span 1 span 2 span 3

10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perhotelan

Dalam industri perhotelan, penggunaan software atau perangkat lunak adalah suatu keharusan. Selain dapat meningkatkan operasional hotel, penggunaan software juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Berikut adalah beberapa fitur rekomendasi software perkantoran yang perlu digunakan oleh bidang perhotelan.

  1. Room Management

Fitur yang harus dimiliki oleh software perhotelan yaitu room management. Fungsi dari fitur ini yaitu untuk memeriksa ketersediaan kamar, tarif, dan pemeliharaan. Software perlu menyediakan opsi untuk melihat dan memperbarui ketersediaan kamar dengan mudah dan cepat. Penerapan tarif yang berbeda untuk masing-masing tipe kamar juga diperlukan.

Memiliki sebuah sistem terpusat yang mampu mengelola tugas-tugas di atas dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas staf hotel secara signifikan. Hal ini nantinya juga dapat memberikan pengalaman yang baik bagi para tamu.

  1. Housekeeping Management

Adanya fitur housekeeping management memungkinkan Anda untuk memeriksa kamar mana yang sudah bersih, mana yang perlu dibersihkan, dan mana yang sudah terisi. Fitur ini juga memungkinkan para staf untuk menambahkan catatan tertentu apabila ada permintaan atau kebutuhan khusus pada kamar tertentu.

Fitur ini harus mampu menampilkan status masing-masing kamar, mulai dari kamar yang sudah terisi, kamar yang sudah di check-out, atau kamar yang perlu dibersihkan. Hal ini dapat membantu staf dalam memprioritaskan tugas-tugasnya sehingga kegiatan operasional bisa berjalan dengan lancar.

  1. Guest Management

Fitur rekomendasi software perkantoran yang perlu digunakan oleh bidang perhotelan berikutnya yaitu guest management. Guest management adalah fitur yang sangat penting dimiliki oleh software perhotelan. Fitur ini diperlukan untuk mengelola reservasi, check-in, dan check-out tamu dengan mudah. Fitur ini juga mencakup kemampuan dalam menyimpan profil para tamu.

Profil tersebut bisa mencakup informasi kontak, program loyalitas, status keanggotaan, dan masa menginap sebelumnya di hotel Anda. Dengan begitu, tamu Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih personal sehingga mempermudah proses reservasi dan check-in.

  1. Accounting Management

Fitur accounting management atau manajemen akuntansi mencakup kemampuan untuk meninjau pendapatan, pengeluaran, serta membuat laporan keuangan secara rutin. Hal ini penting untuk memastikan bahwa hotel Anda beroperasi secara efisien.

  1. Channel Manager

Pendapatan suatu hotel biasanya tergantung pada kemampuannya menarik tamu melalui berbagai channel. Contohnya yaitu agen perjalanan online, situs pemesanan hotel, dan pemesanan secara langsung.

Fitur yang baik yaitu memungkinkan ketersediaan kamar dan tarifnya di berbagai channel ini. Dengan memanfaatkan fitur channel manager, Anda dapat memastikan ketersediaan kamar bagi para tamu yang ingin menginap.

Fitur ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga karena mampu mengelola semua channel pada satu sistem yang terpusat.

  1. Revenue Management

Fitur rekomendasi software perkantoran yang perlu digunakan oleh bidang perhotelan selanjutnya yaitu revenue management. Revenue management atau manajemen pendapatan adalah aspek yang sangat penting dalam operasional hotel. Fitur ini penting untuk mengoptimalkan harga kamar sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Berbagai data akan disajikan dalam fitur ini, sehingga pemilik bisnis perhotelan dapat memutuskan tarif yang sesuai.

  1. Analisis dan Laporan

Fitur penting yang berikutnya yaitu analisis dan laporan. Fitur ini memungkinakn pemilik bisnis perhotelan untuk melacak statistik penting seperti jumlah tamu harian dan pendapatan rata-rata. Statistik inilah yang dapat digunakan sebagai landasan pembuatan Keputusan terkait operasional hotel dan strategi pemasaran.

  1. Sistem Terintegrasi

Software dengan sistem terintegrasi dapat menyederhanakan proses operasional. Contohnya yaitu sistem yang terintegrasi dengan software akuntansi. Integrasi ini dapat menghemat waktu dan tenaga para staf hotel dalam mengelola tugas-tugasnya. Fitur ini juga memperlancar pertukaran informasi dan komunikasi antar departemen.

  1. Kemudahan Akses

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemudahan akses menggunakan perangkat seluler menjadi salah satu fitur yang penting. Hal ini dapat mempermudah staf hotel untuk mengakses dan mengelola operasional hotel dari jarak jauh menggunakan perangkat seluler.

Kemudahan akses seluler berarti staf hotel dapat menjalankan tugas-tugas penting seperti mengelola reservasi, memeriksa check-in dan check-out tamu, serta memproses pembayaran. Fitur ini akan sangat berguna saat hotel dalam periode sibuk, yang mana staf hotel mungkin tersebar di berbagai area atau lokasi hotel.

  1. Sistem Pemesanan Online

Sistem pemesanan online merupakan fitur yang memungkinkan tamu untuk melakukan pemesanan kamar melalui website hotel. Hal ini dapat menyederhanakan proses reservasi dan mempermudah staf dan tamu hotel.

Sistem pemesanan hotel berpotensi untuk meningkatkan jumlah pemesanan kamar karena calon tamu dapat mencari dan memesan kamar yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini juga dapat digunakan untuk memeriksa ketersediaan dan tarif kamar secara real-time. Sehingga menjadi lebih mudah untuk menyesuaikan informasi apabila ada perubahan atau pembaruan.

Bersama Soltius, manajemen hotel dapat mengelola reservasi, inventaris, keuangan, dan layanan tamu dengan lebih efektif dan efisien. Soltius menyediakan software perkantoran yang dapat membantu meningkatkan operasional hotel Anda.

Sekian pembahasan mengenai fitur rekomendasi software perkantoran yang perlu digunakan oleh bidang perhotelan. Dengan mengoptimalkan penggunaan berbagai fitur yang ditawarkan, operasional hotel bisa menjadi lebih efisien

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
May 10, 2024
Peran Aplikasi atau Software HRIS Online dalam Pengoptimalan Produktivitas Karya...