span 1 span 2 span 3

Pantau Bisnis Anda dari Jauh dengan Point of Sales Software Indonesia

Pantau Bisnis Anda dari Jauh dengan Point of Sales Software Indonesia

Kasir sebagai ujung tombak penjualan produk sudah banyak berkembang dengan kehadiran Point of Sales Software Indonesia. Jika dulu kasir hanya terdiri dari mesin kasir konvensional dan sebuah mesin debet kartu, maka saat ini fungsinya sudah digantikan dengan seperangkat komputer canggih dengan aplikasi POS yang sudah diintegrasikan di dalamnya. Seperti yang anda duga, POS bertugas mencatat semua data penjualan yang berhasil dilakukan oleh perusahaan anda di manapun tempat atau titik penjualan berada. POS sangat jamak digunakan untuk memantau bisnis dengan banyak cabang retail yang tersebar di berbagai daerah. Tidak lagi dibutuhkan kontrol secara konvensional kepada masing-masing toko yang anda miliki jika sudah menerpakan aplikasi POS ini. Lebih jauh penjelasan mengenai Point of Sales Software Indonesia ada di bawah ini. 

Apa Itu Point of Sales? 

Seperti namanya, Point of Sales adalah aplikasi yang bertugas pada titik akhir penjualan produk. Fungsinya sangat beragam. Mulai dari mencatat penjualan produk, menyesuaikan harga produk dengan harga yang ditentukan oleh pusat, hingga membuat rekap laporan dari semua transaksi yang sudah dilakukan. Hadirnya aplikasi ini adalah sebagai langkah pemanfaatan data yang masuk dari para konsumen. 

Dulu, data-data penjualan hanya dicatat sebagai acuan stok produk saja. padahal ada banyak fungsi di belakangnya seperti melihat produk mana yang paling keras lakunya, minat konsumen terhadap satu produk, hingga penggunaan data untuk membaca pangsa pasar. Maka selain otomasi dan efisiensi dalam pelayanan kepada konsumen, POS juga sangat bermanfaat untuk mengoleksi data-data tersebut. Otomasi dan efisiensi jelas sangat dibutuhkan di dunia yang serba cepat ini. pelayanan konsumen yang cepat dan efisien menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk di toko anda.

BACA JUGA : Point Of Sales yang Wajib Dimiliki Bisnis Retail

Selain tujuan utama di atas, ada beberapa keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari pengaplikasian Point of Sales software Indonesia di bisnis anda. 

Manfaat Implementasi Point of Sales 

  1. Otomasi Input Data 

Selaras dengan penjelasan di atas, manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah otomasi penginputan data penjualan yang dilakukan. Setiap transaksi di tiap-tiap cabang retail anda akan tercatat secara penuh dan siap dijadikan laporan dalam periode yang sudah anda tentukan sebelumnya. 

  1. Cek Stok Barang 

Nah, manfaat yang kedua ini juga sangat krusial. Mungkin anda pernah mengalami kekurangan stok produk yang justru sedang keras lakunya. Tentu hal tersebut adalah musibah bagi sebuah bisnis. SOP adalah solusi tepat untuk membuat cek stok barang secara otomatis. Selain menghindari kekurangan stok barang, anda juga tidak khawatir akan kecurangan karyawan untuk mengatasi jumlah stok barang yang anda miliki. 

  1. Data Real-time 

Manfaat selanjutnya adalah penyajian data real-time dari progres kemajuan produk anda. Di zaman semuanya tergantung dengan data, membaca data secara langsung dari lapangan tentu sangat membantu anda untuk mengambil langkah bisnis selanjutnya. Saat terjadi penurunan penjualan misalnya, anda bisa langsung mengetahui dari mana kesalahan strategi anda berasal. 

  1. Multi-platform 

Manfaat yang terakhir adalah multi-platform. Anda bisa dengan mudah mengakses informasi seputar penjualan yang sudah terintegrasi dengan POS melalui smartphone anda. Manfaat ini sangat cocok bagi anda dengan mobilitas tinggi dan tidak sempat mengakses komputer kantor. 

Demikianlah informasi mengenai Point of Sales Software Indonesia yang bisa anda ketahui. Dengan point of sales software anda dapat memantau bisnis Anda dari jarak jauh. Ketahui juga produk point of sales software SOLTIUS dengan mengunjungi link berikut : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/pos-system-software 

Artikel Menarik Lainnya : Apa itu Point Of Sales & Manfaatnya?

Other News

Jul 15, 2024
Moving to the cloud drives business sustainability
Jul 12, 2024
Revolusi Digital dalam Dunia Industri: Optimalisasi Efisiensi Melalui Digital Ma...