

Manajemen Training yang Buruk

Untuk bisa membuat operasional perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien penting bagi pebisnis atau perusahaan untuk melakukan manajemen yang baik. Manajemen training yang baik ini melibatkan dua orang yaitu konsultan yang sudah ditunjuk untuk memberikan training dan juga karyawan yang akan menerima training. Manajemen yang baik ini akan bisa mengawasi praktik karyawan di lapangan saat menggunakan software tersebut. Dengan memiliki manajemen training yang baik ini akan menghasilkan komunikasi dua arah sehingga bisa menciptakan imbal balik yang positif.

 

Terlalu Banyak Percobaan

Sebelum menggunakan SAP dan mengimplementasikannya ke dalam bisnis sebaiknya Anda mematangkan konsep bisnis terlebih dahulu, hal itu dikarenakan terlalu banyak percobaan hanya akan membuat implementasi SAP ini tidak bisa berjalan seperti harapan. Percobaan yang sering dilakukan adalah mengubah laporan, mengubah data bisnis menyesuaikan dengan software, dan pembangunan interface.

 

Sistem SAP memang akan banyak membantu operasional bisnis, agar bisa menghasilkan hasil implementasi yang bagus dan sesuai harapan hindarilah beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas yang mana bisa membuat implementasinya tidak berjalan maksimal.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

 

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan