span 1 span 2 span 3

Apa itu Akuntansi Persediaan dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Apa itu Akuntansi Persediaan dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Akuntansi persediaan – Akuntansi bukanlah ilmu yang asing. Akuntansi merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang fokusnya adalah mencatat dan juga penjurnalan. Dalam implementasinya, akuntansi ini dibagi menjadi beberapa jenis misalnya saja adalah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi khusus pajak dan juga sebagainya.  

Lalu bagaimana dengan akuntansi persediaan? Masih sedikit orang yang mengetahui dan juga mengenalnya. Bagi yang tidak bekerja dalam dunia bisnis maka istilah dari akuntansi ini masih terasa asing. Akuntansi satu ini memang lebih banyak digunakan dalam dunia bisnis khususnya dalam produksi dan juga perdagangan. Hal itu karena berhubungan dengan stok barang.

Sederhananya adalah akuntansi jenis persediaan ini memiliki kaitan dengan bagaimana bisnis atau usaha bisa mengelola aset dan barang. Tujuannya supaya roda usaha bisa berjalan sebagaimana mestinya.  

Apa itu Akuntansi Persediaan?

Persediaan biasa disebut dengan inventory yaitu merupakan pos aktiva. Pos ini dimiliki oleh perusahaan yang dijual dalam proses bisnis normal, bisa juga barang yang mana akan digunakan atau dikonsumsi dalam membuat barang yang dijual.

Menurut buku standar akuntansi, persediaan ini merupakan aktiva normal, barang yang sedang diproduksi atau sedang dalam perjalanan. Selain itu juga berkaitan dengan barang yang mana bentuknya seperti bagan atau perlengkapan input dalam proses produksi barang maupun pengiriman jasa. 

Menurut Schroeder mengatakan bahwa persediaan merupakan stok bagan yang digunakan untuk bisa memudahkan dalam produksi dan juga memuaskan permintaan pelanggan.  Selain itu juga memberikan pandangan yang mana berhubungan dengan maksud untuk dijual di dalam periode usaha tertentu. Bisa juga barang yang masih di dalam pengerjaan atau proses produksi. Selain itu berhubungan dengan persediaan bahan baku yang mana menunggu pengguna di dalam proses produksi.

Baca Juga: Pentingnya Menyusun Laporan Keuangan Sesuai Siklus Akuntansi

Menurut Prawirosentono (2005:83) persediaan ini terlihat dari dua sudut pandang yang mana tergantung dengan perusahaan itu sendiri. Dari sudut manufaktur, persediaan ini dipaham sebagai simpanan bahan baku maupun barang setengah jadi untuk bisa diubah menjadi barang jadi yang mana memiliki nilai tambah lebih besar secara ekonomis. Selanjutnya barang tersebut akan dijual ke pihak ketiga dengan nilai yang lebih besar.

Setelah membaca pengertian persediaan di atas bisa dipahami jika persediaan ini tidak dimiliki oleh perusahaan jasa. Untuk perusahaan dagang ini hanya memiliki persediaan berupa barang dagang maupun industri. Ada 3 jenis persediaan yang dimiliki oleh perusahaan barang dagang atau industri. Persediaan tersebut berupa bahan baku, persediaan barang dalam proses kemudian yang terakhir adalah persediaan barang jadi.

Manfaat

Dalam bisnis, akuntansi persediaan ini sangat penting sehingga pembukuannya harus normal dan hasilnya juga akurat. Di dalam prosesnya melibatkan perhitungan yang rumit dan melalui beberapa proses pencatatan. Kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan hasilnya menjadi error dan valid.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih dan Keunggulan Accounting Software Indonesia

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pembukuan akuntansi jenis ini seperti memberikan informasi nilai produk. Dengan akuntansi ini bisnis Anda bisa mengetahui berapa nilai produk yang sudah diproduksi maupun dihasilkan. Nilai bisa didapatkan dengan jumlah selisih nilai perusahaan dengan jumlah aset tertentu kemudian dibandingkan dengan tanpa aset tertentu. 

Akuntansi jenis ini juga memiliki manfaat dalam menghitung laba dan rugi. Akuntansi ini bisa mengetahui perbandingan antara biaya pendapatan dengan biaya produksi yang mana ada hubungannya dengan HPP atau Harga Pokok Produk.

Jika pencatatan dilakukan secara manual tentu kesalahan bisa sangat terjadi sehingga data yang ditampilkan tidak real time dan akurat. Untuk membantu pencatatan akuntansi persediaan di perusahaan Anda lebih otomatis Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS, yaitu perusahaan penyedia solusi IT terbaik di Indonesia dan basisnya adalah bisnis, kami telah berpengalaman dan juga profesional dimana solusi yang kami hadirkan ini menjadi solusi terbaik atas setiap masalah bisnis yang terjadi, kami akan memberikan solusi sesuai dengan tujuan perusahaan, kebutuhan bisnis Anda dan sebagainya, hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi laman berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan