span 1 span 2 span 3

Menyimak Kembali Klasifikasi Teknologi Big Data dan Jenis Data yang Penting Anda Tahu!

Menyimak Kembali Klasifikasi Teknologi Big Data dan Jenis Data yang Penting Anda Tahu!

Klasifikasi teknologi Big Data – Big Data ini digunakan untuk menggambarkan volume data yang besar baik itu terstruktur atau tidak terstruktur yang mana bisa membanjiri bisnis Anda sehari-hari. Meski volume datanya besar bukan jumlah datanya saja yang penting namun  apa yang dilakukan oleh data tersebutlah yang penting. Big Data mampu menganalisis data untuk memberikan pemahaman yang mana mengarah kepada keputusan maupun pergerakan bisnis yang lebih baik. 

Sebenarnya tindakan mengakses dan juga menyimpan sejumlah besar informasi untuk di analytic ini sudah ada sejak lama hanya saja konsep tentang Big Data baru ditemukan di awal 2000.

Jenis Data

Sebelum Anda mengetahui klasifikasi teknologi Big Data ada baiknya Anda tahu jenis data terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan teknologi Big Data ini selalu berhubungan dengan data. Big Data ini memiliki tiga data yang selalu berhubungan dengannya, tiga data tersebut adalah terstruktur, yang tidak terstruktur, dan semi terstruktur. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Data terstruktur

Merupakan data yang bisa disimpan, di akses, diproses dengan bentuk format yang tetap. Secara umum, data yang masuk ke dalam jenis terstruktur adalah data pada excel atau spreadsheet. Data tersebut tersusun dan mudah untuk mengaksesnya dari berbagai macam database dengan algoritma mesin pencari yang sederhana. Membaca data ini pun sangat mudah. Contoh data ini adalah data penjualan perusahaan, data diri karyawan berupa nama, posisi, jabatan dan gaji yang mana terlampir dengan cara terstruktur dan juga terorganisir di kategorinya

Baca Juga: Mengenal Klasifikasi Teknologi Big Data yang Belum Banyak Diketahui

  • Data tidak terstruktur

Data dengan jenis ini bentuknya tidak terstruktur dan tidak dapat diklasifikasikan. Banyak tantangan yang harus ditaklukkan ketika membaca dan menganalisis data ini. Selain memiliki volume atau ukuran data yang besar Anda akan ditantang untuk bisa membaca nilai dari data tersebut dan kemudian diolah.

Data yang tidak terstruktur ini bisa berasal dari beberapa sumber dan memiliki kombinasi file sederhana seperti teks, gambar, video, dan lain sebagainya. Contoh tersebut bisa ditemukan di dalam media sosial seperti jumlah like, pengikut, komentar, data, dan juga aktivitas apa masing-masing akun pengguna.

  • Semi terstruktur

Data ini berisi data yang terstruktur dan juga yang tidak. Jenis data ini belum diklasifikasikan di bawa repository tertentu namun mengandung informasi yang penting seperti memisahkan elemen individu di dalam data dan lain sebagainya. Contoh file yang masuk ke dalam jenis data ini adalah xml, file json, dan juga file CSV.

Klasifikasi Big Data

Jenis data yang bermacam-macam membuat Big Data ini dikelompokkan atau diklasifikasikan dalam beberapa jenis. Klasifikasi teknologi Big Data saat ini ada dua yaitu operasional dan juga analytic. Teknologi Big Data operasional ini dibangun dengan database NoSQL seperti database dengan basis dokumen yang mana ditujukan dengan berbagai macam tipe aplikasi seperti database key-value store, column family store, database graph yang mana digunakan untuk pengoptimalan aplikasi yang spesifik. Teknologi ini dikembangkan untuk mengatasi kekurangan dari database relasional di lingkungan komputasi yang modern dikenal lebih cepat, murah dan muda untuk peningkatan skala dibanding dengan database relasional.

Artikel Lainnya: Apa itu Big Data Indonesia?

Yang kedua adalah Big Data Analytic dimana jenis ini di implementasikan dengan sistem database MPP dan juga MapReduce. Munculnya teknologi ini menjadi reaksi keterbatasan dan kurangnya kemampuan relational database tradisional untuk mengelola database lebih dari satu server.

Karena bisa untuk mengumpulkan data, membaca nilai, menganalisis dan berbagai hal lainnya tidak mengherankan jika Big Data ini wajib diimplementasikan dalam bisnis. Anda bisa berkonsultasi dengan SOLTIUS untuk mengimplementasikan Big Data untuk bisnis Anda. Kami sendiri merupakan perusahaan konsultan dan penyedia IT terbaik di Indonesia yang memiliki lebih dari 200 klien perusahaan dengan berbagai macam skala. Semoga informasi tentang klasifikasi teknologi Big Data di atas bermanfaat untuk Anda dan hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/data-management

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...