span 1 span 2 span 3

Apa itu Siklus Akuntansi dan Manfaatnya?

Apa itu Siklus Akuntansi dan Manfaatnya?

Siklus akuntansi merupakan aktivitas dari akuntansi. Aktivitas tersebut dimulai dari analisis dan pencatatan transaksi bisnis kemudian diakhiri dengan persiapan akuntansi untuk periode yang lainnya yaitu diikuti dengan jurnal penutup. Pembuatan laporan keuangan ini juga harus sesuai dengan tahapan dalam siklus. Siklus ini tidak hanya proses untuk membuat laporan keuangan saja namun juga meliputi semua aktivitas akuntansi di dalam perusahaan, entitas maupun organisasi. Penyusunan laporan keuangan ini merupakan satu dari tahapan dari proses siklus tersebut.

Setiap perusahaan bisnis ini memiliki siklus aktiva yang mana akan terus berulang sepanjang waktu selama perusahaan tersebut masih berjalan atau beroperasional. Proses yang berulang itulah yang nantinya disebut sebagai siklus akuntansi.

Seperti Apa Siklus Akuntansi Bekerja?

Siklus akuntansi ini merupakan seperangkat aturan metodis dimana digunakan untuk bisa memastikan akurasi maupun kesesuaian di dalam laporan keuangan. Jika akuntansi di perusahaan Anda terbantu dengan sistem, maupun sudah komputerisasi maka siklus tersebut akan bisa mengurangi human error. Sistem tersebutlah yang akan membimbing akuntan Anda untuk melewati tahapan-tahapan apa saja yang harus dikerjakannya lebih dahulu sehingga laporan keuangan Anda bisa berjalan lebih sistematis, cepat dan akurat.

Tujuan

Tujuan dari siklus ini adalah untuk bisa mencatat semua transaksi tanpa harus kehilangan entri atau input. Hal ini bisa mengarah pada keakuratan dalam semua catatan. Akuntan ini bisa menyusun laporan keuangan agar bisa mempertimbangkan catatan maupun siklusnya.  Siklus ini menjadi batu loncatan dan didasarkan laporan keuangan.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Sistem Informasi Akuntansi Berbasis ERP 

Proses Siklus Akuntansi

Siklus dimulai ketika ada transaksi akuntansi yang terjadi di perusahaan. Siklus ini muncul dari aktivitas dengan mencatat transaksi dan juga memposting inputannya di buku besar. Saat selesai memposting jurnal kedalam buku besar, akuntansi ini bisa menyiapkan neraca saldo yang belum disesuaikan. 

Tujuan utama dari neraca saldo ini adalah untuk mengkonfirmasi antara debit dan juga kredit. Setelah itu Anda bisa menyusun jurnal penyesuaian yang mana dibuat untuk bisa melakukan koreksi tertentu. Saat jurnal penyesuaian ini di posting neraca saldo ini disiapkan untuk membuat laporan keuangan.

Kesalahan yang Sering Dilakukan

Perusahaan kecil, menengah maupun besar penting untuk membuat laporan keuangan berdasarkan siklus akuntansi.  Sangat penting bagi perusahaan untuk bisa menghitung semua uang masuk maupun keluar dari perusahaan. Selain itu keseimbangan ini sangat penting dalam akuntansi. 

Kesalahan yang bisa terjadi saat mencatat transaksi tersebut seperti neraca saldo yang tidak dihitung dan sebagainya. Orang akuntansi di perusahaan Anda ini bisa menyesuaikan neraca saldo tujuannya supaya saldo debit dan kredit ini menjadi sesuai. 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan akuntansi ini menjadi tidak seimbang yaitu melewati pencatatan transaksi, melakukan posting transaksi pada posisi yang salah yaitu mendebit bukan mengkredit dan sebaliknya.  Selain itu juga transaksi dengan jumlah yang salah dan yang juga melakukan entri atau input berkali-kali akan membuat akuntansi tidak seimbang.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih dan Keunggulan Accounting Software Indonesia

Manfaatkan Software Akuntansi

Untuk bisa membuat laporan keuangan yang maksimal penting bagi Anda untuk menggunakan sistem akuntansi komputerisasi atau menggunakan software akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi ini Anda bisa meminimalkan resiko human error selain itu dengan software akuntansi ini Anda akan bisa membuat laporan keuangan yang cepat dan  akurat.

Saat ini zaman sudah semakin modern dimana semuanya dilakukan dengan cara digital. Cara manual hanya akan membuat prosesnya lebih lambat human error sangat mungkin terjadi. Jika selama ini Anda bermasalah dengan proses akuntansi di perusahaan, Anda bisa menggunakan jasa kami. Kami dari SOLTIUS menjadi perusahaan IT terbaik di Indonesia menyediakan software akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan berdasarkan siklus akuntansi lebih baik, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...