span 1 span 2 span 3

Pengertian Software ERP Indonesia, Manfaat, dan Tips Memilih

Pengertian Software ERP Indonesia, Manfaat, dan Tips Memilih

Software ERP Indonesia - Banyaknya software ERP Indonesia saat ini adalah jawaban atas gaya bisnis perusahaan-perusahaan berskala besar yang terus tumbuh. Mungkin dulu, software ERP dianggap tidak terlalu signifikan kegunaan dan manfaatnya sehingga perusahaan-perusahaan di Indonesia masih percaya dengan cara menjalankan bisnis model konvensional. Jika anda mengira penerapan software ERP adalah sebuah langkah modernisasi bisnis, maka anda tidak salah. Mengatur manajemen sebuah perusahaan besar tentu tidak semudah mengatur bisnis rumahan. Terdapat banyak divisi seperti pengadaan bahan baku, logistik, perawatan, hingga manajemen karyawan. Semuanya harus berjalan selaras supaya aktivitas bisnis bisa berjalan sesuai prospek yang direncanakan. Nah, di sinilah ERP bekerja. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian software ERP Indonesia, manfaat, hingga tips memilihnya, anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Pengertian ERP 

ERP atau Enterprise Resourceful Planing adalah sekumpulan modul yang tergabung dalam software atau aplikasi yang bertujuan untuk menjalankan fungsi otomasi pada manajemen perusahaan. Dalam pengertian yang lebih sederhana, software ERP akan membantu anda mengawasi, mengatur, dan memberikan laporan seputar aktivitas perusahaan setiap harinya. Modul yang dimiliki ERP dapat menyentuh detail terkecil aktivitas perusahaan mulai dari ketersediaan barang baku, hingga urusan SDM karyawan. 

Dari poin ini mungkin anda bertanya-tanya, lalu apa sebenarnya tujuan penggunaan Software ERP ini. Tujuannya sangat jelas, dengan mengandalkan ERP sebagai alat manajemen anda, maka anda tidak perlu membuang banyak tenaga, waktu, dan biaya untuk mempercayakan tugas tersebut ke karyawan anda. Anda hanya perlu memantau semuanya dari komputer ruang kerja anda dan selanjutnya mendapatkan laporan dari ERP. Benar sekali, semudah itu. 

Untuk modul yang biasanya di tangani oleh ERP adalah divisi General Logistic, Sales and Distribution, Materials Management, Logistics Execution, Quality Management, Plant Maintenance, Customer Service, Production Planning and Control, hingga Environtment Management. 

Manfaat Software ERP Indonesia 

Dengan tujuan penerapan tersebut, maka anda bisa mendapatkan paling tidak dua manfaat dari ERP, yaitu: 

  1. Integrasi Data Bisnis 

Jika perusahaan anda terus tumbuh, jelas akan semakin banyak aspek yang harus anda perhatikan. Setiap aspek tersebut tentu saja menghasilkan data yang sangat berguna bagi kemajuan bisnis anda ke depannya. Nah, dengan software ERP, anda bisa dengan mudah mengintegrasikan data-data di setiap sektor bisnis perusahaan anda. Anda juga tidak perlu lagi melakukan pencatatan karena semuanya sudah dikerjakan secara otomatis. 

  1. Data sebagai Modal 

Anda mungkin pernah merasa gagal dalam mengambil langkah bisnis karena ketidaktahuan anda tentang pasar, atau kondisi perusahaan anda sendiri. Dengan menggunakan ERP, anda tidak perlu lagi salah dalam mengambil keputusan. Software ERP akan menyajikan data yang konkret terkait kondisi bisnis dan pasar sehingga bisa dijadikan acuan dalam mengambil keputusan. 

Memilih Software ERP 

Dengan banyaknya perusahaan penyedia layanan software ERP Indonesia, anda tidak bisa begitu saja memilih software ERP tersebut. Bagaimanapun, memilih software ERP harus sesuai dengan karakter dan gaya bisnis di perusahaan anda. Jika tidak, maka pengaplikasian software SAP di perusahaan anda juga tidak bisa banyak membantu. Lebih dari itu, dengan harga yang tidak murah, jelas anda menginginkan software ERP dari perusahaan yang sudah kredibel dan berpengalaman di bidangnya. Maka pada poin ini, anda bisa memercayakan pengaplikasian software ERP anda pada Soltius. Bertahun-tahun berpengalaman di bidang penyediaan aplikasi perkantoran, anda akan mendapatkan pelayanan sempurna mulai dari instalasi, update software, hingga maintenance di Soltius. Segera kunjungi websitenya di https://www.soltius.co.id/ untuk melihat produk softwrae ERP yang ditawarkan. 

Itulah pengertian mengenai software ERP Indonesia, manfaat, hingga tips memilihnya.Semoga bermanfaat. 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan