span 1 span 2 span 3

Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

Di tengah perkembangan arus teknologi, Advanced Supply Chain Planning dianggap sebagai tulang punggung utama pada sebuah perusahaan karena sangat berperan penting bagi berjalannya operasional bisnis pada perusahaan tersebut. Selain itu, mekanisme ini memegang peranan penting bagi kemajuan bisnis pada sebuah perusahan karena mampu mengelola biaya perusahaan menjadi lebih efisien sesuai yang perusahaan inginkan. Perusahaan bekerjasama dengan perusahaan penyedia software yang terpercaya sehingga dapat menjalankan mekanisme ini dengan lebih efektif. Dengan demikian, mekanisme ini akan dapat menghubungkan berbagai macam hal seperti perencanaan, manajemen sumber daya, pengadaan barang, produksi, transportasi, serta semua kegiatan manajemen logistik lainnya dengan baik.

Pengertian Advanced Supply Chain Planning

Advanced supply chain planning adalah sebuah mekanisme yang dapat menghubungkan semua pihak yang terkait dalam bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Selain itu, mekanisme ini juga menghubungkan proses berubahnya bahan baku menjadi sebuah produk jadi. Pihak yang ikut serta di dalam mekanisme ini memegang tanggung jawab untuk memberikan barang-barang jadi hasil produksi ke para customer dengan cara yang seefisien mungkin.

Mekanisme perencanaan rantai pasokan ini didukung oleh software yang dapat mengoptimalkan pengiriman barang, layanan, serta informasi dari pemasok kepada para pelanggan dan juga menyeimbangkan penawaran dan permintaan secara lebih efektif dan efisien.

Komponen Advanced Supply Chain Planning

Komponen yang terdapat pada mekanisme Supply Chain ini di antaranya adalah Upstream Supply Chain, Internal Supply Chain, serta Downstream Supply Chain. Ketiga komponen ini menjadi faktor pendukung keberhasilan mekanisme advanced supply chain planning yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasan dari ketiga komponen tersebut:

Upstream Supply Chain

Upstream ( hulu ) supply chain meliputi segala aktivitas dimana perusahaan mendapatkan supplier dari pihak luar untuk mendapatkan bahan baku yang nantinya akan digunakan sebagai bahan produksi. Aktivitas utama yang berlangsung pada komponen upstream supply chain ini adalah pengadaan bahan.

Internal Supply Chain

Internal supply chain adalah tahap terjadinya perubahan bahan baku atau bahan mentah menjadi sebuah produk jadi. Di dalam internal supply chain, perhatian utamanya terletak pada manajemen produksi, pabrikasi, serta pengelolaan persediaan.

Downstream Supply Chain

Downstream supply chain adalah komponen terakhir yang ada pada mekanisme supply chain. Komponen ini merupakan suatu tahapan dimana pendistribusian barang jadi oleh perusahaan kepada para customer yang pada umumnya dijalankan oleh eksternal distributor. Dengan kata lain, downstram supply chain adalah proses yang memusatkan perhatian pada pendistribusiaan, pergudangan, transportasi, serta after-sale service.

Tujuan Strategis Advanced Supply Chain Planning

Meknisme ini memegang peran penting dalam proses bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan karena dapat menghubungkan pemasok, produsen, serta pelanggan. Dalam mengelola rantai pasokan ini, perusahaan perlu menjalankan proses-proses di antaranya seperti perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian operasi rantai pasokan.

Tentu saja dalam rantai pasokan ini terdapat tujuan strategis yang ingin dicapai. Tujuan mekanisme ini adalah menyelaraskan pemintaan dan penawaran secara efektif dan efisien.

Tujuan strategis lainnya yang perlu dicapai dari mekanisme ini adalah membuatnya setidaknya dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat saat ini. Untuk dapat memenangkan persaingan pasar maka rantai pasok harus dapat menyediakan berbagai produk yang murah, berkualitas, tepat waktu, serta bervariasi sehingga mendapat kepercayaan dari para konsumen.

Semua langkah yang dilakukan oleh perusahaan ini bermaksud untuk membantu perusahaan tersebut mencapai daya saing yang strategis sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Daya saing tersebut dapat tercapai ketika perusahaan itu berhasil memformulasikan serta menerapkan strategi penciptaan nilai.

Dengan menerapkan rantai pasok yang didukung oleh sistem software yang terpercaya, strategi yang dijalankan oleh perusahaan tersebut tidak mudah untuk ditiru oleh perusahaan lain yang menjalankan bisnis yang  sama dengannya. Dengan demikian perusahaan dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.

Demikianlah pentingnya advanced supply chain planning yang dapat dijalankan oleh sebuah perusahaan. Mekanisme ini memang memegang peran yang krusial dalam sebuah peusahaan karena dapat mengoptimalkan barang, layanan, serta informasi dari pemasok kepada pelanggan demi mendapatkan laba di atas rata-rata. Untuk infromasi lebih detail mengenai advanced supply chain planning klik link berikut ini : https://www.soltius.co.id/special-offer/integrated-business-planning-software

Artikel menarik lainnya:

Proses Advanced Supply Chain Planning Pada Sebuah Perusahaan

 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia