span 1 span 2 span 3

Penerapan Payroll Software Indonesia untuk Perusahaan

Penerapan Payroll Software Indonesia untuk Perusahaan

Software Payroll adalah sebuah program yang hadir untuk memaksimalkan kerja HRD dalam mengatur data pembayaran gaji para karyawan. Program ini mampu mengkalkulasi seluruh angka yang diinput, terkait dengan gaji pokok karyawan hingga uang bonus dan lembur.

Lalu bagaimana program ini bisa bekerja sedemikian rupa? Tentunya hal ini berkat kecanggihan sistem cloud database payroll dan kemajuan teknologi informasi yang semakin tanpa batas. Untuk itu bagi Anda yang masih ragu dengan program ini, sebaiknya baca dulu ulasan di bawah ini yang akan memberi tahu bagaimana penerapan Payroll software Indonesia hingga dinilai mampu meningkatkan produktivitas perusahaan, berikut ulasannya:

Penerapan Payroll software di Perusahaan

  1. Mengumpulkan Seluruh Data Karyawan

Software Payroll akan langsung mengumpulkan seluruh data karyawan dalam satu database. Informasi yang ada didalamnya adalah seputar data diri, riwayat pendidikan, posisi atau jabatan, hingga performa dan hasil evaluasi pekerja.

  1. Input Data dan Nominal

Oleh karena program ini akan melakukan penghitungan secara otomatis, maka Anda perlu memasukkan data-data dan nominal terkait karyawan dan jabatannya. Beberapa data lain yang juga harus diinput adalah data seputar pengurangan gaji, seperti misalnya potongan cuti dan denda. Lalu yang kedua adalah data penambahan gaji, baik dari nominal pendapatan hasil lembur atau pemberian bonus akhir bulan.

  1. Analisis Data

Software ini juga akan diterapkan untuk menganalisis data karyawan. Beberapa data penting dari karyawan akan masuk ke dalam cloud server untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi. Analisis data juga berfungsi untuk membantu HRD dalam mengambil keputusan terbaik. Bahkan data ini juga bisa menjadi tolok ukur Anda terkait seberapa besar kemajuan perusahaan.

  1. Transfer Uang

Software Payroll juga akan mengurus bagian pembayaran gaji melalui metode transfer bank secara otomatis. Software ini umumnya juga sudah mengcover hampir seluruh bank di Indonesia.

  1. Cetak Slip Gaji

Sistem Payroll akan secara otomatis menyetak slip gaji, baik melalui HRD ataupun melalui Anda langsung.

  1. Pembuatan Laporan

Penerapan yang terakhir dari software ini adalah membuat laporan sesuai dengan perintah Anda. Software akan menampilkan berbagai jumlah keuangan dan statistik atas seluruh pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Selanjutnya, Anda pribadi yang akan menentukan kapan laporan utuh ingin diterbitkan.

BACA JUGA : Payroll Software Indonesia untuk Mengelola Gajian Karyawan.

Manfaat Menggunakan Software Payroll

Setelah kita mengetahui bagaimana penerapan buku ini sehari-harinya, maka sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk enggan menggunakan software ini. Karena software Payroll tidak hanya sekedar mampu meningkatkan daya jual perusahaan. Melainkan juga untuk mengayomi karyawan dengan memudahkan berbagai pekerjaan. Selain itu, software ini juga masih menyimpan berbagai kegunaannya, berikut ulasannya:

  1. Meminimalisir Dana

Hadirnya software Payroll akan memberi Anda kemudahan dalam mengatasi manajemen data karyawan terkait dengan pembayaran. Dengan adanya otomatisasi penghitungan melalui software, Anda tidak perlu lagi memiliki banyak HRD hanya untuk mengurus pembayaran gaji saja.

  1. Memudahkan Seluruh Karyawan

Walaupun pada dasarnya software ini digunakan oleh HRD, namun seluruh karyawan dari berbagai posisi dan jabatan juga akan terbantu. Karena software ini memungkinkan karyawan untuk dapat melakukan self-service, seperti misalnya mengajukan izin cuti, melihat riwayat pembayaran, hingga mengetahui jumlah bonus atas pencapaian selama kerja.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagikan seputar penerapan Payroll software Indonesia. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa memberi Anda referensi seputar penggunaan program Payroll yang cocok untuk perusahaan Anda.

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Sep 30, 2020
Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern
Sep 28, 2020
Sejarah Singkat dan Pentingnya Implementasi SAP Fundamental pada Perusahaan