span 1 span 2 span 3

6 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Penerapan Sistem Pergudangan Modern

6 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Penerapan Sistem Pergudangan Modern

Saat ini banyak pelaku usaha yang menerapkan sistem pergudangan modern. Kehadiran sistem ini dirasa sangat penting karena dapat menunjang opersional bisnis yang dijalankan. Apabila sistem ini dikesampingkan, maka yang akan terjadi terganggunya operasional bisnis atau bahkan akan membuat laju pertumbuhan bisnis tersebut akan terhambat. Oleh karena itu, para pemilik bisnis harus menerapkan sistem ini agar manajemen pergudangan dan operasional bisnisnya menjadi lebih optimal. Berikut akan dibahas mengenai beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan sistem pergudangan ini:

Menurunkan Resiko Kerugian 

Barang yang terlalu lama tersimpan di dalam gudang dikhawatirkan akan mudah mengalami kerusakan. Untuk menghindari waktu penyimpanan barang yang terlalu lama di dalam gudang, maka perusahan harus menerapkan manajemen pergudangan yang baik. Apabila perusahaan sudah bisa menerapkan pengelolaan gudang yang tepat, maka gudang tersebut hanya akan berfungsi sebagai tempat transit, distribusi, dan terminal konsolidasi. Hal ini efektif untuk menurunkan risiko kerugian yang diakibatkan oleh barang yang terlalu lama tersimpan di gudang. 

Melayani Pelanggan dengan Leih Baik 

Para pelanggan pasti akan menjadi sangat kesal dan merasa tidak puas ketika mereka harus menunggu lama dalam mencairkan arang yang merekainginkan. Dengan hadirkan sistem pergudangan modern, hal semacam ini bisa dihindari oleh perusahaan. Para pelanggan kini tak perlu lagi terlalu lama menunggu barang yang diinginkan karena perusahaan bisa lebih cepat dalam mencari barang yang ingin dibeli oleh para pelanggan. Dengan demikian, perusahaan pun bisa meningkatkan kualitas layanan bagi para pelanggan dan sekaligus menjaga persaingan dengan para kompetitor. 

Mendapatkan Informasi secara Real-Time 

Perusahaan harus melihat berapa banyak barang yang tersedia di dalam gudang dengan mengadakan stock opname dari waktu ke waktu. Dengan adanya proses stock opname, perusahaan bisa mengetahui berapa banyak barang yang rusak atau sedang dalam proses pembuatan. Sistem pergudangan yang baik dapat membantu perusahaan untuk menjalankan proses stock opname karena semua informasi yang dibutuhkan dapat diakses secara real-time. Dengan demikian, proses stock opname ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Meminimalir Terjadinya Kecurangan 

Perusahaan tentu saja tidak ingin operasionalnya terganggu karena adanya pihak-pihak tertentu yang ingin berbuat curang. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengandalkan sistem pergudangan ini untuk menjauhkan bisnis tersebut dari “tangan-tangan jahil”. Dengan menerapkan sistem pergudangan yang baik, kini perusahaan dapat lebih mudah mencatat secara digital semua barang yang keluar dan masuk sehingga sulit dimanipulasi oleh manusia. 

Dalam sistem pergudangan yang modern, pengelolaan di dalam gudang sudah berjalan dengan sangat tertib. Hal ini membuat pengawasan, pengontrolan,serta perencanaan persediaan barang di dalam gudang tersebut dapat dilakukan dengan lebih baik. 

Mengurangi Anggaran untuk Gaji Karyawan 

Sistem pergudangan  yang telah berjalan denngan baik dapat membantu perusahaan untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji karyawan, terutama yang bekerja di gudang. 

Mengurangi Biaya untuk Belanja Peralatan 

Sistem pergudangan ini telah dilakukan dengan cara komputerisasi sehingga perusahaan tidak perlu membeli banyak peralatan untuk mengolah data tentang stok barang yang tersimpan di gudang. Hal ini akan membuat perusahaan lebih mudah untuk berhemat karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk belanja banyak peralatan. 

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahan dari penerapan sistem pergudangan yang tepat. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih detail mengenai penerapan dan pengembangan sistem pergudangan modern ini, silakan berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Artikel Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan