span 1 span 2 span 3

Big Data Indonesia untuk Perusahaan Modern

Big Data Indonesia untuk Perusahaan Modern

Kesadaran akan pengolahan data yang lebih baik dan efektif menuntun instansi dan perusahaan memanfaatkan teknologi big data Indonesia, khususnya dalam bidang binis. Jika dulu data yang masuk hanya dicatat secara manual dengan tujuan sebagai bahan evaluasi, maka penggunaan big data saat ini lebih kompleks dengan fokus pada pembukaan pola jutaan data yang masuk. Pemanfaatan big data pada bidang bisnis jauh lebih pesat perkembangannya. Sekumpulan data konsumen yang sangat rumit dan kompleks tidak bisa di tangani oleh proses pengolahan data konvensional lagi. Maka dari itu, untuk memberdayakan data tersebut, big data akan menemukan “benang tersembunyi”, atau pun tren yang berlaku di antara konsumen. Jelas informasi tersebut sangat berharga untuk menentukan keunggulan produk, memahami pelanggan, hingga meningkatkan performa bisnis. Berikut adalah beberapa alasan lain pentingnya big data Indonesia bagi perusahaan modern. 

Memahami Kondisi Pasar 

Penjualan produk yang paling baik adalah penjualan produk yang sesuai dengan keinginan dan harapan konsumen. Anda tidak bisa terus menerus stagnan pada salah satu produk yang anda yakini besar pangsa pasarnya. Anda perlu mengerti jika tren konsumerisme selalu berubah-ubah di zaman yang serba cepat ini. Jika anda tidak mengenal baik pasar anda, bisa jadi anda tertinggal jauh dengan para kompetitor. Nah, di sinilah big data berperan. Big data akan menganalisa data-data kompleks konsumen yang masuk untuk menentukan bagaimana sebuah produk melenggang di pasaran. Sebagai contoh, big data akan menganalisa produk mana yang sekiranya paling banyak terjual sehingga anda bisa memaksimalkan produk tersebut. 

Memahami Konsumen 

Tidak ada produk yang bisa terhindar dari kekurangan. Hal inilah yang memicu konsumen memberikan keluhan, saran, atau masukan yang mungkin terkait dengan produk yang anda pasarkan. Namun keluhan tersebut sangat berisiko jika produk anda memang tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Anda bisa belajar dari sebuah produk smartphone yang kasusnya mencuat karena baterai yang diadopsi terkenal bisa meledak dan mencelakai pengguna. Hal tersebut bisa jadi dipicu karena kesalahan memahami pelanggan dengan menghadirkan baterai berkapasitas tinggi namun minim keamanan. Akhirnya, hanya rugi yang didapatkan. Dengan menggunakan big data, anda bisa memprediksi dengan lebih baik apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan anda. 

BACA JUGA : Apa Itu Big Data Indonesia?

Memantau Reputasi Online 

Alasan selanjutnya adalah bahwa big data mampu memonitoring bisnis anda di dunia online. Big data Indonesia dapat melakukan sebuah analisis sentimen di mana setiap umpan balik dari pihak konsumen akan disaring dan disajikan sebagai data kepada anda selaku pengguna. Big data akan menandai konsumen dengan interaksi tinggi terhadap produk atau perusahaan anda. Anda juga bisa menggunakan big data sebagai alat untuk meningkatkan kehadiran bisnis anda secara online. 

Menghemat Biaya 

Alasan terakhir adalah efektivitas biaya. Mungkin anda akan dikenakan biaya yang tinggi di awal saat pertama kali membeli big data untuk perusahaan anda. Namun dengan prospek cerah dan semua manfaat yang ditawarkan, anda tentu Dsaja berinvestasi di tempat yang tepat. Di tambah lagi, anda tidak perlu mempekerjakan karyawan khusus lagi di bidang IT karena perannya sudah tercover oleh kehadiran big data tersebut. Anda bisa menghemat biaya, waktu, serta tenaga sekaligus dengan menerapkan teknologi big data. 

Demikianlah informasi mengenai beberapa alasan pentingnya implementasi big data Indonesia pada perusahaan modern. Jika anda tertarik, silakan gunakan alasan-alasan di atas untuk menemukan produk big data yang sesuai dengan bisnis anda. Anda juga dapat menemukan produk big data berkualitas dari SOLTIUS Indonesia dengan mengklik link ini : https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/reading/big-data-indonesia 

Artikel Menarik Lainnya : Alasan Pentingnya Big Data Bagi Bisnis Anda.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan