span 1 span 2 span 3

PT Adi Sarana Armada Tbk

Jany Candra
Business and Service Director

PT Adi Sarana Armada Tbk

Untuk mengantisipasi pertumbuhan bisnis di masa mendatang, PT Adi Sarana Armada Tbk menggantikan sistemnya dengan SAP ECC6.

PT Adi Sarana Armada Tbk, atau yang dikenal dengan nama ASSA Rent, merupakan salah satu pemain papan atas dalam bisnis penyewaan mobil. Dengan 44 cabang dan perwakilan di kota besar, seperti Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, pekanbaru, Palembang, Surabaya, Bali, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Manado, ASSA Rent mengelola lebih dari 13.000 armada.
“Kami adalah perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di industri ini,” ujar Jany Candra, Business and Service Director di ASSA Rent.
Pencapaian ini membuat pertumbuhan ASSA Rent kian pesat. Di akhir 2013, ASSA Rent memilikii 597 service center resmi, 13.000 armada, dan lebih dari 2.600 pengemudi berpengalaman.

Didukung oleh Sistem yang Matang
“Salah satu kunci sukses yang membuat ASSA Rent besar seperti sekarang ialah sistemnya. Kami tidak menghadapi masalah apapun, di seluruh anak peursahaan Triputra Group kami selalu jadi yang paling cepat tutup buku, laporan audit kami selalu tepat waktu. Namun kami harus selalu memandang ke depan,” papar Jany.
Fek Ly Immanuel, IT Manager ASSA Rent menyebutkan, masalah pertama yang diteliti ialah platform yang digunakan. “Kami masih memakai Visual Basic 6 dengan database SQL 2000. Teknologinya sudah tertinggal jauh,” ujar Fek Ly. 
Setelah serangkaian uji kelayakan dan perbandingan dengan sejumlah perusahaann lain, SAP ECC6 terbukti sebagai opsi terbaik. Platform ini diharapkan mampu mengiringi pertumbuhan ASSA Rent yang begitu pesat.

Menyebarkan Transformasi
Setelah membuat pilihan, tim IT yang didukung oleh manajemen menginformasikan seluruh komponenn perusahaan mengenai adanya rencana perubahan. Fase ini begitu menantang, karena perubahan sistem akan diimplementasikan di seluruh cabang ASSA Rent se-Indonesia. 
“Tanpa pengecualian, kami ingin sistem ini berjalan secara simultan,” kata Jany. “Kalau kami harus melakukan satu-persatu dimana per cabangnya memakan waktu selama sebulan, akan enghabiskan setahun lebih untuk menyelesaikan prosesnya di 15 cabang. Kita tidak punya banyak waktu, harus dilaksanakan serentak.”
Anggaran besar yang harus dikeluarkan dapat dipandang sebagai investasi, namun hal ini rentan menimbulkan kekhawatiran tersendiri “Tapi jika kami tidak berinvestasi di sistem yang baru, besar kemungkinan akan muncul masalah baru saat perusahaan semakin berkembang. Resiko finansialnya lebih besar dibandingkan yang pertama,” sambung Jany.
Alasan ini meyakinkan seluruh komponenn perusahaann untuk menerima dan mendukung perubahan. Bagi Jany, perubahan sistem paling tepat dilaksanakan saat perusahaan tengah berada dalam kondisi yang stabil. Saat merencanakan perubahan ini, ASSA Rent tengah menikmati tingkat pertumbuhan yang baik dengan tim yang solid, serta level kepercayaan yang tinggi dan sangat percaya diri.
“Saat politik di kantor mulai tegang, kepercayaan akan menurun dan tim menjadi tidak solid. Faktor-faktor inilah yang harus dibenahi demi keberhasilan perubahan. Kami beruntung telah melewati perubahan saat perusahaan berada dalam kondisi yang baik,” papar Jany.

Memilih SOLTIUS
ASSA Rent memiliki serangkaian kriteria yang ketat dalam memilih sistem apa yang akan digunakan dan siapa rekanan implementasi yang akan menanganinya. Setelah membandingkan beberapa vendor, ASSA Rent mantap memilih PT SOLTIUS Indonesia (SOLTIUS), bagian dari Metrodata Group.
Kriteria vendor yang dicari ASSA Rent di antaranya besar-kecilnya perusahaan, kualitas konsultan, dan solusi yang ditawarkan. Dari segi kualitas konsultan, Jany mengakui SOLTIUS sanggup menghadirkan konsultan yang berpengalaman. “Inilah yang kami inginkan, kami merasa sistem ini harus didukung dengan konsultan senior,” tegas Jany.
ASSA Rent Car mengambil keputusan yang tepat dengan bekerja sama dengan SOLTIUS. Implementasi SAP ECC6 berjalan lancar dan sesuai jadwal.
Proses implementasi berlangsung selama 7 bulan sejak dimulai pada Juni 2013 dan diluncurkan pada Januari 2014. Terdapat enam modul yang diimplementasikan, namun tidak menutup kemungkinan untuk pengembangan lainnya di masa mendatang.
“Prioritas jangka menengah kami ialah untuk mendorong manajemen menengah dalam membuat laporan. Jika sebelumnya laporan memakan waktu 2-3 hari, sekarang bisa lebih cepat. Jika siklus pengambilan keputusan biasanya sekali dalam seminggu, sekarang kita bisa melakukannya 2-3 kali dalam periode yang sama. Ini berarti bisnis kami bisa 2-3 kali lebih cepat,” papar Jany.

Trading & Distribution

MASALAH YANG DIHADAPI

  • Sistem lama tidak mampu mengakomodasi bisnis dan sudah ketinggalan zaman.
  • Diperlukan platform yang lebih cekatan untuk mengimbangi kecepatan bisnis.

SOLUSI

  • Salah satu kunci sukses ASSA Rent ialah menggunakan sistem yang tepat. Manajemenn memutuskan untuk bertransformasi dari sistem lama ke SAP ECC6.

KEUNTUNGAN 

  • SIstem ERP yang telah terbukti mampu menunjang perkembangan bisnis yang pesat.
  • Menyediakan sistem dengan praktik terbaik.
  • Platform yang mampu mempermudah pengguna dalam menganalisis dan membuat laporan.
  • Arsitektur yang mempermudah koneksi dan integrasi dengan aplikasi dan hardware lain.


 

CUSTOMER TALK

System Structure for Growth