span 1 span 2 span 3

Mengenal Sistem Informasi Akuntansi yang Penting untuk Bisnis Anda

Mengenal Sistem Informasi Akuntansi yang Penting untuk Bisnis Anda

Sistem informasi akuntansi sangat dibutuhkan dalam bisnis. Baik itu perusahaan kecil maupun besar semuanya membutuhkan sistem ini. Pasalnya akuntansi ini sangat penting bagi bisnis bahkan perusahaan dalam bidang tertentu ini membutuhkan SIA untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan bisnis mereka. Dengan menggunakan SIA ini akan memudahkan perusahaan untuk memanajemen keuangan perusahaan. 

Jika tidak menggunakan sistem informasi akuntansi ini akan membuat informasi keuangan yang didapatkan oleh perusahaan tidak tepat dan akurat. Bahkan keuangan perusahaan juga tidak bisa di manajemen secara maksimal dan transparan. 

Bagian Sistem Informasi Akuntansi

Karena SIA sangat penting untuk perusahaan Anda maka penting bagi Anda untuk mengetahui SIA ini lebih lanjut. Sistem Informasi Akuntansi ini diartikan oleh beberapa ahli. Salah satu pengertian SIA menurut ahli adalah organisasi, catatan, formulir dan juga maupun laporan. Ketiga hal tersebut bisa dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan manajemen perusahaan dan memudahkan dalam pengelolaan.

SIA ini juga diartikan sebagai sistem yang mampu mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan juga memproses data menjadi informasi yang lebih berguna untuk membantu proses pengambilan keputusan. Untuk menghasilkan informasi dan manajemen yang tepat ini SIA memiliki bagian-bagian yang penting seperti berikut ini:

  • People. Bagian ini memiliki fungsi untuk mengoperasikan sistem dan juga melakukan berbagai macam fungsi yang terdapat pada SIA tersebut.
  • Procedure. Bagian ini memiliki proses berupa mengumpulkan, memproses informasi, menyimpan data yang mana memiliki hubungan dengan aktivitas di dalam organisasi.
  • Data. Data ini sangat penting dalam SIA untuk bisa melakukan kegiatan dan proses bisnis.
  • Software. Menjadi bagian untuk memproses data yang ada hubungannya dengan organisasi.
  • Infrastruktur. Berisi informasi teknologi yang terdiri dari komputer dan peralatan-peralatan lain.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi , dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Fungsi

Dalam keberlangsungan bisnis atau perusahaan, Sistem Informasi Akuntansi ini memiliki berbagai macam fungsi yang vital bagi perusahaan. Karena alasan tersebut penting bagi Anda untuk memilih Sistem Informasi Akuntansi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini adalah fungsi dari SIA yang penting diketahui:

  • Sebagai pengendali keuangan

Dengan menggunakan SIA ini pelacakan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan mudah. Dengan menggunakan SIA Anda juga mudah melakukan pelacakan keuangan perusahaan karena semua transaksi terlihat secara transparan.  Sistem juga bisa menjabarkan secara detail sehingga jika ada kecurangan perusahaan mudah mengetahuinya.

  • Mencatat data transaksi secara tepat

Data dalam akuntansi ini adalah aset sehingga akurat atau tidaknya informasi yang dihasilkan ini sangat tergantung dengan data yang didapatkan. Jika data yang didapatkan tidak akurat maka besar kemungkinan informasi yang didapatkan ini juga tidak akurat. Menggunakan  SIA ini akan membuat proses akuntansi lebih runtut sesuai dengan tanggal dan juga urutan terjadinya transaksi. Jika ada kesalahan Anda bisa mengoreksi dengan mudah dan penyebab kesalahan bisa diketahui dengan mudah.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih dan Keunggulan Accounting Software Indonesia

  • Mengumpulkan data aktivitas bisnis

SIA mampu mencatat sumber daya yang memiliki pengaruh terhadap perusahaan yang terkait. Fungsi ini akan mampu mengoptimalkan catatan perusahaan sehingga tidak ada satu pun  informasi yang terlupa atau luput dari perhatian perusahaan.

Untuk memudahkan perusahaan Anda dalam memproses dan memanajemen keuangan Anda bisa menggunakan software akuntansi terbaik. Anda bisa menggunakan software akuntansi terbaik dari SOLTIUS. Kami adalah perusahaan penyedia IT dan perusahaan konsultan terbaik dan terpercaya di Indonesia. Dengan software akuntansi dari kami, perusahaan Anda akan menciptakan Sistem Informasi Akuntansi yang mampu mengelola keuangan perusahaan lebih efektif dan lebih efisien, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...