span 1 span 2 span 3

Alasan Perbankan Harus Menggunakan Software CRM Indonesia Terbaik

Alasan Perbankan Harus Menggunakan Software CRM Indonesia Terbaik

Software CRM Indonesia – Bisnis Finance Technology atau yang bisa disebut dengan FinTech ini semakin menjamur. FinTech akan bersaing dengan perbankan yang ada di Indonesia. FinTech hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang membutuhkan dana dengan berbagai macam alasan namun yang paling sering dikemukakan adalah untuk menambah modal usaha. FinTech akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana dimana bisnis yang belum berkembang tidak akan bisa mendapat dana dari bank bisa mengajukan modal ke FinTech ini.  Sesuai dengan namanya FinTech akan menggabungkan keuangan dan teknologi yang dibuat oleh perusahaan startup atau rintisan.

Hadirnya FinTech ini membuka persaingan yang lebih lebar kepada perbankan sehingga pihak bank harus mampu menghadapinya.  Tercatat saat ini sudah ada 124 perusahaan FinTech yang bergabung menjadi Asosiasi Financial Technology dan itu belum termasuk anggota tidak resmi sehingga jumlahnya dipastikan akan lebih banyak lagi. Melihat hal tersebut perbankan harus bisa berinovasi agar nasabah tidak banyak yang lari ke FinTech tersebut. Untuk menjalin hubungan yang lebih baik kepada pelanggan perbankan bisa menggunakan CRM ini.

 

Alasan Harus Menggunakan CRM Indonesia

Sebenarnya FinTech dengan perbankan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kelemahan bagi FinTech adalah besarnya bunga yang harus ditanggung oleh nasabah, selain itu dalam Fintech akan mempertemukan antara investor dan pencari modal, jika bisnis yang dimiliki tidak sesuai standar dan tidak memiliki peluang yang bagus tetap saja nasabah akan kesulitan mencari modal. Meski begitu untuk mengantisipasi pelanggan dan nasabah yang banyak beralih ke FinTech perbankan harus bisa memanajemen pelanggan dengan menggunakan CRM ini.

 Alasan mengapa perbankan harus menggunakan CRM ini karena menjadi data mining atau gudang data bagi perbankan untuk bisa mencari tahu bagaimana pola nasabah dan pelanggan selama ini. Software CRM Indonesia juga dilengkapi dengan analisis yang mana bisa memberikan kemudahan bagi perbankan untuk menciptakan program-program yang dibutuhkan oleh nasabahnya.

Data yang bisa dianalisis dengan CRM ini adalah demografi yang mana berisi informasi pribadi nasabah berhubungan dengan nama, alamat, usia, pekerjaan, dan lain sebagainya. Data selanjutnya berupa penggunaan produk atau layanan dari perbankan, digunakan sebagai penyimpan uang, peminjam, pemegang kartu kredit dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perusahaan. CRM juga bisa melakukan analisis berupa variabilitas umum seperti risiko, pendapatan, aset, liabilitas, dan lain sebagainya. Yang terakhir adalah hubungan nasabah dengan perbankan seperti segmen nasabah, portfolio nasabah, dan lain sebagainya. Dengan melakukan analisis data tersebut perbankan akan bisa menentukan apa saja yang bisa mereka lakukan untuk keperluan marketing, peningkatan pelayanan dan lain sebagainya. Grafik data nasabah pun bisa dilihat secara otomatis pada sistem CRM agar perbankan bisa mencari tahu pola dan produk seperti apa yang paling sesuai dengan nasabah.

 

Software CRM Terbaik untuk Perbankan

CRM terbaik untuk operasional perbankan adalah yang mudah digunakan dan mudah melakukan otomatisasi pekerjaan sebelumnya yang mana dilakukan dengan cara tradisional atau manual. CRM yang tepat juga bisa membukukan nilai yang sangat besar dan fungsi utama dari CRM bukan untuk akuisisi nasabah namun lebih ke arah retensi nasabah.

Bank juga harus memilih software CRM Indonesia yang memiliki multi-organisasi sehingga menciptakan waktu yang lebih sedikit dalam berkomunikasi antar sales leader. Sebagai contohnya adalah 10 kantor cabang bank ada di 10 provinsi dan terletak di 10 pulau. Tentunya tidak mungkin untuk melakukan komunikasi secara langsung untuk membahas pelanggan melalui email. Berkat CRM ini bank akan bisa menyatukan data pelanggan pada satu sumber yang sama sehingga saat ada rolling lokasi kerja tidak akan buta dengan dara pelanggan.

Demikianlah beberapa alasan perbankan wajib menggunakan software CRM Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya :

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan