span 1 span 2 span 3

Mengenal SAP Fundamental dan Tujuan Penerapannya dalam Manajemen Perusahaan

Mengenal SAP Fundamental dan Tujuan Penerapannya dalam Manajemen Perusahaan

SAP Fundamental menjadi dasar yang bisa digunakan dalam mempelajari berbagai materi SAP. Di Dalam SAP terdapat sejumlah modul yang memiliki kemampuan untuk mendukung segala transaksi yang diperlukan suatu perusahaan. Seluruh modul aplikasi yang terdapat pada SAP dapat bekerja secara terhubung atau terintegrasi satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu SAP Fundamental?

SAP Fundamental merupakan materi dasar dalam mempelajari materi SAP. Materi dasar ini sangat berguna untuk mempelajari materi-materi lanjutan pada SAP. Ketika Anda sudah punya dasar pembelajaran SAP, maka Anda akan lebih mudah dalam mempelajari materi-materi lanjutannya, seperti misalnya Material Management atau Accounting dan masih banyak lainnya. 

Adanya materi dasar SAP mendorong Anda untuk lebih mengenal sistem SAP atau Enterprise Resources Planning yang biasa digunakan untuk menjalankan manajemen aktivitas harian pada sebuah perusahaan. Sistem ini awalnya hanya mampu menangani urusan keuangan perusahaan saja. Namun, kini SAP dapat digunakan untuk menangani berbagai tugas seperti mengontrol penjualan, produksi, manajemen persediaan, dan juga manajemen SDM. 

Modul-Modul yang Terdapat dalam SAP 

Setelah Anda mengetahui pengertian SAP Fundamental, Anda juga perlu mengetahui apa saja modul yang terdapat terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah modul-modul yang terdapat dalam SAP 

  • Sales and Distribution 

Sales and Distribution merupakan modul yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dalam aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan distribusi. Modul ini mencangkup Prosect & Customer Management, Sales Order Management, Configuration Management, Distribution, Export Control, Shipping and Transportation Management, Billing, Invoicing, dan juga Rebate Processing. 

  • Material Management 

Material Management adalah modul yang dapat memaksimalkan proses pembelian dan juga pengelolaan inventaris perusahaan. 

  • Production Planning 

Modul ini memiliki fungsi pengawasan kegiatan rencana produksi perusahaan

  • Quality Management 

Modul ini dapat berguna untuk melakukan pengecekan pada kualitas barang hasil produksi

  • Human Resources 

Modul ini berfungsi untuk mengintegrasikan seluruh aktivitas yang terkait dengan kebutuhan para karyawan, seperti misalnya aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, manajemen waktu, hingga proses pembayaran gaji setiap bulannya.

Baca Juga: 6 Kelebihan SAP Indonesia bagi Perusahaan 

  • Financial Accounting 

Modul ini memungkinkan semua data keuangan yang keluar dan masuk dapat dilaporkan secara langsung dan otomatis sehingga aktivitas pengawasannya menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Masih banyak modul yang lainnya, seperti misalnya Controlling, Asset Management, Plant Maintenance, hingga Project System yang semuanya telah terintegrasi dengan baik. 

Tujuan Penerapan SAP pada Manjemen Perusahaan 

  • Meningkatkan Kecepatan Bisnis 

Tujuan pertama dari penerapan SAP pada sebuah perusahaan adalah untuk meningkatkan respons terhadap tren pasar yang selalu berubah-ubah. Selain itu, tujuan dari modul ini adalah untuk meningkatkan layanan pada para konsumen. 

  • Meningkatkan Konsistensi 

SAP yang diimplementasikan pada manajemen perusahaan juga bisa memudahkan Anda untuk memastikan apakah SOP telah berjalan dengan baik ataukah belum. SAP tersebut juga mampu meningkatkan fungsi monitoring pada bagian pengawasan masing-masing divisi yang ada pada perusahaan tersebut. 

Mengingat pentingnya implementasi SAP fundamental pada sebuah perusahaan, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan produk SAP. Namun, Anda harus memilih produk SAP yang benar-benar sesuai dengan profil perusahaan Anda. 

 

Untuk memudahkan Anda menentukan produk SAP terbaik, Soltius menyediakan aplikasi dengan sistem terbaik yang mampu mengatur kinerja sales dan manajemen layanan konsumen. Soltius Indonesia menyediakan layanan SAP Hybris Sales Cloud yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi langsung kepada pelanggan. Selain itu, layanan tersebut juga akan membantu tim sales dalam mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan data  yang disajikan secara real-time. 

Baca Juga: Pengertian dan Implementasi SAP Indonesia

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan