span 1 span 2 span 3

5 Tips Memilih Software Analytics Indonesia yang Tepat

5 Tips Memilih Software Analytics Indonesia yang Tepat

Software analytics Indonesia penting untuk di implementasikan di perusahaan. Alasannya di tengah persaingan bisnis yang ketat ini siapa yang tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat akan tertinggal.  Saat ini pun adalah era digital dimana semuanya sudah dilakukan menggunakan sistem digital, jika perusahaan tidak bisa adaptasi di era ini akan tertinggal dan mengalami kemunduran. Untuk membantu  dalam mengambil keputusan dengan cepat perusahaan bisa menggunakan bantuan software analytics Indonesia ini. Dengan software ini perusahaan akan bisa memberdayakan karyawan, melibatkan pelanggan, mengoptimalkan operasional, dan juga mengubah hal-hal lainnya berdasarkan informasi yang dianalisis tersebut.

Memilih Software Analytics Indonesia yang Tepat

Agar bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli dan menggunakan software analytics Indonesia. Hal itu dikarenakan setiap software ini memiliki fitur dan fungsinya masing-masing, salah dalam memilih hanya akan membuat perusahaan Anda tidak bisa berjalan secara maksimal. Anda juga harus mempertimbangkan kualitas dari software yang akan Anda gunakan tersebut. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menemukan software analytics Indonesia yang tepat:

1.    Data yang ingin di analisis

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah pilih jenis data yang akan di analisis terlebih dahulu. Anda bisa merencanakan data apa saja yang akan dilacak, kemudian membuat listnya saat ini. Semakin banyak data yang di analisis maka akan semakin banyak fitur yang Anda butuhkan dalam software tersebut. 

2.    Kebutuhan teknis

Anda harus tahu kebutuhan teknis perusahaan misalnya saja adalah melakukan implementasi front end atau hanya antar server saja. Dengan mengenali kebutuhan teknis perusahaan diharapkan nanti ketika di implementasikan tidak ada kendala teknis pada software tersebut yang mengganggu.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Software Analytics Indonesia Bagi Sebuah Perusahaan

3.    Full suport

Tips memilih software analytics selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pilihlah vendor yang full support dan mampu memberikan dukungan teknis seperti yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman terhadap implementasi software analytics secara penuh maka dukungan teknis dari vendor ini sangat diperlukan sekali. Semakin berpengalaman vendor yang Anda pilih maka semakin ahli dukungan teknis yang akan diberikan kepada Anda. Meski Anda memiliki internal yang sudah mumpuni namun tetap saja dukungan teknis dari vendor ini dibutuhkan. 

4.    Minta demo

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mintalah demo. Sebelum Anda dan perusahaan melakukan hal ini akan lebih baik jika Anda mempersiapkan diri terhadap materi yang akan mereka sampaikan. Persiapkanlah diri Anda secara matang sebelum demo ini berlangsung karena demo menjadi saat yang tepat untuk Anda mengetahui apa saja yang vendor tersebut tawarkan sehingga akan sangat disayangkan sekali jika tidak melakukan persiapan terlebih dahulu. Saat demo tidak jarang vendor akan membujuk Anda dengan berbagai macam fitur atau tampilan antar muka yang menarik. Jika Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik justru akan menjadi tertarik dan membeli software yang tidak cocok untuk perusahaan Anda.

5.    Reputasi vendor

Tips memilih yang terakhir adalah cek reputasi vendor. Vendor terbaik dan kredibel ini akan  memiliki banyak komentar positif tentang kinerja mereka, begitu pula sebaliknya. Sebelum menggunakan software yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut lihat testimoni dari klien-klien sebelumnya, semakin banyak komentar positif maka akan semakin bagus.

Jika sudah menemukan beberapa poin di atas itu tandanya Anda sudah berada di posisi yang cukup tepat untuk mengambil keputusan. Karena implementasi software analytics Indonesia ini cukup menyita waktu maka keputusan yang Anda ambil harus tepat supaya software bisa berfungsi dengan maksimal.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...