span 1 span 2 span 3

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan SAP sebelum Menggunakan Perangkat Lunak ini!

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan SAP sebelum Menggunakan Perangkat Lunak ini!

Agar Anda lebih memahami bagaimana SAP (System, Application, and Product) yang diterapkan dalam manajemen perusahaan, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan SAP. Berkat kelebihan yang dimilikinya, dalam beberapa tahun terakhir SAP semakin banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia. Meski demikian, software ini juga punya sisi kelemahannya tersendiri. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan perangkat lunak ini, ada baiknya jika Anda menyimak kelebihan dan juga kelemahan yang terdapat pada SAP. 

Kelebihan SAP 

Perangkat lunak ini punya beragam kelebihan yang menjadikannya salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan. Beberapa kelebihan yang terdapat pada software yang satu ini di antaranya:

  • Terdapat Modul yang Mempermudah 

SAP terdiri atas beberapa modul. Masing-masing modul yang terdapat di dalamnya punya fungsi yang berbeda-beda. Meski demikian, masing-masing produk tersebut saling berbagi informasi dalam satu sistem yang sama. Dengan demikian, kewajiban manajerial bisnis pun akan semakin mudah untuk dilakukan. 

  • Konsisten 

SAP senantiasa mengedepankan konsistensi, baik pada divisi yang sama maupun divisi yang berbeda. 

  • Datanya Tidak Dapat Diduplikasi

Data yang terhimpun dalam perangkat lunak ini tidak dapat diduplikasi. Dengan demikian, perusahaan bisa lebih mudah dalam menjaga kerahasiaan data-data ataupun informasi penting yang dimilikinya. 

  • Otomatis dan Fleksibel

Sistem ini mampu melakukan monitor terhadap proyek secara otomatis. Selain itu, berbagai kejadian yang berbeda-beda dalam sebuah perusahaan dapat dilaksanakan secara lebih fleksibel. 

  • Menerapkan Standarisasi 

Setiap proses bisnis yang tercatat dalam sistem telah distandarisasi. Dengan demikian, perusahaan juga akan punya standarisasi yang baik. 

  • Menyediakan Otorisasi 

Sistem SAP memungkinkan perusahaan untuk memiliki otorisasi sehingga para karyawan akan memiliki pekerjaan yang telah terstruktur. 

  • Adanya Integrasi dengan E-Commerce 

SAP dapat diintegrasikan dengan e-commerce. Hal ini tentu saja sangat relevan dengan kebutuhan bisnis saat ini dimana e-commerce memang memiliki peran yang begitu penting. Dengan demikian, SAP bisa mendatangkan dampak positif bagi perkembangan bisnis e-commerce. 

Baca Juga: Mengenal Sistem SAP dan Manfaatnya

  • Menghemat Biaya Untuk Penyimpanan Data Secara Manual 

Sistem SAP dapat membantu perusahaan guna menghemat biaya yang digunakan untuk penyimpanan file atau data secara manual, seperti misalnya biaya untuk pembelian alat tulis. 

Kekurangan SAP 

Sebelum Anda menggunakan SAP, Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan SAP. Kali ini akan dibahas beberapa kekurangan yang dimiliki oleh perangkat lunak yang satu ini.

  • Memerlukan Biaya yang Cukup Besar 

Meski software ini dapat membantu perusahaan menghemat biaya untuk penyimpanan data secara manual, namun untuk menggunakan bisa software ini, Anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Biaya yang digunakan untuk pemeliharaan dan juga upgrade ke versi terbaru juga terbilang tidak murah. 

  • Mengharuskan Adanya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas 

Untuk menjalankan software ini, termasuk proses input yang dilakukan secara presisi dengan ketepatan waktu yng baik diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten. Untuk menggaji karyawan yang kompeten tersebut, perusahaan tentu saja harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit karena tidak mungkin SDM berkualitas digaji dengan murah, bukan?

  • Cukup Rumit untuk Digunakan

Sisi kompleksitas yang terdapat pada sistem SAP membuatnya cukup sulit untuk digunakan oleh para pemula. 

 

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan SAP. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan perangkat lunak ini, percayakan saja pada Soltius Indonesia. Soltius akan memberi solusi terbaik terkait dengan SAP.

Artikel Lainnya: Mengenal Modul Sistem SAP Terfavorit dan Dampak Implementasinya

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...